Advertorial

BRI Berikan Layanan Terbaik bagi Kementerian Pertahanan RI

Kompas.com - 23/09/2020, 15:55 WIB
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BRI dengan Kementerian Pertahanan RI, Rabu (23/9/2020). (Dok. Bank BRI) Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BRI dengan Kementerian Pertahanan RI, Rabu (23/9/2020).

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI kembali memperkuat kerja sama terkait penyediaan fasilitas layanan keuangan. Kerja sama ini meliputi pemberian fasilitas kredit modal kerja dan bank garansi kepada supplier, vendor, kontraktor rekanan Kementerian Pertahanan RI.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan antara Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal TNI Budi Prijono dengan Direktur Institutional & State Own Enterprise BRI Agus Noorsanto.

Penandatanganan kerja sama dalam rangka akselerasi penyerapan APBN Kementerian Pertahanan untuk pengadaan alat dan peralatan pertahanan ini diselenggarakan di Gedung A.H. Nasution Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, pada Rabu (23/9/3020).

“Sebagai mitra utama, BRI siap memberikan dukungan layanan keuangan bagi Kemhan RI. Perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu komitmen Bank BRI untuk memberikan layanan perbankan yang optimal untuk Kementerian Pertahanan RI,” ungkap Agus Noorsanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Melalui perjanjian kerja sama ini diharapkan antara Bank BRI dengan Kemhan RI dapat menciptakan kerja sama dalam berbagai bidang.

Misalnya, peningkatan penyerapan anggaran Kemhan RI, mempercepat proses dan prosedur pengadaan alat peralatan pertahanan, dukungan kepada industri pertahanan lokal, penggunaan produk dan jasa layanan perbankan, serta pemberian dukungan dalam menunjang program yang ada pada Kemhan RI.

Lewat kerja sama ini BRI memberikan fasilitas kredit modal kerja dan bank garansi dengan berbagai kemudahan.

Kemudahan tersebut antara lain kredit yang diberikan sangat ringan dan bersaing, pemberian fasilitas pembiayaan Pre Financing dan Post Financing, fleksibilitas bentuk kredit yang dapat menyesuaikan kontrak kerja, biaya kredit yang terjangkau, dan agunan tambahan yang minimal yaitu sebesar 30 persen dari plafon kredit.

“Fasilitas yang diberikan oleh BRI ini merupakan wujud nyata kerja sama berkelanjutan dengan Kementerian Pertahanan RI sekaligus keikutsertaan kami dalam memberikan layanan keuangan untuk kebutuhan pemerintah khususnya Kemhan RI. Ke depannya kami juga membuka komunikasi untuk kementerian lainnya mengenai kerja sama fasilitas layanan keuangan,” ungkap Agus Noorsanto.

Sebelumya, BRI telah bekerja sama dengan Kemhan RI mengenai fasilitas layanan pembayaran gaji dan fasilitas pinjaman kepada pegawai dengan suku bunga yang kompetitif, di antaranya adalah BRIGUNA, KPR BRI, dan KKB BRI.

Selain itu, BRI juga memberikan proteksi asuransi secara gratis kepada pegawai di lingkungan Kementerian Pertahanan RI pemegang tabungan Britama BRI berupa fasilitas Personal Accident tabungan Britama serta memberikan layanan pengelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan bagi pegawai untuk kesejahteraan pegawai setelah pensiun.