Advertorial

Budi Karya Sumadi: Pembangunan SDM di Bidang Transportasi Penting untuk Indonesia Berdaulat

Kompas.com - 28/08/2020, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah mengemban dua tugas penting.

Kemenhub tidak hanya perlu melakukan pembangunan infrastruktur transportasi secara merata di seluruh Indonesia, tetapi juga harus mendorong pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang transportasi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, pembangunan non fisik atau pembangunan SDM transportasi merupakan faktor penting yang juga harus dibangun untuk menjadikan Indonesia negara berdaulat,” ujar Budi Karya Sumadi, Kamis (23/8/2020) dalam webinar nasional “Transportasi Merajut Keberagaman” episode ke-5.

Menurutnya, saat ini Indonesia memerlukan SDM transportasi yang andal, kompeten, dan berdaya saing untuk perbaikan layanan transportasi.

Untuk itu Kemenhub secara konsisten memaksimalkan peran 27 lembaga pendidikan dan pelatihan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api. Pendidikan yang ditempuh juga harus sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia perhubungan.

"Kami secara konsisten meningkatkan pelayanan, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, serta terus berusaha untuk mewujudkan link and match antara pendidikan dengan pelatihan yang dilaksanakan dengan kompetensi yang dibutuhkan," ujarnya.

Selain itu, Menhub mengatakan, pihaknya akan terus berusaha untuk menyediakan sarana - prasarana pendidikan dan pelatihan yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan SDM di bidang transportasi bukan perkara mudah. (DOK. Kementerian Perhubungan). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan SDM di bidang transportasi bukan perkara mudah.

Pihaknya akan berupaya meningkatkan kompetensi dan keahlian melalui pendidikan formal di bidang transportasi (jenjang diploma, peningkatan, hingga penyegaran) dan non formal dalam bentuk pelatihan.

“Tugas ini bukan perkara mudah. Harapannya, dengan cara tersebut seluruh masyarakat memiliki kesempatan untuk berkontribusi membangun dunia perhubungan di Indonesia,” tutupnya.

Menhub berharap webinar  “Transportasi Merajut Keberagaman” mampu mengobarkan semangat Nasionalisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Melalui webinar ini masyarakat dapat melihat keberagaman ini sebagai sebuah modal yang memberikan nilai tambah bagi kualitas SDM Indonesia.

Menhub juga mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi positif bagi terwujudnya SDM Unggul untuk Indonesia Maju tanpa membedakan kekhasan suku bangsa, bahasa,ras, dan agama.

Turut hadir menjadi narasumber pada acara ini Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Sugihardjo, Akademisi sekaligus Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Agus Taufik Mulyono, Dirut PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta William Sabandar, dan Pendiri TDW Your Breakthrough Patner Tung Desem Waringin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com