Advertorial

Berperan Memajukan Gerakan Zakat, Baznas Raih Dua Penghargaan GIFA Awards 2020

Kompas.com - 15/09/2020, 15:15 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020. (Dok. Baznas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020.

KOMPAS.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020.

GIFA merupakan ajang penghargaan tingkat internasional yang bergengsi bagi dunia keuangan Islam. Pada GIFA 2020 ini, Baznas memenangkan penghargaan di kategori Organisasi Zakat Dunia dengan Pendistribusian Zakat Terbaik 2020 dan GIFA Special Award untuk kategori Leadership Role.

Adapun GIFA Special Award itu diberikan khusus untuk Ketua Baznas Bambang Sudibyo atas perannya mengembangkan kepemimpinan perzakatan di Indonesia dan mendorong gerakan zakat dunia lewat World Zakat Forum (WZF).

Sebagai informasi, penyerahan penghargaan GIFA Awards 2020 itu dilaksanakan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui platform Youtube, Senin (14/9/2020).

Bambang pun menyampaikan rasa syukurnya karena Baznas mampu meneruskan tren positif meraih penghargaan internasional, meskipun saat ini dunia sedang dalam kondisi sulit.

Penghargaan tersebut, kata Bambang, juga menjadi salah satu bukti pengelolaan zakat di Indonesia mendapat pengakuan dari dunia internasional.

“Alhamdulillah, Baznas menerima penghargaan GIFA Award 2020 sebagai organisasi zakat kategori Program Penyaluran Zakat Terbaik 2020. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas berbagai inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat lainnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Atas pencapaian tersebut, Bambang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada wakil ketua, seluruh jajaran direksi, anggota, serta seluruh amilin dan amilat Baznas atas kerja kerasnya

“Penghargaan ini adalah hasil dedikasi semua amil, lembaga amil zakat seluruh Indonesia, serta seluruh pegiat zakat di berbagai belahan dunia yang telah berjuang melaksanakan gerakan zakat untuk kemaslahatan umat,” tuturnya.

Untuk diketahui, penghargaan tersebut merupakan piala ketiga yang diterima Baznas dalam ajang GIFA Award. Penghargaan pertama diraih Baznas pada 2018 di Sarajevo, Bosnia Herzegovina.

Selain itu, dalam lima tahun terakhir, Baznas pun berhasil mendapatkan sederet penghargaan, baik skala nasional maupun internasional, karena perjuangan dan komitmennya dalam gerakan di dunia zakat.

Pada 2020, Baznas meraih beberapa penghargaan di antaranya Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) dan lembaga zakat dengan Fundraising Digital Terbaik di program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020.

Terkait perannya dalam memajukan gerakan zakat dunia, Bambang Sudibyo, sebagai perwakilan Baznas, dipercaya mengemban amanah sebagai Sekretaris Jenderal World Zakat Forum.

Kemudian, pada November 2019 lalu, Indonesia juga terpilih menjadi tuan rumah dalam agenda pertemuan tahunan lembaga zakat dunia, World Zakat Forum, yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Salurkan bantuan untuk meredam dampak pandemi

Sementara itu, dalam kondisi pandemi Covid-19, Baznas bekerja sama dengan sebuah badan di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni United Nations Development Programme (UNDP).

Kerja sama itu dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dalam meredam dampak sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sejak Maret hingga 25 Agustus 2020, Baznas telah menyalurkan bantuan senilai Rp 44 miliar untuk 432.771 jiwa yang terdampak pandemi.

Bantuan yang berasal dari dana zakat, infak, sedekah, serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) itu diwujudkan dalam bentuk bantuan program Darurat Kesehatan, Darurat Sosial Ekonomi, serta keberlangsungan program existing yang telah dijalankan oleh Baznas sebelumnya.

“Semoga penghargaan itu dapat menjadi pemacu semangat pengelola zakat di Indonesia. Terus merapatkan barisan, berjuang bersama membantu mereka yang kesusahan dalam menghadapi krisis ini," papar Bambang.