Advertorial

5 Tips Jadi Fotografer Andal dengan Bermodalkan Smartphone, Hasilnya Ciamik!

Kompas.com - 29/09/2020, 14:01 WIB
Ilustrasi fotografi ponsel. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi fotografi ponsel.

KOMPAS.com – Pekerjaan sebagai kreator konten (content creator) akhir-akhir ini semakin banyak digeluti. Tua muda tak menjadi masalah.

Hal terpenting, seorang kreator konten harus memiliki brand image yang baik dan menghasilkan karya yang bisa menghibur sekaligus menginspirasi banyak orang. Karya tersebut dapat berupa tulisan, video, maupun foto.

Selain itu, menjadi kreator konten masa kini tak harus melulu memiliki “alat tempur” yang mahal. Pasalnya, berbekal smartphone pun, mereka sudah bisa menghasilkan karya yang ciamik. Kreator konten fotografi, misalnya.

Saat ini, banyak tersedia smartphone atau ponsel pintar yang sudah dibekali kamera canggih yang kualitasnya makin setara dengan kamera profesional. Namun, kamera canggih juga harus diimbangi dengan kemampuan menjepret yang apik.

Nah, untuk dapat membidik obyek dengan pas dan menghasilkan foto terbaik, berikut Kompas.com ulas beberapa tips yang bisa dipelajari. Let’s check it out!

  1. Pahami fitur kamera ponsel

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pahami secara detail tentang fitur kamera pada ponsel yang kamu miliki. Sebab, setiap produsen ponsel pasti memiliki fitur atau teknologi unggulan yang dihadirkan pada ponselnya.

Sebagai contoh, ponsel atau HP Oppo terbaru, Oppo Reno 4. Pada ponsel ini, terdapat empat kamera belakang yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Keempat kamera ini terdiri dari kamera wide 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP.

Setelah mengetahui fungsinya, kini saatnya kamu mencoba secara langsung masing-masing kamera tersebut.

  1. Gunakan rule of third

Di dalam dunia fotografi, dikenal istilah rule of thirds. Istilah ini merujuk pada teknik membagi bidang gambar menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal. Kemudian, obyek utama dan elemen lain dalam gambar bisa disesuaikan dengan bantuan garis-garis ini.

Fungsinya, agar obyek atau gambar yang dihasilkan memiliki komposisi yang pas sehingga nyaman dipandang. Secara umum, fitur rule of third kini sudah bisa digunakan pada setiap smartphone. Caranya, silakan buka kamera dan menuju pengaturan.

Fitur rule of third biasanya bertuliskan “Grid" dan kamu bisa langsung mengaktifkannya di pengaturan tersebut.

  1. Banyak belajar

Practice makes perfect. Begitu kira-kira ungkapan yang pas untuk mahir dalam fotografi ponsel. Dengan sering berlatih mengambil obyek dari segala sudut, kamu akan menemukan senseof feeling yang membuat indra penglihatan kamu semakin tajam.

Selain berlatih, cari pula berbagai inspirasi dengan melihat hasil karya fotografer idola kamu. Dengan adanya inspirasi, kamu bisa mengembangkan kreativitas dan bahkan bisa jadi melampaui kemampuan sang idola.

  1. Ikut lomba fotografi

Mengikuti lomba fotografi juga bisa menjadi medium untuk kamu semakin meningkatkan kemampuan. Pasalnya, perlombaan secara otomatis akan meningkatkan jiwa kompetisi yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa bersaing serta belajar secara langsung dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Bonusnya, bisa jadi kamu menjadi pemenang lomba tersebut. Ingat, kesempatan akan selalu terbuka lebar.

  1. Tingkatkan kualitas alat

Teknologi dan fitur kamera pada ponsel akan selalu berkembang. Oleh karena itu, jangan sampai kamu ketinggalan dengan masih menggunakan ponsel lama. Sebagai contoh, satu hingga tiga tahun yang lalu hanya ada dua kamera yang tersemat di ponsel, yakni kamera depan dan belakang.

Bandingkan dengan saat ini hampir semua merek mengeluarkan ponsel yang memiliki tiga atau empat kamera sekaligus.

Nah, agar tidak ketinggalan jenis ponsel terbaru yang rilis di masa mendatang, kamu bisa memantau laman Tokopedia. Sebab, hampir seluruh produsen ponsel memiliki official store di Tokopedia. Salah satunya Oppo. Oleh karena itu, selalu cek Tokopedia untuk mengetahui jenis dan harga HP Oppo terbaru, ya.