Advertorial

Kerja dari Rumah? Ini Fitur-fitur Unggulan Samsung Galaxy Tab S7 Series

Kompas.com - 12/10/2020, 12:40 WIB
Dok. Samsung Dok. Samsung

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada awal Maret 2020, masyarakat menjalani rutinitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Meski sudah berlangsung selama tujuh bulan, nyatanya pekerja masih perlu beradaptasi terus-menerus agar bisa menjaga produktivitas. Beberapa pekerja mulai mencari cara dengan menyesuaikan tempat kerja di rumah biar tetap semangat bekerja.

Selain kenyamanan, peralatan kerja dengan fitur mumpuni juga diperlukan. Selama ini, komputer jinjing alias laptop adalah salah satu jenis perangkat yang banyak digunakan untuk bekerja dari rumah.

Meski begitu, laptop sebenarnya bukan satu-satunya penunjang produktivitas. Alat yang lebih praktis seperti tablet juga bisa dimanfaatkan agar kerja lebih optimal.

Misalnya saja, Samsung Galaxy Tab S7 Series yang mendukung kenyamanan sekaligus kegiatan yang butuh multi-tasking selama WFH. Tablet yang diluncurkan pada akhir Agustus 2020 memiliki ragam fitur yang membantu pekerja semakin produktif.

Ingin tahu fitur-fitur produktivitas apa saja yang dibenamkan pada Galaxy Tab S7 Series untuk menunjang pekerjaan selama WFH? Berikut rangkuman Kompas.com.

Samsung Dex

Galaxy Tab S7 dan S7 Plus memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman layaknya komputer desktop dengan hadirnya Samsung DeX.

Dengan mengaktifkan fitur Samsung DeX, tampilan layar Tab akan berubah seperti PC atau laptop.

Cara mengaktifkannya pun mudah. Pengguna hanya perlu menyambungkan cover keyboard ke tablet dan aktifkan fitur Samsung DeX di Settings.

Untuk kegiatan multitasking, Samsung melengkapinya dengan fitur bernama multi-active windows agar Anda bisa mengaktifkan tiga windows sekaligus di layar.

Sambil menulis di Samsung Notes, misalnya, Anda bisa sambil menjalankan video di YouTube dan pada saat yang sama berselancar di web browser..

Selain itu, kemampuan Samsung DeX pada Galaxy Tab S7 dan S7 Plus telah ditingkatkan dan dilengkapi sistem One UI terbaru, dengan task bar yang lebih efisien.

Fitur screen zoom dan opsi ukuran font semakin memudahkan Anda ketika menggunakan Samsung DeX saat bekerja.

S Pen

Ciri khas Samsung yang melekat pada seri Tab maupun Note adalah kehadiran S-Pen. Perangkat S-Pen terbaru pada Tab S7 Series dibekali strip besi magnetik agar bisa menempel di sisi maupun punggung tablet.

S-Pen pada Tab S7 Series memiliki latensi rendah yaitu 9 ms sehingga menghasilkan pengalaman seperti menggunakan bolpoin yang sesungguhnya. Pengguna akan serasa menulis di buku saat menggunakan S-Pen di Tab S7 Series.

Kegiatan mencatat menggunakan S-Pen pada aplikasi Samsung Notes pun menjadi semakin mudah. Berkat fitur impor dan anotasi PDF pada Samsung Notes, Anda bisa menulis, mengetik, dan menggambar di area yang sama.

Samsung Notes juga dilengkapi dengan fitur Audio Bookmark sehingga Anda bisa merekam video conference ataupun materi meeting sambil menulis sesuatu, lalu menyinkronkan keduanya.

Aplikasi digital artist

Untuk menunjang kreativitas, Samsung Galaxy Tab S7 Series dibenami dua aplikasi digital. Pertama adalah Clip Studio Paint yang merupakan aplikasi yang banyak direkomendasikan oleh para digital artist, dan pertama kali hadir di perangkat Android.

Kedua, Noteshelf, di mana pengguna bisa menciptakan dan menyesuaikan virtual notebook serta membagikan hasil kreasi dengan teman-teman terdekat.

Kamera

Adapun kamera yang dibenamkan pada Galaxy Tab S7 memudahkan aktivitas meeting secara online. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Galaxy Tab S7 Series dilengkapi kamera mumpuni untuk menjalankan fungsi foto maupun video.

Video call dapat dilakukan dengan kamera depan 8 MP dan ditunjang empat speaker yang disempurnakan oleh AKG. Kamera dan speaker ini akan membuat pengalaman video call lebih berkualitas, baik dari segi tampilan video maupun suara.

Adapun kamera depan 8MP yang ditempatkan di tengah layar menjadikan Anda terlihat lebih jelas oleh para peserta meeting lainnya.

Layar

Layar Tab S7 Series memanjakan pekerja saat WFH. Galaxy Tab S7 hadir dengan layar 11 inci LTPS LCD dan S7 Plus hadir dengan layar 12,4 inci Super AMOLED. Keduanya sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz untuk tampilan layar yang lebih jernih dan smooth.

Dengan spesifikasi layar seperti ini, ditambah pula dengan sertifikasi SGS yang rendah emisi blue light, mata pengguna tetap merasa nyaman meski menggunakan tablet untuk jangka waktu lama.

Kedua tab ini cukup tipis dengan ketebalan hanya 5,7 mm. Dengan desain ringan dan tipis, tablet terbaru Samsung ini jadi lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Chipset kencang

Agar pengalaman bekerja makin smooth dan lancar, Samsung membekali Galaxy Tab S7 dan S7 Plus dengan chipset yang kencang, yaitu Snapdragon 865 Plus.

Prosesor ini menjadi pusat kontrol multitasking yang mendukung pengguna Galaxy Tab S7 dan S7 Plus sehingga mendukung menjalankan fitur multi-active window yang memungkinkan pengguna untuk membuka dan menjalankan hingga tiga aplikasi sekaligus.

Performa tablet Galaxy Tab S7 Series makin cepat dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan data yang luas. RAM Galaxy Tab S7 sebesar 6 GB dengan media penyimpanan 128 GB.

Sementara, Galaxy Tab S7 Plus memiliki RAM 8 GB dan kapasitas media penyimpanan 256 GB. Ruang penyimpanan data ini bahkan bisa diperluas hingga 1 TB dengan micro SD.

Itu tadi fitur serta spesifikasi unggulan Galaxy Tab S7 Series. Dengan bermodal gawai ini, Anda bisa menikmati pengalaman bekerja yang berbeda dibandingkan menggunakan laptop.

Bagaimana? Tertarik mencobanya?