Advertorial

Pilihan Teh Lokal untuk Menemani Momen Saat di Rumah

Kompas.com - 16/09/2020, 10:36 WIB
Ilustrasi dua orang sedang menikmati teh (Dok. Shutterstock) Ilustrasi dua orang sedang menikmati teh

KOMPAS.com – Kegiatan meminum teh merupakan aktivitas yang menyehatkan, apalagi jika dilakukan rutin setiap hari.

Tanaman ini memang mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, seperti membantu meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung. Aroma teh juga mampu membantu menenangkan pikiran dan membuat rileks. 

Karena beragam manfaat tersebut, teh cocok diminum sebagai teman menikmati hari di rumah, terutama pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal, pilihlah produk teh berkualitas. Saat ini, produk teh dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri, baik dari jenis teh original atau single origin tea seperti melati atau tea blend.

Nah, berikut rekomendasi produk teh buatan lokal yang bisa dijadikan pilihan untuk menikmati momen-momen saat #DiRumahAja. 

Teh Jawa

Merek Teh Jawa pertama kali muncul pada 1986. Teh ini diproduksi oleh Sari Melati Sejahtera yang berada di Pekalongan, Jawa Tengah.

Boleh dibilang, Teh Jawa merupakan salah satu nama legendaris di Indonesia. Selain sudah lama berdiri, resep teh ini berasal dari resep teh melati legendaris, teh Angon, yang ditemukan Oey Sioe Tjoen pada 1954. Sedikit informasi, Oey Sioe Tjoen adalah ayah dari pendiri Teh Jawa, Tony Haryanto (Oey Tjie Tat).

Aroma melatinya sudah terasa saat potongan daun teh mulai diseduh. Rasa sepet khas teh tubruk pun terasa cukup tebal dalam sekali sesap. Usai diminum, Teh Jawa juga meninggalkan sensasi sisa rasa atau aftertaste.

Sama seperti teh-teh klasik, Teh Jawa memiliki desain kemasan khas dengan kombinasi warna mencolok. Jenis Teh Jawa Biru, misalnya, dikemas dengan bungkus kertas berbentuk balok. 

Label teh diwarnai dengan dominasi warna biru tua dan warna merah tua pada tulisan “Teh Jawa”. Jenis huruf di tulisan tersebut juga klasik dengan huruf latin tegak bersambung.

Hingga hari ini, Teh Jawa mempunyai banyak rasa seperti Jasmine, Black Tea, Vanilla, dan Green Tea. Jenisnya pun tidak sebatas teh tubruk saja. Teh Jawa memiliki varian jenis produk teh celup dan teh siap saji.

Tema Tea

Tema Tea merupakan produk teh lokal baru yang mengusung konsep sustainability dan eco-friendly. Hal ini terlihat dari kemasan yang dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan

Brand teh yang pertama kali muncul pada 2017 ini menawarkan rangkaian tea blend yang personal, sehingga penikmat teh dapat memilih campuran yang sesuai dengan suasana hati atau momen saat ingin menikmatinya.

Tema Tea memadukan teh dengan tanaman lain, seperti rempah dan bunga. Campuran tersebut membuat aroma dan rasa yang dihasilkan berbeda dari teh pada umumnya. 

Varian rasa yang ditawarkan Tema Tea di antaranya Serenity (chamomile, lavender, dan mint), Winter (butterfly pea, lemongrass, dan mint), serta Cosmopolitan (black tea, cranberry, goji berry, apple, dan mint).

Selain teh kombinasi, Tema Tea juga menyediakan varian rasa yang umum, seperti Peppermint dan Jasmine. 

Haveltea Indonesia

Sama seperti Tema Tea, Haveltea Indonesia juga mengusung konsep tea blend. Produk teh tersebut memiliki komposisi campuran daun rempah, buah, hingga bunga. 

Pendiri Haveltea Indonesia Ifana Azizah mengatakan konsep tea blend dulu didominasi oleh merek-merek asing sehingga dianggap sebagai fancy tea. Sekarang, kata Ifana, kualitas produk tea blend Indonesia sudah tidak bisa dianggap sebelah mata.

“Kami mengangkat teh khas Indonesia dengan kualitas ekspor,” kata Ifana, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (21/11/2018).

Produk unggulan custom blend tea dari Haveltea memang membuat pengalaman minum teh lebih asyik dan berbeda.

Campuran berbagai macam kandungan wewangian menghasilkan aroma yang menenangkan, sehingga cocok dijadikan minuman untuk menemani momen-momen saat di rumah.

Semua produk teh yang disebutkan merupakan buatan asli dari dalam negeri. Kamu bisa membeli teh-teh fancy tersebut secara daring di Tokopedia.

Saat ini, salah satu marketplace terbesar di Indonesia tersebut sedang menyelenggarakan program Waktu Indonesia Belanja. Kamu bisa mendapatkan ragam promo menarik seperti diskon, cashback, dan gratis ongkos kirim.

Dengan belanja produk lokal, kamu telah menunjukkan rasa bangga buatan Indonesia serta ikut membantu menggerakkan ekonomi nasional.