Advertorial

Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Hadirkan Fasilitas Student Center

Kompas.com - 27/09/2020, 19:14 WIB
Desain arsitektur student center mengikuti pendekatan inklusif, kontekstual, dan ikonik. (DOK. UAJY) Desain arsitektur student center mengikuti pendekatan inklusif, kontekstual, dan ikonik.

KOMPAS.com – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membangun fasilitas baru berupa gedung yang akan dimanfaatkan sebagai student center. Gedung ini berada di sebelah barat Kampus II Gedung Thomas Aquinas, Babarsari, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sosialisasi pembangunan telah dilakukan pada Senin (7/9/2020). Dalam kesempatan itu, pihak universitas resmi mendapat izin dari Padukuhan Kledokan, Kecamatan Depok, DIY yang terdampak pembangunan.

Adapun pembangunan telah dimulai sejak Juli 2020. Rencananya, proses ini memakan waktu 11 bulan hingga Mei 2021.

“Pembangunan ini merupakan bagian dari upaya UAJY dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik akademik maupun non akademik,” ujar Rektor UAJY Prof Ir Yoyong Arfiadi Meng PhD dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Secara fungsi, student center dibangun sebagai sarana dan fasilitas bagi mahasiswa untuk berkreasi.

“Mahasiswa sebagai orang muda tentu perlu tempat untuk mengaktualisasikan diri,” kata Yoyong melanjutkan.

Gedung akan dibangun setinggi 5 lantai di area seluas 4.200 meter persegi. Adapun dua lantai pertama akan dibuat menjadi basement.

Terobosan Berani

Di tengah pandemi Covid-19 dan perlambatan ekonomi, pembangunan gedung merupakan terobosan berani UAJY untuk menyiapkan kehidupan kampus setelah situasi membaik.

“Sebagai makhluk sosial, kita semua perlu bersosialisasi dan berinteraksi satu sama lain sehingga jika pandemi sudah berakhir, universitas sudah punya fasilitas yang dapat mewadahi kegiatan-kegiatan positif mahasiswa,” jelas Yoyong.

Area kantin akan dapat digunakan sebagai co-working space. (DOK. UAJY) Area kantin akan dapat digunakan sebagai co-working space.

Student center merupakan fasilitas yang telah lama diidamkan segenap civitas academica UAJY— yang dinobatkan jadi salah satu dari 10 perguruan tinggi swasta terbaik DIY.

Nantinya, di dalam bangunan ini terdapat Gedung Olah Raga (GOR), kantin, co-working space, ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), toko buku, Kantor Kemahasiswaan Alumni dan Campus Ministry (KKACM), serta meeting room.

Selain itu, GOR juga dapat digunakan untuk kegiatan akademik lainnya, seperti konferensi, seminar, dan upacara wisuda. Gedung itu berkapasitas maksimum 2.500 pengunjung.

Secara fungsi, fasilitas ini akan mewadahi berbagai macam kegiatan mahasiswa. Di antaranya, olahraga (basket dan futsal), kesenian (pentas musik, tari, dan teater), kewirausahaan, kegiatan UKM, rapat mahasiswa, dan lainnya.

Ilustrasi gedung olahraga yang nantinya dapat digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan termasuk wisuda. (DOK. UAJY) Ilustrasi gedung olahraga yang nantinya dapat digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan termasuk wisuda.

Desain ikonik

Sebagai sebuah ruang publik untuk kegiatan mahasiswa, desain arsitektur student center mengikuti pendekatan inklusif, kontekstual, dan ikonik.

Maksud dari inklusif, yakni kesetaraan. Artinya, dapat diakses siapa saja termasuk kaum disabilitas. Sementara kontekstual, diterjemahkan sebagai sebuah arsitektur yang mengakomodasi potensi alam.

“Penataan didominasi ruang terbuka yang merupakan khas arsitektur tropis dengan mengombinasikan sistem sirkulasi udara alami dan buatan,” jelas Tim Perencana Arsitektural sekaligus Dosen Prodi Arsitektur UAJY, Dr Ir FX Eddy Arinto MArch.

Kemudian, pendekatan ikonik terinspirasi dari logo kampus UAJY yang terus tumbuh dan berkembang.

“Material alami, seperti bata ekspos yang sudah menjadi identitas UAJY, ditampilkan sebagai aksen yang menguatkan,” ujar Eddy.

Tak sendiri, dalam merancang student center ini, Eddy dibantu anggota Tim Perencana Arsitektural lainnya, yakni Nicolaus Nino Ardiansyah, ST, MSc. dan Gregorius Agung Setyonugroho, ST MEng.

Sementara dalam proses pembangunan, UAJY melibatkan dosen Program Studi Arsitektur dan Teknik Sipil serta alumni UAJY yang dikoordinasi oleh Tim Perencana Ir MK Sinta Dewi P MSc.

Tak hanya itu, proyek ini juga melibatkan Tim Konstruktor yang terdiri dari Ir Haryanto Yoso Wigroho MT dan Siswadi ST MT. Kemudian, Tim Mechanical Electrical dan Plumbing yang dimotori oleh Ir Andreas Sujoko MT serta Tim Estimator oleh Dr Ir W I Ervianto MT.

Dengan dibangunnya student center, Rektor UAJY berharap dapat memberikan pelayanan yang baik dengan mewadahi kegiatan-kegiatan mahasiswa. Jadi, mahasiswa akan semakin aktif mengembangkan diri dan menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Student center akan menjadi wadah interaksi mahasiswa dan dosen yang dapat menjadi pendorong timbulnya inovasi-inovasi yang dihasilkan mahasiswa,” tutup Yoyong.