Advertorial

Ini Dia Brand Fashion Lokal yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 26/08/2020, 12:54 WIB
Eco-friendly fashion menjadi tren seiring isu lingkungan hidup yang menghangat di berbagai kalangan (Dok. Shutterstock) Eco-friendly fashion menjadi tren seiring isu lingkungan hidup yang menghangat di berbagai kalangan

KOMPAS.com - Belakangan ini, isu tentang lingkungan hidup menjadi topik hangat yang kerap diperbincangkan berbagai kalangan. Hal itu tampak dari beragam kampanye terkait lingkungan yang gencar digalakkan di berbagai lini. Sebut saja gerakan diet kantong dan sedotan plastik.

Isu tersebut pun mengundang perhatian para pegiat dan pemerhati dunia fashion. Sebab, industri fashion merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap pencemaran lingkungan.

Melansir Kompas.com (4/9/2019), emisi gas rumah kaca pada produksi tekstil global mencapai 1,2 miliar ton CO2 pada 2015. Angka itu melebihi emisi dari semua penerbangan dan transportasi laut.

Oleh karena itu, banyak merek fashion dunia mulai menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam proses produksi dan penjualannya. Tak mau ketinggalan, berbagai merek fashion Indonesia pun mengambil langkah yang sama. Berikut deretan merek fashion lokal ramah lingkungan yang patut kamu lirik.

1. Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang (SMM) adalah merek fashion lokal yang didirikan oleh Chitra Subyakto pada akhir 2014. Dikenal dengan rangkaian koleksi pakaian bernuansa kasual yang kaya akan motif tradisional Indonesia, merek ini pun mengusung konsep slow fashion.

Konsep itu tercermin dalam setiap lembar kain yang digunakan untuk setiap koleksi SMM. Kain-kain tersebut diproduksi secara tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumba, Bali, dan Jawa. Seperti diketahui, proses produksi kain tradisional membutuhkan waktu lebih lama ketimbang menggunakan mesin.

Selain mendukung pengrajin lokal, proses produksi kain tradisional pun dinilai lebih ramah lingkungan.

Tak hanya lewat produk, SMM juga turut aktif menyuarakan kampanye cinta lingkungan kepada para konsumen lewat berbagai medium. Salah satunya adalah melalui instalasi seni bertajuk “Laut Kita Masa Depan Kita” pada akhir 2019. Instalasi itu mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian laut dengan mengurangi penggunaan plastik.

2. Kana Goods

Buat kamu pecinta warna biru tua atau indigo, Kana Goods adalah salah satu label fashion lokal yang wajib kamu lirik. Didirikan oleh Sancaya Rini pada 2013, label ini berhasil mengombinasikan elemen tradisional dan modern secara sempurna. Hal itu tertuang dalam koleksi pakaian berwarna indigo dengan motif batik tulis kekinian di setiap koleksinya.

Kana Goods menyediakan beragam model pakaian, mulai dari blus, kimono, dress, hingga syal. Rangkaian koleksi pakaian bergaya urban dengan sentuhan eklektik pun menarik perhatian para pecinta fashion.

Tak heran jika label ini mendapat penghargaan “Merit Prize in Textiles Category” di INACRAFT AWARD 2017, pameran kerajinan tangan tahunan yang diselenggarakan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI).

Kana Goods menerapkan prinsip ramah lingkungan dengan menggunakan teknik celup tradisional dan pewarna yang berasal dari alam, seperti daun rambutan, daun mangga, kayu mahoni, hingga kulit rambutan. Selain itu, merek ini pun menggunakan material alami seperti katun, linen, dan rami.

3. Lanivatti

Kamu yang gemar traveling, Lanivatti harus jadi salah satu merek fashion yang ada di dalam koleksi pakaianmu. Selain rancangannya memang diperuntukkan untuk para traveler, merek yang didirikan Nicoline Patricia Malina ini juga memiliki material yang “ajaib”.

Rangkaian koleksi Lanivatti terbuat dari 80 serat tencel berkualitas tinggi dan alami. Serat tersebut punya mekanisme natural thermal regulating yang memberikan kenyamanan dalam teriknya musim panas serta kehangatan di suhu dingin.

Selain itu, tencel merupakan serat alami yang terbuat dari kayu. Bahan ini bisa terurai secara alami sehingga aman bagi alam dan lingkungan. Terlebih, Lanivatti pun mengombinasikan serat itu dengan material alami lain, seperti linen dan katun organik pada koleksi pakaiannya.

Itulah deretan merek fashion lokal yang mengedepankan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Dengan membeli merek-merek tersebut, kamu bisa menjaga lingkungan sekaligus memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Nah, kamu bisa menemukan banyak merek fashion lokal yang tidak kalah keren di promo Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

Selain menemukan beragam produk fashion pria dan wanita, kamu juga bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir) di Promo Bangga Buatan Indonesia.

Jadi tunggu apa lagi? Mumpung habis gajian, yuk dukung karya anak bangsa dan ikutan promo Bangga Buatan Indonesia di Tokopedia sekarang!