Advertorial

Wajib ke Sini, Yuk Cobain Sendiri Pengalaman Brunch di Australia

Kompas.com - 11/09/2020, 15:14 WIB

KOMPAS.com - Selalu ada alasan untuk berkunjung ke Australia. Selain berpetualang menikmati alam, di Negeri Kanguru kamu pun dapat menjajal pengalaman menarik yaitu menikmati brunch (breakfast and lunch) ala warga lokal.

Australia memang dikenal sebagai negara penyaji menu brunch terbaik. Warga sana memiliki pendekatan yang unik terhadap makanan. Selain itu, bahan pokok yang digunakan selalu segar. Inilah kunci yang membuat pengalaman brunch ala Australia terasa menarik.

Saat aktivitas berwisata kembali aman, kamu bisa merencanakan liburan bersama orang-orang terdekat untuk menikmati langsung menu brunch Australia yang otentik.

Kompas.com telah merangkum rekomendasi untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman brunch tak terlupakan saat berada di Australia. Berikut ulasannya.

Brunch di kawasan klasik nan trendi

Berkunjung ke Melbourne kurang lengkap rasanya bila tak menjajal pengalaman brunch di South Yarra. Kota suburban yang dipadati hunian kelas atas ini merupakan salah satu wilayah yang cantik sekaligus trendi.

Di belakang Stasiun Flinders yang terletak di kawasan Flinders Street, terdapat Sungai Yarra yang membelah Kota Melbourne. Beragam etnis menghuni kota ini. Warga keturunan Italia dan Yunani merupakan yang paling dominan. Tak heran bila kawasan ini terasa otentik sekaligus kaya ragam budaya.

South Yarra dipenuhi berbagai galeri seni, bistro, dan apartemen bergaya art deco. Selain itu, juga dikelilingi banyak butik yang menyatu dengan kedai kecil. Tempat-tempat ini selalu ramai saat waktu brunch tiba.

Biasanya, brunch dimulai pada rentang pukul 10.00 sampai 14.00. Pada waktu tersebut, warga Melbourne akan berkumpul di restoran-restoran di South Yarra untuk makan dan bercengkerama dengan kerabat..

Bagi warga Melbourne, Two Birds One Stone adalah salah satu tempat favorit untuk brunch. Untuk itu, kamu wajib mampir untuk menjajal langsung keseruan brunch bersama orang-orang tersayang di tempat ini.

Lokasinya strategis, tepat di belakang Chapel Street di South Yarra. Interiornya didominasi dengan warna monokromatik, yaitu putih dan hitam, dan dipadu dengan cokelat dari furniturnya yang terbuat dari kayu. Pencahayaan di dalam restoran ini terang sehingga terasa luas. Tempat duduknya pun nyaman.

Soal menu, Two Birds One Stone tak usah ditanya lagi. Restoran ini memiliki hidangan brunch yang cukup bervariasi. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah panekuk ricotta dengan buah ara segar, sirup selai jeruk, dan krim kacang pistachio.

Jika butuh kafein, tenang, Two Birds Stone punya ragam kopi yang nikmat untuk menutup menu brunch.

Kamu bebas pilih bagaimana cara kopimu dibuat, mulai dari espresso, aeropress, siphon, pour over, hingga cold drip. Jangan lupa pesan juga sepotong brownies keju sebagai teman ngopi.

Prahran Market, Melbourne (Foto: Tourism Australia) Prahran Market, Melbourne

Nah, setelah puas mengisi perut, kamu bisa bergeser ke Prahran Market. Bukan pasar biasa, Prahran Market menyimpan berbagai tempat makan enak untuk dinikmati bersama orang terdekat.

Pecinta kuliner dapat menikmati aneka hidangan dari bahan-bahan segar yang dipetik langsung dari kebun. Berdiri sejak 1864, Prahran Market konon dulunya adalah lahan pertanian kecil.

Selain di Melbourne, kamu juga bisa menjajal pengalaman brunch berkesan di Sydney. Ada beberapa hidangan kreatif yang patut kamu coba di kota ini.

Jangan lupa untuk mencoba puding chia jeruk dan pizza domba Lebanon saat berada di sana.

Selain mencicipi hidangan istimewa, kamu juga bisa merasakan atmosfer kota yang klasik. Kamu bisa menemukan suasana ini di kota sisi timur Sydney, Surry Hills.

Sebagai informasi, Surry Hills merupakan area yang terkenal dengan bangunan cagar budaya dan kafe-kafe keren. Kota multikultural ini tepat berada di central business district Sydney.

Dulu, Sydney pernah menjadi kota perdagangan kain. Kini, gudang-gudang industri tekstil di kawasan tersebut telah dipugar menjadi ruang galeri megah.

Menariknya lagi, sepanjang jalan pusat kota Sydney dihiasi pohon-pohon Jacaranda, butik mewah, dan perumahan yang direnovasi menjadi bar yang trendi dan penuh warna.

Selain itu, di Surry Hills juga berjejer kedai kopi terbaik favorit warga lokal seperti Artificer CoffeeBourke Street BakeryBillsFour Ate Five, dan Paramount Coffee Project.

Brunch dengan panorama pantai

Selain di kawasan klasik nan trendi, Australia juga menawarkan pengalaman brunch dengan panorama pantai yang indah. Australia punya ratusan pantai dengan panorama yang menakjubkan. Mulai dari teluk yang tenang hingga pantai bagi para peselancar.

Perairan pantai di Australia memang dikenal indah dengan air laut warna biru kehijauan. Sementara di bibir pantai, pasir putih halus yang cantik berpadu dengan air laut jadi pemandangan yang mampu membuat siapa saja merasa takjub.

Di sebagian besar pantai Australia terdapat kafe dan restoran yang menghadap ke laut. Saat kamu berlibur di Queensland, misalnya, jangan lewatkan pengalaman menikmati brunch di kota ini. Di sini, kamu bisa menikmati menu brunch sambil menghadap pantai yang apik.

Panorama pantai Burleigh Heads (Foto: Tourism Australia) Panorama pantai Burleigh Heads

Salah satu tempat menikmati brunch di sana adalah Burleigh Pavilion di Gold Coast. Sesuai namanya, Burleigh Pavilion merupakan tujuan akhir bagi mereka yang ingin brunch dengan pemandangan Pantai Burleigh yang menawan. Kapan lagi bisa menikmati makanan sambil menghirup aroma laut?

Tiba di sana, kamu bisa mengambil posisi meja makan yang terletak di balkon untuk melihat Pantai Burleigh. Sambil menikmati minuman Bloody Mary sebagai pembuka brunch, kamu bisa merasakan ketenangan di resto yang menghadap laut ini.

Salah satu menu yang wajib dicoba adalah Seared Barramundi. Satu porsinya dilengkapi dengan fennel salad, ricotta, pine nuts dengan lemon dressing.

Selain itu, ada pula Beef Nachos yang dihidangkan dengan krim asam, mashed avocado, chickpeas, jagung, keju mozzarella, dan corn chips.

Saat brunch, tak lengkap rasanya jika tak diimbangi dengan menu yang manis-manis. Karenanya, sajian Affogato yang terdiri dari espresso dan es krim vanila cocok untuk jadi penutup hidangan sambil menikmati cuaca pantai yang hangat.

Cicipi brunch di kebun anggur

Salah satu tempat sempurna lainnya untuk menjajal pengalaman brunch dari bahan lokal yang segar adalah Swan Valley, Perth. Berbagai restoran di jalur Swan Valley Food and Wine Trail ini memang berfokus pada produk lokal segar sebagai bahan spesial dalam setiap hidangan.

Bahan-bahan tersebut diramu dengan proses organik sehingga menciptakan pengalaman kuliner istimewa bagi wisatawan yang bertandang ke Swan Valley dan menikmatinya.

Selain produksi petani lokal yang diolah jadi makanan enak, wisatawan juga dapat berburu seafood segar dan wine premium sebagai pelengkap selera. Jika ingin ke sini, akhir pekan adalah waktu yang terbaik.

Sandalford Winery di Swan Valley (Foto: Tourism Australia) Sandalford Winery di Swan Valley

Swan Valley berada di sebelah timur laut Perth. Jika berkendara dengan mobil, jaraknya hanya 25 menit perjalanan ke sebelah timur laut Perth. Kawasan ini merupakan wilayah kebun anggur tertua di negara bagian terbesar Australia.

Di sini, kamu bisa ngebrunch di Taylor’s Art & Coffee House. Perlu diketahui, keluarga Taylors menanam bahan-bahan olahan di kebun mereka sendiri, baik buah-buahan maupun sayuran lokal. Begitupun kopi yang disajikan. Mereka menggunakan kopi lokal dan berkualitas.

Menu tradisional yang disajikan antara lain bacon sarnis atau pancake stack, dan olahan hasil kreasi yang imajinatif seperti baklava chia, bubur quinoa, atau hummus wortel yang dipanggang dengan bit panggang, almond panggang, dan yoghurt asap.

Pindah ke jalur perkebunan anggur tertua di Australia, kamu bisa mendapatkan pengalaman brunch yang berbeda. Cobalah mampir ke Lamon’s Winery, lokasinya di kawasan kilang anggur.

Restoran tersebut sudah berdiri sejak 1970-an. Saat ini, restoran ini merupakan salah satu yang terpopuler di Swan Valley. Lokasinya berada di antara hamparan kebun dan kilang anggur. Pengalaman brunch kamu dijamin lebih berkesan.

Adapun rekomendasi hidangan yang bisa dipesan untuk brunch di sana adalah salmon asap. Ini merupakan menu legenda di Lamont's Winery. Selain itu, cicipi juga ayam tenderloin dengan bumbu yang kaya rempah.

Selanjutnya, setelah puas menghabiskan sajian brunch, tak lengkap rasanya bila tak menyusuri rute Swan Valley Food and Wine Trail.

Hidangan enak di Mandoon Estate (Foto: Tourism Australia) Hidangan enak di Mandoon Estate

Jalur wisata dari rute ini melingkar sejauh 32 kilometer. Dengan rute tersebut, kamu bisa menyambangi 150 tempat yang terdiri dari 70 restoran dan kafe, berbagai kebun anggur, serta tempat produksi wine, coklat, dan madu.

Bagaimana? Tertarik mencoba pengalaman brunch dengan suasana-suasana berbeda di Australia? Siapkan rencana dari sekarang agar saat pandemi berakhir kamu bisa langsung terbang ke Australia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com