Advertorial

BRI Gelar Akselerasi Pelaku UMKM Muda Lewat Program Pengusaha Muda Brilian

Kompas.com - 28/09/2020, 17:50 WIB
Bank BRI gelar program akselerasi Pengusaha Muda BRIlian (PMB) untuk majukan UMKM. (Dok. Bank BRI) Bank BRI gelar program akselerasi Pengusaha Muda BRIlian (PMB) untuk majukan UMKM.

KOMPAS.com - Bank BRI (BBRI) memulai rangkaian program akselerasi Pengusaha Muda BRILian (PMB) dengan melaksanakan kick off di Jakarta, Senin (28/09/2020).

Dengan PMB, BBRI kembali membuktikan perannya sebagai Agent of Development yang fokus pada pembiayaan atau permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus berkembang.

“Pengusaha Muda BRILian merupakan rangkaian program intensif yang ditujukan untuk akselerasi bisnis para pengusaha muda Indonesia dengan bidang usaha meliputi food & beverages, fashion, dan handicraft,” kata Direktur Bisnis Kecil, Ritel, dan Menengah Bank BRI Priyastomo dalam keterangan pers.

Melalui PMB, bank pelat merah tersebut juga mendorong lahirnya pengusaha muda atau young entrepreneurs Indonesia yang berdaya saing tinggi di kancah lokal dan global.

“Para pengusaha muda ini dapat naik kelas dan memiliki kualitas daya saing yang tinggi, serta dapat menjadi duta UMKM Bank BRI berskala nasional dan internasional untuk menuju industri 4.0,” lanjut Priyastomo.

PMB merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Bank BRI ke-125 dengan tujuan memberikan apresiasi kepada UMKM di seluruh Indonesia.

Untuk pertama kalinya, acara ini dilaksanakan di beberapa kota, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek), serta Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari masing-masing wilayah tersebut, dipilih 10 UMKM melalui seleksi ketat. Dengan begitu, total terdapat 50 peserta UMKM yang berkesempatan menjadi peserta PMB.

Selanjutnya, para peserta akan didampingi mentor yang ahli di bidangnya untuk memberikan materi pembekalan keterampilan agar dapat meningkatkan kualitas usaha.

Kurang lebih selama 2 bulan, lanjut Priyastomo, para peserta akan mendapatkan pendampingan dengan kurikulum yang disusun secara terintegrasi disertai penyelesaian tugas-tugas sesuai bidang usahanya. Tujuannya, untuk menyiapkan UMKM tersebut masuk ke pasar global.

Selanjutnya, pada Desember 2020, BRI akan memilih 10 UMKM terbaik berdasarkan penilaian selama mengikuti kegiatan PMB. Meski begitu, hanya akan ada tiga pengusaha muda UMKM yang dinobatkan menjadi pemenang.

Pengumuman para pemenang akan disampaikan dalam acara Awarding UMKM di BRILian Preneur 2020. Acara ini merupakan ajang untuk mempromosikan produk UMKM ke pasar internasional.

“Semoga Pengusaha Muda BRILian dapat menjadi wadah untuk mewujudkan visi Bank BRI dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dan dapat memberikan kontribusi positif. Tidak hanya bagi para pelaku UMKM, tetapi juga perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” tutup Priyastomo.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.