Advertorial

Dari Kuliner hingga Fashion, Ribuan Produk UMKM Siap Ramaikan Pertamina SMEXPO 2020

Kompas.com - 03/09/2020, 19:10 WIB

KOMPAS.com – Ajang Pertamina SMEXPO 2020 tinggal menghitung hari. Ajang pameran virtual usaha mikro kecil menengah (UMKM) terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan pada 9-11 September 2020 mendatang.

Seratus UMKM binaan Pertamina dari berbagai wilayah Indonesia akan hadir meramaikan acara tersebut dengan jumlah produk yang dipamerkan mencapai ribuan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pameran virtual itu disiapkan Pertamina sebagai ajang kebangkitan industri UMKM akibat dampak pandemi Covid-19. Tak hanya itu, acara ini juga sekaligus menjadi ajang pembuktian kualitas produk UMKM dalam negeri yang sudah diakui banyak pihak.

“Produk-produk UMKM binaan Pertamina mempunyai kualitas yang diakui oleh pasar internasional. Jadi, kami harus maksimalkan potensi itu,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Untuk menarik minat masyarakat, imbuh Fajriyah, produk UMKM yang dipamerkan di Pertamina SMEXPO 2020 dibagi ke dalam empat kategori besar, yaitu food & beverage, craft/furniture, agrobisnis, dan fashion.

Tujuannya, memudahkan masyarakat untuk menjelajah area pameran dan mencari jenis barang yang diinginkan.

Uniknya, setiap peserta dan kategori pameran memiliki keunggulan masing-masing. Contohnya, untuk kuliner, ada Rendang Erika dari Payakumbuh, Sumatera Barat yang sudah terkenal enak dan menguasai pasar rendang kering di daerahnya atau Hitara Black Garlic yang sudah diekspor ke sejumlah negara.

Di kategori craft, ada Neon Kreasi milik Darmawati Halik yang diciptakan dari neon bekas dan disulap menjadi hiasan kaca cantik.

Sementara itu, di kategori agrobisnis terdapat Mejuah-Juah, yaitu minyak rempah yang dipercaya mujarab dan baik untuk menjaga kesehatan. Untuk kategori fashion, ada Tenun Ikat Bhima milik Riyan Hidayat yang mendapat banyak perhatian saat mengikuti ajang China-ASEAN Expo 2019 (Caexpo 2019) di Nanning, China.

Selanjutnya, ada produk fashion Azizah Songket milik Evan Setiawan. Kain songket ini dibuat dengan menggunakan pewarna alam, seperti akar, kulit, biji, dan kayu sehingga menghasilkan warna yang lembut dan tentunya ramah lingkungan.

Selain produk kebutuhan sehari-hari, masing-masing peserta Pertamina SMEXPO 2020 pun akan menyuguhkan produk asli wilayahnya. Alhasil, masyarakat bisa membeli barang khas dari berbagai wilayah di Indonesia hanya dengan mengakses laman Pertamina SMEXPO 2020 di www.pertaminasmexpo.com.

Menurut Fajriyah, selain mempermudah masyarakat dalam berbelanja, Pertamina SMEXPO 2020 juga menjadikan UMKM MB Pertamina “melek digital” dengan masing-masing produk unggulannya tersebut.

”Jika sudah menguasai dunia digital, akan mudah memasarkan produknya ke penjuru daerah di Indonesia bahkan dunia,” terangnya.

Untuk diketahui, gelaran Pertamina SMEXPO 2020 merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

“(Kehadiran SDGs itu) diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Fajriyah.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.