Advertorial

Tips Belanja Baju Anak di Toko Online agar Tidak Mubazir dan Salah Ukuran

Kompas.com - 28/08/2020, 11:55 WIB
Dok. Shutterstock Dok. Shutterstock

KOMPAS.com - Ketika sudah memiliki buah hati, baju anak tidak pernah absen dari daftar belanja setiap bulan. Apalagi pada usia 2-4 tahun, pertumbuhan anak terasa begitu cepat. Belum lama dipakai, tiba-tiba baju sudah tidak lagi muat.

Demi kepraktisan dan keamanan di tengah pandemi Covid-19 dan agar tidak terlalu sering ke pusat perbelanjaan, berbelanja pakaian di toko online dapat menjadi pilihan.

Kini hadir beragam toko online yang mempermudah para ibu tanpa perlu datang ke toko secara langsung.

Namun, membeli pakaian untuk si kecil di toko online dapat dikatakan gampang-gampang susah. Tantangannya banyak, terlebih ketika anak sudah bisa memilih sendiri pakaian yang ingin dikenakannya. 

Saat buah hati masih berusia di bawah lima tahun (balita), Ibu bisa membeli pakaian dengan mudah tanpa banyak pertimbangan. Namun, lain halnya bila si anak sudah bisa menyatakan pendapat.

Bila mengikuti keinginan anak, harga belum tentu pas di kantong. Sebaliknya, menuruti selera sendiri belum tentu disukai anak. Bisa-bisa pakaian yang sudah dibeli malah mubazir karena tidak dipakai.

Nah, ketika Ibu ingin belanja baju untuk anak via online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum membeli, simak dulu beberapa tips dari Kompas.com.

Pilih bahan yang nyaman

Kulit anak punya sensitivitas berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, saat memilih baju untuk anak, perhatikan bahan kain.

Pastikan bahan baju yang dibeli nyaman untuk dipakai anak, apalagi bila anak cenderung aktif bergerak dan gampang berkeringat. Karena itu, cari pakaian berbahan katun yang lembut dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, Ibu juga bisa menyesuaikan bahan berdasarkan musim. Saat musim hujan misalnya, pilih baju berbahan wol atau bahan yang cukup tebal untuk menghangatkan tubuh si kecil.

Model dan ukuran

Saat menentukan model dan ukuran baju, biasanya Ibu menyesuaikan dengan usia anak.

Begitu pun bila si kecil sudah bisa memilih sendiri pakaian yang diinginkan. Beri mereka arahan untuk memilih model baju yang sesuai dengan usia mereka.

Soal ukuran, Ibu harus memperhitungkan lebih detil. Pasalnya, tubuh anak biasanya tumbuh dengan cepat di masa pertumbuhan. Untuk itu, jangan pilih pakaian yang ukurannya terlalu pas dengan badan.

Tak ada salahnya Ibu memilih ukuran pakaian yang sedikit longgar. Selain bisa digunakan lebih lama, pakaian longgar membuat anak lebih leluasa bergerak.

Libatkan anak sebelum beli

Anak kecil hingga usia 10 tahun cenderung tak bisa dipaksa termasuk dalam memilih pakaian. Oleh karena itu, orangtua perlu menanggalkan ego dan mulai memperhatikan keinginan anak.

Agar pakaian yang dipilih Ibu juga disukai anak, libatkan si kecil untuk memilih sesuai dengan seleranya.

Untuk mengetahui selera anak, Ibu cukup memperhatikan tokoh-tokoh kartun atau film favoritnya. Selain itu, Ibu juga bisa membelikan baju sesuai warna yang ia suka.

Cek testimoni dan deskripsi produk

Saat belanja baju anak via online, Ibu perlu membaca testimoni dari para pembeli. Biasanya, testimoni ini ada di halaman komentar.

Dengan begitu, Ibu bisa mengetahui apakah seller (penjual) di toko online tepercaya atau tidak.

Selain testimoni, Ibu juga perlu membaca deskripsi dengan teliti. Pasalnya, bahan dan kondisi fisik baju tidak bisa dipegang secara langsung.

Baca deskripsi dengan cermat baik dari sisi kualitas, bahan baku pakaian, ukuran, model, hingga kuantitas yang tersedia.

Reputasi penjual

Pastikan penjual pakaian anak di toko online memiliki reputasi baik. Sistem verifikasi yang diterapkan situs belanja online terhadap para penjual memudahkan konsumen untuk memastikan reputasi penjual.

Setiap penjual yang bereputasi baik biasanya terdapat lambang atau simbol khusus yang disematkan di akun penjual. Kode tersebut memudahkan para pembeli untuk mengidentifikasi penjual yang kredibel.

Selain itu, pastikan juga penjual telah melampirkan galeri foto baju anak yang ditawarkan. Dengan begitu, Ibu bisa menilai apakah baju yang dijual sesuai deskripsi atau tidak.

Belanja di e-commerce tepercaya

Saat Ibu memutuskan membeli baju anak secara online, pilih situs e-commerce yang dipercayai banyak konsumen.

Adapun platform belanja tepercaya biasanya memiliki sistem perlindungan untuk menjamin keamanan konsumen saat bertransaksi.

Salah satu platform belanja tepercaya adalah Tokopedia. Pasalnya, setiap aktivitas jual beli dan proses transaksi di Tokopedia terjamin keamanannya.

Jika belanja di Tokopedia sekarang, Ibu bisa menemukan berbagai baju anak dengan motif, model yang unik, dan keren buatan lokal dengan promo  Bangga Buatan Indonesia.

Dengan  Promo Bangga Buatan Indonesia, Ibu bisa lebih untung dengan mendapatkan gratis ongkos kirim.

Yuk, ikutan program dan nikmati promonya. Selain belanja jadi lebih hemat, ini kesempatan untuk ikut mendukung produk lokal buatan Indonesia.

Nah, tunggu apalagi, segera beli baju untuk si kecil dengan belanja di program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia!