Advertorial

Tingkatkan Kualitas Lingkungan, Pertamina Ajak Warga Tangerang Selatan Gunakan BBM Berkualias

Kompas.com - 13/09/2020, 15:28 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mengajak masyarakat Tangerang Selatan untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) lebih berkualitas. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan agar udara menjadi bersih dan sehat. 

Karena itu, Pertamina menggelar berbagai promosi menarik, diantaranya memberikan harga khusus Pertalite bagi kalangan tertentu, serta promo cashback

Unit Manager Communication Relations dan Corporate Social Responsibility (CSR) MOR III, Eko Kristiawan mengatakan, program edukasi dan promosi ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah.

Dukungan itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang meminta seluruh pihak harus turun tangan untuk menjaga lingkungan dari polusi. 

Upaya mengurangi pencemaran udara dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. 

"Hal ini juga sejalan dengan cita-cita Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menciptakan lingkungan yang sehat," kata Eko, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Minggu (13/9/2020).

“Melalui berbagai promo ini, kami berharap masyarakat ikut berperan aktif menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan bersama-sama kita membirukan langit di Tangerang Selatan,” sambungnya .

Selain berharap dapat menurunkan emisi karbon di Tangerang Selatan, Eko juga menjelaskan bahwa BBM berkualitas memiliki kadar oktan atau Research Octane Number (RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. 

Adapun BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Karenanya, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas, seperti Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), Pertamax Turbo (RON 98).

Untuk mendukung langkah tersebut, Eko bersama Pertamina secara resmi menggelar program Langit Biru di Tangerang Selatan, Minggu (13/9/2020). 

Program ini merupakan kelanjutan dari Program Langit Biru yang sudah lebih dulu dilaksanakan di Kota Denpasar sejak awal Juli 2020.

Serupa dengan program Langit Biru Denpasar, pada program ini pun Pertamina memberikan promo berupa diskon harga Pertalite dari yang semula Rp 7.650 per liter menjadi Rp 6.450 per liter. 

Promo ini berlaku di 38 Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) wilayah Tangerang Selatan. Hanya diperuntukkan untuk pengguna kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning. 

"Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas, ujar Eko.

Eko menambahkan, selain memberikan harga khusus, Pertamina juga mengajak pengendara agar dapat merasakan customer experience, yaitu dengan penggunaan BBM berkualitas mesin kendaraan akan lebih awet dan bertenaga.

Meski sedang menggelar promo, Pertamina tetap menyediakan BBM Premium di wilayah Tangerang Selatan. Konsumen bisa menemukannya di wilayah SPBU yang berada di Pondok Cabe, Cirendeu, Rawa Buntu Pondok Jagung, Ciputat, Pamulang, dan Sawah Lama. 

Dengan dilaksanakannya program Langit Biru, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany turut menyambut positif program tersebut karena dapat mengurangi polusi udara. 

 "Kami juga mengapresiasi peran Pertamina yang tetap menjaga kemampuan masyarakat dengan melakukan promo Pertalite harga Premium, khusus untuk pengguna kendaraan roda dua, roda tiga, angkutan umum, dan taksi,” ungkap Airin Rachmi.

Promo tersebut, sambung Airin, sesuai dengan saran pemerintah untuk menjaga kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan upaya Pertamina untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, saat ini konsumsi produk Premium di Tangerang Selatan hanya sebesar 20 persen dari total konsumsi seluruh BBM. SedangkanàSementara itu, konsumsi gasoline atau bensin didominasi oleh Pertalite sebesar 50 persen. 

 Promo menarik lainnya

Selain promo diskon Pertalite, Pertamina juga menggelar berbagai promo menarik lainnya selama bulan September 2020.

Seperti program cashback 30 persen untuk konsumen yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Cashback 30 persen ini berlaku maksimal Rp 10.000 per akun selama periode promo.

Konsumen juga dapat menggunakan poin MyPertamina untuk ikut dalam program Berbagi Berkah MyPertamina 2020 (BBM 2020).

Program undian tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen setia Pertamina. Program ini dilaksanakan sejak 1 Februari 2020 hingga akhir tahun 2020.

Dengan mengumpulkan poin MyPertamina, konsumen berpeluang pula mendapatkan hadiah senilai miliaran rupiah, seperti mobil Porsche Boxster, motor BMW, dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang program promo Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com