Advertorial

Kelas Pintar, Platform Multifungsi untuk Permudah Belajar dari Rumah

Kompas.com - 25/08/2020, 22:38 WIB

KOMPAS.com – Semenjak penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) pada April lalu, kegiatan sehari-hari diarahkan untuk dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar.  

Jika sebelumnya pembelajaran dilakukan secara langsung di sekolah, sekarang kegiatan tersebut harus beradaptasi dengan tata cara baru. Penggunaan platform yang terkoneksi internet menjadi salah satu cara efektif agar kegiatan belajar mengajar terus berjalan.  

Namun, penggunaan platform juga bukan tanpa tantangan. Setidaknya, saat ini beragam platform digunakan sehingga merepotkan proses pembelajaran. 

Hal tersebut diakui pendiri dan CEO Kelas Pintar Fernando Uffie. Ia mengatakan bahwa pada saat ini para guru menggunakan berbagai platform untuk memberikan materi pada siswa. Termasuk memberikan dan menerima tugas. Hal ini tentu membuat para guru dan siswa merasa kerepotan. 

Menjawab hal itu, Kelas Pintar meluncurkan platform bernama serupa untuk mempermudah kegiatan belajar dengan cukup menggunakan satu wadah saja yaitu SEKOLAH. 

“Berkaca pada segala kerumitan itu, tidak berlebihan jika harapan akan adanya solusi yang bisa memudahkan semua itu bermunculan. Dan, ibarat toko serbaada, alangkah baiknya jika itu bisa didapatkan dalam satu ‘ruangan’,” ujar Fernando Uffie.  

Fernando berharap, dengan diluncurkannya fitur SEKOLAH kondisi belajar di rumah akan terasa seperti di sekolah karena menggunakan satu platform saja. Selain itu, kualitas pendidikan juga bisa tetap terjaga. 

Fitur-fitur dalam Kelas Pintar

Sebagai platform yang menawarkan all in one education feature, Kelas Pintar mempunyai fitur dan menu unggulan yang memudahkan kegiatan belajar mengajar.  

Menu pertama adalah KELAS. Dengan menu ini, proses belajar mengajar akan terasa layaknya di ruang kelas. Guru dan siswa dapat bertatap muka secara virtual, dan bisa berkomunikasi dua arah dengan adanya menu tanya jawab.  

Selain itu, ada virtual whiteboard dan berbagi layar (share screen) dengan siswa untuk mengoptimalkan pengajar dalam menjelaskan materi kepada siswa.  

Selanjutnya, jika guru ingin memberikan pekerjaan rumah (PR) atau project based learning kepada siswa, terdapat menu PR dan menu PROJECT.  

Menu ini membantu guru maupun siswa untuk langsung mengirim, mengunduh, dan mengunggah file dalam berbagai bentuk seperti PDF, PNG, JPG maupun DOC tanpa perlu melalui e-mail atau platform lain. Dalam fitur ini, guru bisa memberikan penilaian dan penjelasan dari setiap jawaban PR dan PROJECT yang diberikan. 

Jika fitur SEKOLAH tidak digunakan, pemanfaatan platform Kelas Pintar tetap bisa digunakan oleh siswa. Sebab, Kelas Pintar sudah menyiapkan materi belajar yang sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru.  

Materi yang disediakan sangat lengkap, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).  Menariknya lagi, materi tersebut disampaikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan atau text, audio, hingga visual.  

Selanjutnya, jika para siswa merasa sudah menguasai materi, mereka bisa mencoba menjawab soal yang ada di Bank Soal. Soal-soal tersebut sudah disesuaikan dengan kurikulum, serta mencakup seluruh materi pelajaran dengan variasi lower order thinking skill (LOTS), medium order thinking skill (MOTS), dan high order thinking skill (HOTS). 

Menu yang memudahkan pengajar

Kelas Pintar juga memberi perhatian kepada para tenaga pengajar agar bisa lebih mudah menjalankan pekerjaannya. Terdapat menu TUGAS yang berfungsi agar guru bisa membuat soal sendiri, berupa esai atau pilihan ganda dengan bobot soal sesuai yang diinginkan oleh pengajar. 

Nantinya, soal yang sudah dibuat bisa diberikan ke pada para murid secara online

Selanjutnya, terdapat menu UJIAN, yang bisa digunakan para pengajar untuk membuat ujian online dan langsung dikerjakan oleh siswa. 

Soal ujian bisa dibuat sendiri oleh guru sesuai standar masing-masing sekolah atau bisa juga dengan menggunakan soal standar kurikulum nasional yang terdapat di Bank Soal platform Kelas Pintar. Hebatnya, laporan hasil ujian bisa langsung diperoleh oleh para guru secara real time. 

Nah, biasanya dalam ujian ada saja siswa yang berusaha untuk berbuat curang. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat menu MONITORING yang bisa membantu guru dalam memantau dan mengawasi siswa saat ujian online.  

Lewat fitur tersebut semua aktivitas komputer siswa bisa dipantau sehingga membatasi ruang gerak siswa yang mau berbuat curang. Bahkan, guru dapat langsung memberikan instruksi, peringatan, dan pengumuman selama ujian online.  

Semua proses pengawasan ini tercatat, dan guru akan mendapatkan aktivitas (LOG) dari penggunaan menu UJIAN dari menit ke menit serta dapat melihat hasil laporan rekaman pengawasan siswa.  

Dengan demikian, guru dapat memastikan bahwa soal ujian yang diberikan benar-benar dijawab oleh siswa. Proses kegiatan belajar mengajar pun dapat berjalan lancar walaupun dilakukan dari jarak jauh.  

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai platform Kelas Pintar, dapat mengunjungi website-nya di sini

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.