Advertorial

Hari Pelanggan Nasional, Komut dan Dirut Pertamina Sapa Pelanggan Pertashop Sampai Pelosok

Kompas.com - 05/09/2020, 08:27 WIB
Memaknai Hari Pelanggan Nasional 2020, Pertamina terus menghadirkan energi yang terjangkau juga distribusi yang lebih luas hingga ke perdesaan (Dok. Pertamina) Memaknai Hari Pelanggan Nasional 2020, Pertamina terus menghadirkan energi yang terjangkau juga distribusi yang lebih luas hingga ke perdesaan

KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaya Purnama dan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) menyapa langsung pelanggan Pertashop di beberapa pelosok di Indonesia.

Tak hanya itu, mereka juga menyapa pemenang undian Berbagi Berkah MyPertamina yang berhasil mendapatkan hadiah motor Triumph Bonneville Speedmaster melalui live Instagram @Pertamina.

Sejak pembangunan Pertashop Pertamina dimulai pada 2019 di pelosok Tanah Air, Pertamina menerima banyak apresiasi dari para pelanggan.

Keberadaan dan keberlanjutan Pertashop sangat dirasakan manfaatnya, terutama oleh masyarakat yang sulit mengakses Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas yang tak dapat menjangkau SPBU Pertamina.

Oleh karena itu lah, Basuki mengatakan, pihaknya memaknai Hari Pelanggan Nasional 2020 sebagai keberlanjutan komitmen bagi Pertamina untuk terus menghadirkan energi yang terjangkau juga distribusi yang lebih luas hingga ke perdesaan.

Pertamina mewujudkan tekad itu dengan terus membangun Pertashop di wilayah perdesaan yang belum tersedia layanan SPBU serta wilayah-wilayah potensial untuk pengembangan bisnis energi.

Komitmen tersebut juga didukung Call Center 135 yang menjadi jembatan Pertamina memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

“Kepuasan pelanggan menjadi performance Indicator bagi seluruh pekerja Pertamina karena customer adalah raja,” kata Basuki dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (4/9/2020).

Dengan persaingan yang sangat tinggi, lanjut Basuki, pemanfaatan Call Center 135 harus dioptimalkan agar Pertamina mengetahui kebutuhan konsumen dan segera memenuhinya.

Sejalan dengan hal tersebut, Dirut Pertamina Nicke Widyawati juga menyampaikan bahwa kepuasan pelanggan adalah kebutuhan Pertamina. Dengan Pertashop, Pertamina bisa lebih dekat dengan masyarakat dan konsumen.

“Pertamina akan ada di seluruh desa minimal satu outlet. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke SPBU, ada Pertashop yang sudah lebih dekat,” jelasnya.

Selain itu, tambah Nicke, Pertashop juga bisa dijadikan tempat pertemuan untuk masyarakat.

“Bisa dimanfaatkan untuk pemerintah setempat dan masyarakat sehingga Pertamina bisa lebih optimal lagi memberikan pelayanan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Respons positif pelanggan

Adapun layanan Pertashop Pertamina mendapat respons positif dari sejumlah pelanggan. Salah satunya Mulyadi, warga Ulakan Sepakin, Padang, Sumatera Barat yang sehari-hari bekerja sebagai pengemudi ojek online (ojol) dan nelayan.

Sebelum ada Pertashop, Mulyadi membeli BBM ke SPBU yang berjarak 15 kilometer. Sejak ada Pertashop, Mulyadi bisa membeli BBM dengan harga dan kualitas yang sama dengan SPBU.

Hal yang sama dikemukakan Medi, pedagang kelontong di Serang, Banten. Sejak ada Pertashop, Medi bisa mengisi BBM setiap dua hari sekali.

“Dulu kalau beli BBM saya ke SPBU di Anyer dengan jarak 30 kilometer sekarang bisa beli di Pertashop yang jaraknya hanya 500 meter dari rumah saya,” ujarnya.

Para pelanggan Pertashop di Donggala, Sulawesi Tengah, juga merasakan kemudahan dalam mendapatkan BBM setelah hadirnya Pertashop di Desa Lolidondo. Desa ini berjarak 30 kilometer dari Palu Ibu Kota Sulawesi Tengah.

Selain itu, Budi, salah satu pelanggan Pertashop Karang Salam, Banyumas, Jawa Tengah, juga menyampaikan apresiasi atas terobosan Pertamina menghadirkan BBM di perdesaan.

“Dulu saya sering beli bensin di pengecer dan harganya jauh lebih mahal. Ada Pertashop, saya merasa aman, tenang, dan senang. Di samping kualitas barangnya terjamin aman dan jarak yang lebih dekat, harganya pun lebih murah dari pengecer,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Komut dan Dirut juga menyapa Wildan (19) warga Rawa Buaya, Duri Kosambi, Cengkareng.

Mahasiswa yang sehari-hari menyambi sebagai Ojol menjadi salah satu pemenang hadiah nasional berupa motor dari Pertamina.

“Senang banget rasanya bisa dapat motor dari Pertamina. Berkat program Berbagi Berkah MyPertamina, saya bisa dapat hadiah dan Alhamdulillah berguna bagi keluarga saya,” katanya.

Setiap beli BBM, lanjut WIldan, selalu pakai aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran.

“Di aplikasi MyPertamina, selalu ada cashback dan program-program menarik lainnya,” imbuhnya.

Adapun Dirut Pertamina juga mengingatkan seluruh pelanggan untuk terus mengikuti program undian Berbagi Berkah MyPertamina. Program ini merupakan bentuk apresiasi dan reward Pertamina kepada pelanggan yang selalu menggunakan produk Pertamina.

“Kami sedang mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan, serta mendorong konsumen menggunakan aplikasi MyPertamina, sebagai salah satu upaya pemanfaatan teknologi digital untuk pembayaran,” tambah Nicke.