Advertorial

Ngetren di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Simak Tips Aman Belanja Masker di Toko Online

Kompas.com - 26/08/2020, 11:31 WIB
(Dok. Shutterstock) (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com – Penggunaan masker kini jadi tren baru bagi masyarakat dunia, salah satunya Indonesia. Pasalnya, masker merupakan salah satu alat pelindung diri paling utama dari risiko penularan Covid-19 dan sudah menjadi kebutuhan dalam menjalani fase new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

Terdapat tiga jenis masker yang biasa digunakan, yakni masker medis atau masker bedah, masker N95, dan masker kain.

Masker medis dan masker N95 diprioritaskan bagi pekerja medis dan orang sakit. Sementara, masyarakat disarankan menggunakan masker kain atau masker non-medis saat keluar rumah.

Meski sempat langka, saat ini masker mudah didapatkan, baik di minimarket, apotek, dan toko online. Bahan dan motif yang ditawarkan juga beragam sehingga kamu bisa bebas memilih yang paling cocok dengan gayamu.

Agar lebih aman dan meminimalisasi tertular Covid-19, kamu bisa berbelanja masker secara online melalui platform e-commerce. Meski begitu, kamu tetap harus cermat memilih masker agar barang yang kamu terima sesuai harapan.

Dirangkum Kompas.com, berikut tips cermat membeli masker kain via online yang perlu diketahui.

Baca testimoni dan deskripsi produk

Saat berbelanja secara online, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca testimoni dari para pembeli. Kamu bisa menemukan testimoni tersebut di halaman komentar.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tingkat kepercayaan seller (penjual). Namun, pastikan pula apakah testimoni tersebut merupakan testimoni asli dari pembeli atau hanya testimoni rekayasa penjual itu sendiri. 

Selain testimoni, jangan lewatkan untuk membaca deskripsi produk. Belanja online membuat konsumen tak bisa memastikan langsung kondisi fisik barang yang diinginkan.

Bacal deskripsi dengan cermat baik dari sisi kualitas, cara pembuatan, bahan baku, ukuran, motif, hingga kuantitas yang tersedia. Dengan demikian, kamu bisa meminimalisasi terjadinya kerugian akibat tak teliti saat membeli masker via online.

Cek rekening penjual

Belanja via online tak luput dari penipuan. Nah, agar aman, kamu bisa menelusuri nomor rekening yang diberikan penjual. Salah satunya melalui situs cekrekening.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Di situs tersebut, kamu bisa mengecek apakah nomor rekening penjual pernah melakukan penipuan atau tidak. Caranya mudah, kamu cukup memasukkan nama bank dan nomor rekening.

Selanjutnya, klik “periksa rekening”. Setelah itu, akan ada hasil dari penelusuran rekening tersebut.

Tidak hanya untuk mengecek rekening penipuan, situs tersebut juga bisa untuk melaporkan rekening penjual nakal. 

Jika kamu menjadi korban penipuan belanja online, kamu bisa mengunggah nomor rekening serta bukti-bukti penipuan.

Pilih penjual reputasi baik

Pilih penjual yang sudah memiliki reputasi baik di mata konsumen. Saat ini, situs belanja online sudah menggunakan sistem verifikasi terhadap para penjual.

Setiap penjual yang bereputasi baik biasanya terdapat kode atau simbol khusus yang disematkan di akun penjual. Kode tersebut memudahkan para pembeli untuk mengidentifikasi penjual yang kredibel.

Selain itu, pastikan juga penjual telah melampirkan foto masker yang mereka tawarkan. Dengan begitu, kamu bisa menilai sendiri apakah barang yang dijual benar-benar sesuai deskripsi atau tidak.

E-commerce tepercaya

Saat kamu memutuskan membeli masker secara online, pilih situs e-commerce yang dipercayai banyak konsumen.

Adapun platform belanja tepercaya biasanya memiliki sistem perlindungan untuk menjamin keamanan konsumen saat bertransaksi.

Salah satu platform belanja tepercaya adalah Tokopedia. Pasalnya, keamanan setiap aktivitas jual beli dan proses transaksi di Tokopedia terjamin.

Di Tokopedia, kamu bisa menemukan beragam masker dengan motif unik dan keren buatan lokal dengan promo Bangga Buatan Indonesia.

Saat ini, Tokopedia sedang menggelar Promo Bangga Buatan Indonesia . Dengan program ini kamu bisa untung dengan mendapatkan gratis ongkos kirim.

Yuk, ikutan program dan nikmati promonya. Selain belanja jadi lebih hemat, ini kesempatanmu untuk ikut mendukung produk lokal buatan Indonesia.

Nah, tunggu apalagi, segera miliki berbagai masker dengan belanja di program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia!