Advertorial

Mau Kopi yang Beda? Yuk, Coba 4 Racikan Kopi Khas Nusantara Ini

Kompas.com - 14/10/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi racikan kopi khas Indonesia (Dok. SHUTTERSTOCK/ismed_photography_SS) Ilustrasi racikan kopi khas Indonesia

KOMPAS.com – Saat ini, “ngopi” atau meminum kopi sudah menjadi bagian dari keseharian dan gaya hidup masyarakat yang tidak bisa dipisahkan. Mulai dari kerja, santai, hingga berkumpul bersama teman, kopi menjadi pilihan minuman yang kerap disajikan.

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia tidak hanya memiliki berbagai jenis biji kopi, tapi juga punya banyak racikan kopi khas dari berbagai daerah.

Tidak sekadar meracik kopi dengan gula dan air panas, kopi-kopi khas nusantara biasanya dicampur dengan berbagai bahan lain atau disajikan dengan cara unik sehingga menciptakan rasa kopi yang otentik.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa racikan kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

  1. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang merupakan kopi khas daerah Ambon, Maluku. Kopi yang digunakan biasanya berjenis kopi arabika yang tidak terlalu pahit.

Untuk membuatnya, bubuk kopi akan direbus bersama dengan campuran rempah, yakni jahe, kayu manis, cengkih, serai, dan gula pasir hingga mendidih. Kemudian, kopi disajikan dengan taburan potongan biji kacang kenari sangrai sebagai pelengkap.

Semua bahan-bahan tersebut membuat kopi Rarobang memiliki cita rasa unik dan aroma rempah yang kuat.

  1. Kopi Kopyok

Kota Gresik, Jawa Timur punya resep kopi khas yang dinamakan kopi Kopyok. Jika umumnya kopi disajikan dalam bentuk bubuk halus, bubuk kopi Kopyok justru cenderung kasar. Hal ini karena biji kopi yang digunakan hanya ditumbuk kasar.

Penyajian kopi Kopyok terbilang unik. Caranya, bubuk kopi kasar ditempatkan dalam gelas kemudian ditambahkan air mendidih. Karena bertekstur kasar, otomatis bubuk kopi itu akan naik hingga menyembul di permukaan gelas.

Kopi Kopyok memberikan sensasi dan rasa yang unik saat dinikmati karena keberadaan bubuk kopi kasar di permukaan gelas.

  1. Kopi Kawa

Kopi Kawa khas Sumatera Barat ini bisa dibilang cukup berbeda dengan sajian kopi pada umumnya. Pasalnya, kopi ini dibuat tanpa menggunakan biji kopi, melainkan daun dari tanaman kopi.

Untuk meracik kopi kawa, dibutuhkan daun kopi yang telah dikeringkan dan disangrai selama kurang lebih 12 jam. Karena terbuat dari daun, rasa kopi Kawa cenderung ringan, seperti teh, tapi tetap memiliki rasa dan aroma kopi.

Penyajian kopi ini pun tak kalah unik karena menggunakan gelas atau cangkir yang terbuat dari batok kelapa. Tujuannya agar aroma kopi lebih harum dan cita rasanya tetap terjaga.

  1. Kopi Jahe

Kopi Jahe adalah sajian minuman khas Betawi yang sudah ada sejak abad ke-18. Kala itu, kopi jahe merupakan sajian istimewa karena hanya disajikan pada acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan, dan peringatan hari keagamaan.

Walaupun dinamakan kopi jahe, terdapat banyak rempah-rempah yang dijadikan sebagai campurannya, yakni jahe merah, cengkih, kapulaga, daun pandan, dan kayu manis. Tak jarang, kopi jahe juga diracik dengan susu kental manis atau gula pasir.

Selain keempat kopi di atas, Indonesia masih punya berbagai macam racikan kopi khas dari berbagai daerah lain.

Buat yang ingin mencicipinya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapat. Kamu bisa membeli bahan-bahannya di Tokopedia.

Di Tokopedia, kamu dapat membeli berbagai produk kebutuhan rumah tangga, gadget, kecantikan, hingga produk kopi khas Indonesia dengan penawaran harga terbaik.

Nah, khusus kamu yang baru ingin mencoba berbelanja di Tokopedia, ada promo khusus pengguna baru yang bisa didapatkan.

Lewat promo pengguna baru atau promo new user itu, kamu bisa mendapatkan cashback hingga 80 persen, potongan harga, program flash sale khusus pengguna baru, promo bebas ongkir, dan berbagai promo menarik lainnya.

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Tokopedia. Segera belanja dan manfaatkan promo pengguna baru sekarang juga.