Advertorial

Diminati Wartawan, Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina Diperpanjang

Kompas.com - 14/10/2020, 16:39 WIB
Dok. Pertamina Dok. Pertamina

KOMPAS.com - Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) yang dijadwalkan berakhir pada 15 Oktober 2020 diperpanjang hingga 31 Oktober 2020.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, perpanjangan tersebut untuk mengakomodasi antusiasme para jurnalis di berbagai wilayah.

“Antusias peserta cukup tinggi, maka kami memutuskan untuk memperpanjang hingga akhir Oktober,” kata Fajriyah dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Fajriyah mengatakan pelaksanaan AJP 2020 berbeda dari tahun sebelumnya karena terdapat penambahan kategori baru. 

Selain kategori Hard News Media Cetak, Feature Media Cetak, Media Online/Siber, Feature Radio, Feature TV, Foto Essay, Program CSR atau Pemberdayaan Masyarakat, terdapat kategori baru yaitu Program Kemitraan.

“Sebelumnya, kategori ini menyatu dengan kategori Program Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan begitu, hasil liputan wartawan jadi lebih bervariasi,” tambahnya.

Berbeda dengan kategori lain yang diperuntukkan bagi satu channel media saja, kategori CSR dan Program Kemitraan terbuka untuk berbagai media, baik cetak, online, televisi, maupun radio.

Dalam kategori ini, papar Fajriyah, wartawan dapat mengirimkan karya terkait peran Pertamina memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaan Pertamina.

Ia menjelaskan, sejak Program Kemitraan digulirkan pada 1993, Pertamina telah mengucurkan bantuan modal sebesar Rp 3,5 triliun yang disalurkan kepada 63 ribu UMKM binaan Pertamina di seluruh Indonesia.

“Ini bisa menjadi obyek penulisan yang menarik di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, AJP 2020 memberi peluang menang yang lebih luas karena penilaian dimulai dari tingkat teritori.

Sebelum babak final, Pertamina akan terlebih dulu memilih pemenang dari setiap teritori, mulai dari Sumatera bagian utara (Sumbagut), Sumatera bagian tengah (Sumbagteng), Sumatera bagian selatan (Sumbagsel), DKI Jakarta, Jawa bagian barat (JBB), Jawa bagian tengah, Jatimbalinus, Sulawesi, Kalimantan serta Maluku – Papua.

“Para pemenang di tiap teritori akan mengikuti kompetisi di babak final yang bersaing dengan 10 teritori untuk memperebutkan juara di tingkat nasional serta Best of The Best,” terangnya.

Insan media yang ingin ikut serta dalam AJP 2020 dapat mengunduh formulir pendaftaran di link https://www.pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2020 atau https://www.pertamina.com/Media/Upload/AJP/Formulir-Peserta-AJP-2020.pdf.

Setelah diisi, peserta bisa mengirimkan formulir dan hasil karya ke email anugerah.jurnalistik@pertamina.com paling lambat pada 31 Oktober 2020.