Advertorial

Doyan Pedas? Sambal Khas Nusantara Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Melengkapi Makan di Rumah

Kompas.com - 18/09/2020, 16:26 WIB

KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan sambal. Bumbu pelengkap makanan ini menemani berbagai aneka masakan di banyak daerah. Bahkan, di Jawa Barat, sayuran mentah hanya dimakan dengan sambal saja. Mereka menamakannya lalapan. 

Faktanya, memakan sambal secukupnya ternyata mempunyai manfaat bagi tubuh. Seperti diinformasikan Kompas.com (1/3/2020), makan sambal bisa membantu menghilangkan sakit, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Sambal juga mengandung vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara membuat sambal memang sedikit merepotkan. Anda harus menghaluskan cabai dengan bumbu rempah lain di cobek atau blender dan biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Bila racikannya kurang pas, sambal jadi kurang sedap.

Saat ini, Anda tidak perlu repot lagi bila ingin menyantap makanan dengan tambahan sambal. Sebab, beragam sambal kini telah dijual dalam kemasan di pasaran. Anda bisa membeli sambal-sambal khas Nusantara dari bermacam jenama secara online di platform marketplace. 

Berikut rekomendasi merek sambal lokal yang kenikmatannya dijamin bisa menggoyang lidah Anda.

  1. Rempah Nusantara

Rempah Nusantara menawarkan produk lokal unggulan berbentuk rempah-rempah untuk bumbu masakan khas Nusantara, seperti bumbu nasi goreng, rendang, rawon, dan masih banyak lainnya.

Selain bumbu, Rempah Nusantara juga memiliki produk sambal asli Indonesia. Terdapat lima varian sambal yang disediakan jenama asal Depok tersebut, yaitu Sambal Bawang, Sambal Bledosss, Sambal Ikan Roa, Sambal Ikan Teri, hingga Sambal Cocol. 

  1. Sambal Bu Rudy

Merek sambal satu ini sangat terkenal di kalangan pencinta sambal dan kuliner. Hal ini berkat rasanya yang khas: pedas dan gurih.

Saking populernya, tiga presiden Indonesia bahkan menyukai sambal bikinan Lany Siswadi, pemilik Sambal Bu Rudy. Mulai dari Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo mengaku memfavoriti Sambal Bu Rudy.

Bentuk kemasan jenama asal Surabaya mudah dikenali dengan ikon foto wajah Bu Lany Siswadi yang menempel di botol sambal. Dari botol bening itu, warna merah sambal sudah menggugah selera pecinta kuliner.

Sambal racikan Bu Rudy diracik dari bahan-bahan segar dan tanpa bahan pengawet. Ada tiga varian Sambal Bu Rudy yang bisa kamu nikmati, yakni Sambal Bawang, Sambal Ijo, dan Sambal Bajak.

Selain sambal, Sambal Bu Rudy juga punya produk Udang Crispy, lho. Pas banget kan sama produk sambal dan cocok untuk ngemil  saat bersantai dirumah.

Sebagai informasi, produk Sambal Bu Rudy sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Sambal ini juga sudah tersohor hingga mancanegara, mulai dari Hongkong hingga Belanda.

  1. Sambal Mama Ni

Siapa yang menyangka bahwa sambal ternyata bisa memiliki beragam varian rasa? Contohnya seperti sambal Mama Ni. Sambal racikan Weni Wardhani ini memiliki 18 varian rasa, yakni sambal ijo, sambal tauco cumi asin, sambal tempe, sambal cumi asin, dan masih banyak varian lainnya.

Jika varian sambal tersebut dirasa kurang, Sambal Mama Ni juga membuka varian custom sambal. Anda bisa memilih variasi dan tingkat kepedasan sambal yang sesuai selera. Produk Sambal Mama Ni juga tidak hanya berfungsi sebagai sambal. Produk tersebut bisa digunakan sebagai bumbu tambahan masakan, seperti bumbu tumisan, nasi goreng, soto, dan rawon.

  1. Ibu Kribo

Pecinta sambal harus mencicipi produk sambal teri dan sambal jambal racikan Imelda, pemilik merek sambal kemasan Ibu Krebo.

Sambal racikan perempuan asal Bogor ini punya cita rasa khas. Ada aroma bunga kecombrang, bawang, dan rasa pedas berpadu dengan bahan lain. Meski demikian, rasa pedasnya masih bisa dinikmati.

Isian ikan teri atau jambal makin membuat sambal Ibu Kribo nikmat dan gurih. Kelezatannya akan membuat mulut Anda enggan berhenti mencicipi sambal tersebut.

Produk sambal Ibu Kribo memiliki beragam varian, di antaranya sambal teri kecombrang, sambal jambal kecombrang, sambal cumi kecombrang, sambal cumi bawang, sambal teri serai, dan sambal lainnya yang juga terlihat lezat.

Sambal Ibu Kribo bisa menjadi teman makan untuk seluruh santapan. Bisa dicampur olahan mi dan nasi dengan lauk pauk seperti ayam ataupun daging. 

Semua produk sambal khas Indonesia tadi sudah tersedia di Tokopedia. Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli sambal lezat dan gurih tersebut.

Saat ini, Tokopedia juga sedang mengadakan promo WIB dan promo akhir bulan dengan penawaran cashback kilat hingga gratis ongkos kirim. Dengan promo ini, Anda bisa lebih hemat berbelanja sambal.

Tunggu apa lagi? Jadilah konsumen yang bangga buatan Indonesia dengan membeli produk dalam negeri di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com