Advertorial

Film Mudik, Kisah Perjalanan Sepasang Suami Istri Menemukan Jati Diri

Kompas.com - 26/08/2020, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Beberapa hari menjelang Idul Fitri, Firman (Ibnu Jamil) dan Aida (Putri Ayudya) melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman. Dengan mengendarai mobil, sepasang suami istri ini hendak mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar.

Namun di tengah perjalanan, situasi tampak tak seperti yang mereka harapkan. Suasana di mobil pun jadi tak menyenangkan karena hubungan Aida dan Firman renggang. Permasalahan kedua insan ini semakin rumit kala mereka mengalami kecelakaan mobil secara tragis.

Ternyata, peristiwa kecelakaan itu menjadi awal mula dari rentetan kejadian yang tak diharapkan Firman dan Aida.

Kejadian tersebut sekaligus menjadi pemicu perjalanan Aida dalam mencari jati dirinya. Seketika, ia dihadapkan dengan pikiran-pikiran seputar kehidupan dan hubungan pernikahannya.

Cerita tersebut adalah penggalan sinopsis dari film Mudik. Dalam film ini, tema pulang kampung yang diambil tak hanya digambarkan sebagai perjalanan fisik yang senang-senang saja seperti pada umumnya.

Sebaliknya, sisi lain mudik seperti kecelakaan juga diangkat. Lewat pengalaman mudik, pasangan Firman dan Aida malah mendapatkan perjalanan spiritual yang berharga.

“Ini tentu sangat relate dengan kisah banyak orang di Indonesia yang menjadikan mudik sebagai salah satu ritual sekali dalam setahun,” jelas Co-produser Sheila Timothy atau akrab disapa Lala dalam konferensi pers virtual film Mudik melalui kanal YouTube Lifelike Pictures dan Mola TV, Senin (24/8/2020).

Sang sutradara Adriyanto Dewo pun mengamini perkataan Lala. Ia mengatakan, ide awal pembuatan film Mudik ini berangkat dari kegelisahannya menangkap sisi lain di balik meriahnya penantian Lebaran, terutama kegiatan mudik.

“Dari festive-nya Lebaran, ada sisi lain yang biasanya kita dengar, seperti berita kecelakaan dan keluarga yang kehilangan orang tercinta. Dari sini, saya ingin mengangkat sisi lain yang berbeda dan pelajaran dari menyelesaikan suatu masalah,” jelas Adri.

Adri melanjutkan, pelajaran dapat dipetik dari beragam pengalaman, termasuk lewat masalah yang pelik.

Ia juga tak menegasikan, kalau pandemi Covid-19 saat ini, bisa jadi momentum untuk memetik pelajaran yang berharga. Pesan yang sama dihadirkannya lewat film tersebut.

Tayang perdana di Mola TV

Film Mudik segera tayang perdana mulai Jumat, (28/8/2020). Masyarakat Indonesia bisa menikmatinya lewat layanan Mola TV.

Dalam acara konferensi pers yang diadakan secara virtual tersebut, hadir pula perwakilan dari Mola TV Mirwan Suwarso.

Dalam kesempatan itu, Mirwan mengutarakan dasar kerja sama Mola TV dengan Lifelike Pictures menghadirkan film ini.

Tak muluk-muluk, pihak Mola TV hanya ingin membantu masyarakat di masa sulit pandemi dengan menyediakan konten-konten edukatif sebagai sarana hiburan.

“Ini yang menjadi faktor utama mengapa Mola TV berkolaborasi dengan Lifelike Pictures. Karya-karya mereka sudah terbukti berbeda dan kualitasnya tidak sembarangan. Film Mudik ini salah satunya. Ceritanya sangat cocok dengan audiens Indonesia,” ujar Mirwan.

Untuk menikmati film Mudik, penonton tidak dikenakan biaya berlangganan. Hanya saja, ada tiket seharga Rp 17.000 yang mesti dibeli selayaknya menonton di bioskop.

Selain itu, Mirwan mengatakan bahwa keadaan industri film pada masa pandemi cukup terombang-ambing.

“Mereka sudah membuat film dan sudah punya jadwal serta rencana untuk meraih arus kas mereka, tapi terbentur pandemi. Kami pasti memberikan kontribusi untuk membantu. Namun, hal yang ingin saya sampaikan adalah penonton tidak perlu menjadi pelanggan Mola TV untuk menonton film Mudik,” jelas Mirwan.

Tertarik untuk menonton film Mudik? Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membeli tiket tanpa harus berlangganan. Simak caranya berikut ini.

Pertama, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah mempunyai akun, cukup masuk dengan login.

Kedua, ketika sudah masuk ke akun Mola TV, pilih “Beli Paket”.

Ketiga, Klik “Film Mudik” dan ikuti instruksi proses pembayaran.

Keempat, Anda bisa langsung menikmati film Mudik selama kurun waktu 24 jam setelah melakukan pembayaran. Adapun pembayaran dapat dilakukan melalui OVO, transfer bank, BCA Virtual Account, Bank Permata Virtual Account, dan kartu kredit.

Kunjungi laman resmi Mola TV di sini untuk informasi lebih detail.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com