Advertorial

Berlari Sambil Berdonasi, BAF Lions Run 2020 Berhasil Dilaksanakan Secara Virtual

Kompas.com - 02/10/2020, 18:22 WIB
Serah terima donasi yang terkumpul dalam acara BAF Lions Run 2020 (Dok. BAF) Serah terima donasi yang terkumpul dalam acara BAF Lions Run 2020 (Dok. BAF)

KOMPAS.com - Yayasan Lions Indonesia bersama perusahaan pembiayaan PT Bussan Auto Finance (BAF) mengadakan kegiatan lari bertajuk BAF Lions Run 2020. Event ini diadakan secara virtual demi menghindari kerumunan massa yang dilarang karena adanya pandemi Covid-19.  

Ketua Yayasan Lions Indonesia Willy Suwandi Dharma mengatakan, meski event lari sekaligus donasi ini diadakan secara virtual, antusiasme pelari untuk mengikuti acara masih tinggi. Terbukti event virtual yang berlangsung dari 5 sampai 20 September 2020 ini diikuti oleh 2.520 peserta. 

“Peserta berasal dari penjuru Tanah Air, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, hingga Papua. Yang jelas, meski pandemi, orang tetap harus olahraga, walaupun dilakukan di rumah atau lingkungan masing-masing dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan tentunya,” ujar Willy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (2/10/2020). 

Willy menyebutkan, ada tiga tujuan penyelenggaraan BAF Lions Run ini. Pertama, mengajak masyarakat untuk melaksanakan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga, terlebih saat masa pandemi ini, masyarakat dituntut untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuhnya. 

Kedua adalah mengajak masyarakat berdonasi untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Ketiga, event ini menjadi cara bagi para korporasi untuk melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) sekaligus untuk menaikkan brand image di masyarakat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih menurut Willy, BAF Lions Run merupakan agenda tahunan yang akan terus dilakukan ke depan. Tahun depan, kegiatan ini akan mengusung tema memerangi penyakit diabetes. 

Namun, Willy belum memastikan format yang akan digunakan untuk agenda tahun depan. Pihaknya akan melihat perkembangan kondisi terkini terlebih dahulu sebelum menentukan format. 

“Kita lihat formatnya, jika pandemi berakhir, kita lakukan physical run. Tapi jika belum, kita akan coba pikirkan lagi format apa yang tepat dan cocok di situasi yang akan datang,” ujarnya. 

Pada BAF Lions Run 2020 yang dilakukan secara virtual ini, para peserta yang sudah mendaftar di website baflionsrun.id dapat mengikuti lomba lari secara masing-masing sesuai dengan kategori lari yang diikuti. Terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu 5K, 10K dan 21K. 

Periode lari dilakukan pada 5-20 September 2020, kemudian para peserta mencatat hasil lari menggunakan aplikasi lari yang bisa diunduh di App Store dan Google Play atau bisa juga menggunakan perangkat smartwatch. Selanjutnya, peserta mengunggah hasil lari tersebut pada laman virtual.baflionsrun.id. 

Untuk menyemarakkan BAF Lions Run 2020, terdapat sejumlah activity challenge yang bisa diikuti pada akun Instagram @lionsrunindonesia dengan total hadiah Rp 50 juta.  

Berlari sambil beramal 

Acara BAF Lions Run 2020 tidak hanya sekadar kegiatan lari, tetapi sekaligus menjadi kegiatan amal atau biasa disebut charity run.  

Mengusung tema yang diangkat adalah “Run For Vision”, BAF Lions Run 2020 mengajak para pelari agar berpartisipasi sekaligus berdonasi untuk membantu anak-anak sekolah menjaga kesehatan mata. 

Donasi yang terkumpul dari peserta akan digunakan untuk pemeriksaan mata pada anak di sekolah yang ada di seluruh Indonesia dan pemberian kacamata untuk anak-anak.

“Untuk pemeriksaan mata pada anak di kala pandemi saat ini, formatnya sedang kita pikirkan karena harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan tepat. Bisa saja nanti kita coba pemeriksaan matanya secara mandiri menggunakan teknologi informasi, tapi itu semua sedang kita pikirkan formatnya yang tepat,” ujar Willy. 

Selain donasi dari para pelari, Bussan Auto Finance selaku sponsor utama juga memberikan donasi sebesar Rp 200 juta melalui Presiden Direktur Bussan Auto Finance Lynn Ramli. Donasi tersebut diterima oleh Wakil Ketua Yayasan Lions Indonesia Budi Hidayat pada acara serah terima yang diselenggarakan, Senin (21/9/2020).

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.