Advertorial

Pameran Virtual UMKM Terbesar, Pertamina Hadirkan Ratusan Mitra Binaan

Kompas.com - 29/08/2020, 13:46 WIB
Pameran virtual UMKM terbesar Pertamina SMEXPO. (Dok. Pertamina) Pameran virtual UMKM terbesar Pertamina SMEXPO.

KOMPAS.com - Era digitalisasi menuntut seluruh pihak melek digital, termasuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai dukungan untuk mengakomodasi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) mewadahi UMKM mitra binaannya dengan menyelenggarakan sebuah pameran virtual UMKM pertama dan terbesar di Indonesia.

Pameran yang akan diadakan pada 9-11 September 2020 mengangkat tema “Digitalisasi Usaha Kecil, Bikin Bangga Indonesia” sebagai bentuk kampanye yang berfokus mengembangkan UMKM Mitra Binaan Pertamina di era digital.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pameran virtual yang diberi nama PERTAMINA SMEXPO 2020 ini akan melibatkan ratusan UMKM Mitra Binaan Pertamina.

Para UMKM tersebut di antanya adalah mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19 secara langsung.

Dampak yang dirasakan berbeda-beda, mulai dari kenaikan biaya produksi, kesulitan mendapatkan bahan baku, hingga kehabisan modal yang membuat usaha mereka harus tutup.

“Kami berharap (acara) ini dapat menjadi batu loncatan bagi para UMKM yang terkena dampak pandemi sehingga dapat bangkit kembali. Sebab, dengan konsep pemasaran digital akan membuka akses yang lebih luas bagi pasar mereka,” ujar Fajriah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, pada Sabtu (29/8/2020).

Akses pemasaran yang lebih luas tersebut diharapkan dapat menjaga ekonomi masyarakat tetap tumbuh. Dengan demikian lapangan kerja tetap terbuka.

 “Jadi, kami akan menghadirkan sebuah event layaknya eksibisi normal, tetapi dalam konsep virtual. Semua aktivitas tersebut dapat diikuti hanya dengan mengakses www.pertaminasmexpo.com,” tambahnya.

Konsep virtual pun akan memudahkan masyarakat untuk mengunjungi pameran tersebut karena dapat diakses di mana saja.

Fajriyah menambahkan, keseluruhan acara ini akan dilaksanakan secara daring. Para pengunjung dapat menikmati berbagai acara mulai dari pameran, fashion show, workshop, hiburan, hingga transaksi jual beli produk secara daring.

Acara ini juga dapat menjadi ajang pelatihan bagi UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya secara digital di kemudian hari.

Menurut Fajriyah, workshop yang digelar akan menghadirkan narasumber yang kompeten dengan tema pembekalan untuk UMKM agar lebih kompetitif bersaing di tengah era digital.

Menarik, bukan? Acara ini diselenggarakan gratis hanya dengan mengakses laman digital www.pertaminasmexpo.com pada tanggal 9-11 September 2020 dan terbuka untuk pelaku usaha maupun masyarakat umum.