Advertorial

Gelar Tender Fasilitas Produksi Olefin, Pertamina Jamin Proses Transparan

Kompas.com - 26/09/2020, 20:44 WIB

KOMPAS.com - Setelah mengakuisisi PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) pada akhir tahun lalu, Pertamina langsung tancap gas menyiapkan pembangunan fasilitas Olefin Complex Development Project (OCDP) di kawasan TPPI, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pembangunan tersebut dilakukan melalui salah satu subholding Pertamina, PT Kilang Pertamina International (KPI).

PT KPI mengundang perusahaan kelas dunia yang berpengalaman dalam pembangunan olefin dan petrokimia untuk menjadi mitra strategis secara terbuka. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan fasilitas produksi olefin dan aromatik di Tanah Air.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, seluruh proses tender dilakukan secara transparan dan sesuai prosedur pengadaan yang berlaku. Bahkan, seluruh proses tender ini dijalankan dengan pendampingan dari Tim Jamintel, Bareskrim Polri, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Pertamina juga berkonsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sehingga governance-nya sangat terjaga dengan baik,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Fajriyah menambahkan, Pertamina melaksanakan tender dengan strategi kontrak Design Build Competition (DBC). Strategi ini akan menetapkan dua peserta terbaik untuk melaksanakan pekerjaan sebelum mengerucut ke satu pemenang yang lebih kompetitif dari sisi biaya dan harga.

Sampai saat ini, proses tender masih berlangsung dan Pertamina telah mendapatkan dua peserta terbaik yang akan menyiapkan desain BED & FEED. Pengawasan ketat terus dilakukan hingga penetapan pemenang.

“Tim Tender KPI sudah memeriksa secara seksama seluruh dokumen dari peserta, termasuk memastikan pengalaman proyek yang sejenis dengan Proyek TPPI Olefin Complex yang dibuktikan oleh berita acara penyelesaian pekerjaan ,” imbuh Fajriyah.

Hal tersebut, lanjut Fajriyah, dilakukan untuk memastikan peserta tender mampu menyelesaikan pembuatan desain dan pembangunan fasilitas produksi selesai sesuai target yang ditetapkan

“Dengan dukungan seluruh stakeholder, pembangunan fasilitas produksi olefin ini diharapkan akan mendukung pengembangan industri dalam negeri dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com