Advertorial

Mantai di Australia, Mulai dari Surfing hingga Berjemur Bersama Kanguru

Kompas.com - 22/09/2020, 13:39 WIB
Lucky Bay, Cape le Grand National Park (Sean Scott, Tourism Australia) Lucky Bay, Cape le Grand National Park

KOMPAS.com – Liburan ke Australia seolah tak lengkap bila tak mengunjungi pantai-pantainya yang menawan. Beragam pantai cantik tersebar di seluruh sudut Benua Australia ini.

Dikelilingi Samudra Hindia dan Pasifik, pantai-pantai Australia dikenal akan pasirnya yang putih, ombak yang tinggi, bibir pantai yang luas, dan tentu saja bersih. Lokasinya pun beragam, mulai dari pedalaman taman nasional hingga dekat dengan perkotaan.

Pantai Australia juga menyuguhkan kenyamanan untuk melakukan ragam aktivitas, mulai dari berenang, berselancar, menikmati matahari terbenam, olahraga, hingga sekadar jalan santai di hamparan pasir pantai yang halus.

Tak sabar segera ke sana? Biar tidak bingung mencari referensi wisata pantai di Australia, Kompas.com sudah merangkum destinasi menarik yang patut kamu masukkan ke dalam bucket list-mu.

Pantai Cottesloe, Perth (Tourism Australia) Pantai Cottesloe, Perth

Cottesloe

Salah satu pantai yang paling populer di Australia Barat adalah Pantai Cottesloe. Sudah lebih dari 100 tahun, penduduk setempat menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburan favorit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Letak pantai tersebut cukup strategis, yakni berada di tengah-tengah Perth Central Business District (CBD) dan Pelabuhan Fremantle di Perth Barat. Dari pusat Kota Perth, kamu bisa menjangkaunya hanya dalam 15 menit saja.

Cottesloe memiliki pasir putih sepanjang lebih dari 1 kilometer (km) dengan lokasi menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Meski begitu, perairan di sekitar pantai tidak dalam dan ombaknya tidak besar sehingga aman untuk melakukan aktivitas air, seperti berenang, snorkeling, dan surfing.

Selain itu, di sepanjang Pantai Cottesloe, kamu bisa menemukan berbagai kafe, restoran, maupun bar, serta deretan pohon pinus yang usianya lebih dari satu abad.

Nah, pohon pinus di Cottesloe membuat pantai ini berbeda dari destinasi sejenis yang identik dengan pohon kelapa. Kalau tak mau terpapar sinar matahari, kamu bisa piknik di bawah pohon pinus khas Pantai Cottesloe.

Untuk sekadar relaksasi, kamu bisa menggelar tikar sambil duduk santai menikmati angin dan segarnya aroma pinus. Kamu pun dapat bersantai menyaksikan matahari terbenam sembari menyantap makanan laut segar.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, rasanya akan sayang bila kamu tidak memasukkan Pantai Cottesloe di daftar liburan ke Australia.

Lucky Bay

Lucky Bay merupakan pantai terpencil di sebuah kawasan Taman Nasional Cape Le Grand. Perlu dicatat, ini bukan sembarang pantai. Pasalnya, di pantai ini kamu bisa menemukan berbagai hal menarik dalam satu tempat.

Salah satunya adalah berinteraksi langsung dengan kawanan kanguru yang kerap bersantai di pantai ini. Bisa dibayangkan betapa serunya bisa menyaksikan sendiri hewan menggemaskan ini sambil menikmati matahari sore di atas pasir bak wisatawan.

Oh ya, waktu yang tepat untuk bertemu kanguru adalah sore hari. Pada waktu ini, mereka berduyun-duyun ke Pantai Lucky Bay.

Selain itu, meski berada di lokasi terpencil, Lucky Bay juga menjadi salah satu lokasi terbaik di dunia untuk menyaksikan langsung migrasi paus. Biasanya, kawanan paus mampir ke Lucky Bay pada musim dingin, antara bulan Juni hingga Agustus.

Catat, kamu tidak perlu menaiki perahu ke tengah laut untuk melihatnya. Cukup dari tepi pantai, kamu sudah bisa menyaksikan kawanan paus muncul ke permukaan, saat bernapas atau melompat ke udara.

Bagaimana, makin tak sabar kan untuk ke sana?

Pantai Surfer?s Paradise, Gold Coast (Tourism Australia) Pantai Surfer?s Paradise, Gold Coast

Gold Coast

Salah satu destinasi wisata utama di Australia yang wajib didatangi adalah Gold Coast. Seperti namanya, kota yang terletak di Queensland, Australia, itu punya garis pantai berwarna keemasan sepanjang lebih dari 50 km.

