Advertorial

Rekomendasi Smartphone Xiaomi Harga Sejutaan untuk Belajar Online

Kompas.com - 28/09/2020, 10:25 WIB
Dok. Shutterstock Dok. Shutterstock

KOMPAS.com – Sistem pembelajaran jarak jauh yang diberlakukan pemerintah membuat smartphone menjadi perangkat penting bagi siswa. 

Pasalnya, fungsi smartphone sudah seperti pengganti kelas yang harus digunakan hampir setiap hari. Guru, murid dan teman-temannya berinteraksi lewat perangkat itu.

Dari sekian jenis perangkat yang bisa digunakan, smartphone jadi gadget yang sebagian besar dipilih karena sudah familiar digunakan, mudah dibawa-bawa dan harganya cenderung terjangkau. 

Sayangnya, segala kelebihan itu tak membuat smartphone tanpa celah. Kadang-kadang, masih ada kendala yang harus dihadapi saat menggunakan perangkat iniuntuk pembelajaran online. Utamanya, terkait dengan kompatibilitas.

Saat, ini banyak aplikasi konferensi video maupun layanan pembelajaran online yang membutuhkan ponsel dengan spesifikasi tertentu. Misalnya saja aplikasi Zoom. 

Pengguna setidaknya membutuhkan ponsel Android dengan penyimpanan data kosong sebesar 106 MB dan versi sistem operasi minimal Android 5.0 untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Artinya, pada perangkat lawas bisa jadi aplikasi tersebut tak dapat digunakan akibat keterbatasan sistem operasi maupun ruang penyimpanan. Kalau sudah begini, mengganti smartphone dengan keluaran terbaru menjadi opsi terbaik. 

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak smartphone yang ditawarkan dengan harga terjangkau dan spesifikasi cukup mumpuni untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya, ponsel keluaran Xiaomi.

Untuk memudahkan, berikut Kompas.com rangkum ponsel Xiaomi seharga satu jutaan.

  1. Redmi 9A

Redmi 9A memiliki layar beresolusi 720 x 1600 piksel dengan bentang layar 6,53 inci. Spesifikasi layar ini cukup bagus digunakan untuk kegiatan konferensi video belajar jarak jauh.

Tak hanya unggul di bagian layar, daya tahan baterai ponsel ini juga mumpuni. Xiaomi membekali Redmi 9A dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.Jika hanya digunakan untuk belajar online, baterai Redmi 9A mampu bertahan seharian penuh.

Untuk menunjang performa belajar online, ponsel low-entry ini dipersenjatai dengan prosesor MediaTek Helio G25 dan RAM 2GB.

Kualitas kamera Redmi 9A juga sudah cukup jernih. Di kamera depan, ponsel tersebut dilengkapi lensa 5 MP dengan bukaan f/2.2. Di bagian belakang, tersemat juga kamera tunggal dengan resolusi 13 MP f/2.2, 28mm untuk menangkap momen atau tugas belajar.

 Ponsel tersebut juga sudah didukung sistem operasi Android 10 dan interface MIUI 12. Dengan sistem ini, seluruh aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

 Varian Redmi 9A terdiri dari tiga warna yang bisa dipilih, yaitu Granite Grey, Sky Blue, dan Peacock Green. Ponsel ini dibanderol seharga Rp 1.199.000.

  1. Redmi 9C

Jika Anda ingin memiliki smartphone multifungsi dengan harga terjangkau, Redmi 9C bisa jadi pilihan yang tepat. Ponsel ini unggul di layar dengan bentang diagonal 6,53 inci dan resolusi HD plus. 

Redmi 9C juga dilengkapi kamera selfie beresolusi 5 MP yang bisa diandalkan untuk tatap muka secara online.

Xiaomi menghadirkan dua pilihan Redmi 9C berdasarkan memori RAM dan kapasitas penyimpanan. Pabrikan asal Tiongkok itu membanderol varian 3 GB/32 GB seharga Rp 1.399.000, sedangkan varian 4 GB/64 GB seharga Rp 1.599.000.

Redmi 9C dibekali dengan prosesor Helio G35 serta dukungan tiga kamera belakang, plus satu LED flash berbentuk persegi. Ketiganya terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP untuk menunjang kebutuhan fotografi.

Ponsel ini sudah dilengkapi sistem operasi Android 10 dan antarmuka MIUI 12 sehingga sudah bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru. Redmi 9C memiliki varian tiga warna, yaitu Midnight Grey, Sunrise Orange, dan Twilight Blue.

  1. Redmi 8A Pro

Untuk Anda yang ingin menjajal performa prosesor Snapdragon 439, Redmi 8A Pro layak untuk dipertimbangkan. Dengan layar IPS LCD 6,22 inci dan balutan Gorilla Glass 5, Anda tak perlu lagi khawatir akan layar tergores atau pecah ketika tak sengaja jatuh dari meja.

Anda juga tak perlu cemas bila lupa mengisi daya. Sebab, ponsel tersebut sudah didukung teknologi fast charging sehingga isi ulang daya bisa lebih cepat. Selain itu, baterai yang dibenamkan juga berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh.

Kemampuan kamera depan Redmi 8A Pro pun lebih mumpuni dibandingkan seri Redmi 9A maupun Redmi 9C dengan dukungan lensa 8 MP. Untuk memiliki Redmi 8A Pro 2GB/32GB, Anda cukup merogoh kocek Rp 1.599.000. Anda juga bisa menikmati kehadiran konektor USB Type-C dan audio jack 3,5 mm.

Ponsel ini didukung sistem antarmuka MIUI 11 dengan Android 9.0 yang bisa Anda upgrade ke MIUI 12. Untuk pilihan warna, Anda bisa memilih Sky White, Sea Blue, atau Midnight Grey.

  1. Redmi 9

Redmi 9 menjadi salah satu terunggul di kelas satu jutaan. Ponsel ini dilengkapi layar beresolusi full HD+ 1080p yang bisa menampilkan gambar lebih tajam dan jelas untuk kegiatan belajar.

Xiaomi juga melengkapi layar tersebut dengan sistem perlindungan mata. Sistem ini mampu mencegah mata cepat lelah saat menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama.

Dari segi performa, Redmi 9 dibekali prosesor MediaTek Helio G80. Dapur pacu ini ditunjang dengan baterai 5.020 mAH dan teknologi fast charging.

Ponsel ini juga memiliki kamera cukup bagus untuk kelas low-entry. Kamera belakang dilengkapi empat lensa beresolusi 13 MP, 8 MP, 5 MP, dan 2 MP. Sementara, kamera depan beresolusi 8 MP.

Redmi 9 hadir dengan 3 varian warna, Carbon Grey, Sunset Purple, dan Ocean Green. Anda bisa menebus Redmi 9 di harga Rp 1.799.000 untuk varian 3 GB/32 GB dan Rp 1.999.000 untuk varian 4 GB/64 GB.

Itulah ponsel sejutaan dari Xiaomi yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Sebelum membeli, Anda bisa membandingkan spesifikasi dan harga hp Xiaomi melalui laman marketplace seperti Tokopedia. Pilih ponsel yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa membeli HP Xiaomi tersebut di official store Xiaomi Indonesia yang ada di Tokopedia. Tokopedia juga memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir) lewat program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia. Jadi, Anda bisa lebih berhemat saat membeli ponsel.