Tidak cuma pantai, kawasan tersebut juga tersohor dengan deretan gedung apartemen di pinggir pantai dan juga danau yang selalu terlihat biru. Tak heran, dengan kemudahan akomodasi ini, Gold Coast cocok untuk wisata bersama keluarga.

Buat penggemar olahraga atau aktivitas air, Gold Coast juga bisa jadi pilihan tepat. Sebab, kawasan pantai tersebut sudah terkenal sebagai “kiblat” para surfer atau peselancar dunia.

Bagaimana tidak, para peselancar bisa menemukan ombak bergulung-gulung pada hampir semua titik di sepanjang garis pantai ini.

Salah satu spot yang tengah populer adalah Superbank, yakni sebuah penghalang pasir yang terbentang sepanjang Snapper Rock Point, Rainbow Beach, Coolangatta Beach, hingga Kirra.

Penghalang pasir raksasa inilah yang menciptakan gelombang terpanjang di dunia. Bahkan, ombak di Gold Coast ini mampu ditunggangi para surfer sejauh hampir 2 km.

Sementara, bagi peselancar pemula maupun menengah, Rainbow Bay adalah pantai yang tepat. Ombak di pantai ini bergulung teratur dan tenang sehingga cukup bersahabat dan aman.

Pantai Rainbow Bay juga memiliki area renang yang selalu diawasi dan ramai dikunjungi wisatawan bersama keluarga.

Setelah puas surfing, kamu bisa menjajal bermain kayak (kayaking) menyusuri sungai dan kanal berlatar gedung-gedung pencakar langit kota selama dua jam menjelang matahari terbenam. Rasanya benar-benar luar biasa!

Penggemar olahraga luar ruang (outdoor activity) memang jadi "raja" di sini. Selain surfing dan kayak, watersport yang jadi primadona antara lain wakeboarding, parasailing, jet ski, water ski, hingga flyboarding.

Belum cukup? Gold Coast ternyata tak cuma menawarkan keindahan pantai saja. Di kawasan ini kamu bisa menemukan berbagai lokasi asyik yang bisa dikunjungi, mulai dari tempat hiburan, shopping center, hingga kawasan hutan yang cantik.

Untuk pecinta taman rekreasi, Gold Coast punya taman hiburan yang wajib dijajal, seperti Dreamworld, Warner Bros, Movieworld, dan Seaworld.

Jika belum cukup juga, cobalah tantangan lain yang cukup ekstrim, yaitu skydiving. Rasakan sensasinya saat melompat dari pesawat di ketinggian 150.000 kaki di udara, kamu akan benar-benar merasakan adrenalin dipompa maksimal.

Bondi hingga Coogee

Masih ada kawasan pantai lain yang dapat kamu kunjungi, yakni jalur pesisir Bondi hingga Coogee di Sydney. Jalur ini merupakan salah satu trek dengan pemandangan terindah di kota dermaga tersebut.

Di sini, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari berselancar, bermain voli, joging, hingga sekadar membaca buku sambil rebahan di pasirnya yang putih keemasan.

Bila ingin berselancar, kamu cukup menyewa papan selancar di tempat rental dengan harga mulai dari 20 dollar Australia per jam. Biaya rentalnya bisa lebih hemat jika kamu menyewa seharian. Kamu cukup mengeluarkan kocek 50 dollar Australia.

Puas bermain di pantai seharian, kini saatnya kamu bisa berbelanja atau sekadar cuci mata ke butik mode di sepanjang Gould Street pada malam hari.

Pilihan makanan dan minuman pun beragam. Ada banyak kafe dan restoran di sekitar Bondi. Salah satu tempat makan yang enak adalah North Bondi Fish.

Restoran tersebut menjadi favorit wisatawan dan selalu penuh. Bahkan, saking padatnya, kamu harus mengantre dulu agar kebagian tempat.

Pameran Sculpture by the Sea, Bondi (Sculpture by the Sea Incorporated) Pameran Sculpture by the Sea, Bondi

Nah, bila kamu berkunjung pada Oktober dan November, kamu bakal dapat bonus pameran seni rupa Sculpture by the Sea.

Pameran tahunan ini cukup unik karena menyulap jalur pesisir pantai antara Bondi dan Tamarama disulap menjadi galeri terbuka. Di sepanjang jalur tersebut, kamu bisa melihat 100 patung karya seniman dari berbagai negara.

Bagaimana? Semakin penasaran dengan keindahan pantai-pantai yang menyebar di Australia? Atur rencana liburan dari sekarang agar saat situasi sudah aman, kamu bisa langsung terbang ke Australia bersama kawan atau keluarga.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.