Advertorial

Perkuat Konektivitas Internet, Axiata Group Berhad Dukung Indonesia di Masa Pandemi

Kompas.com - 14/10/2020, 22:20 WIB
XL Axiata, terus berupaya mendukung perjuangan masyarakat beraktifitas di rumah dengan memperkuat jaringan pada semua area layanan. (DOK. XL Axiata) XL Axiata, terus berupaya mendukung perjuangan masyarakat beraktifitas di rumah dengan memperkuat jaringan pada semua area layanan. (DOK. XL Axiata)

KOMPAS.com – Lebih dari enam bulan Indonesia berjibaku melawan pandemi Covid-19. Meski penularan virus masih tinggi, aktivitas ekonomi masyarakat perlahan sudah kembali berputar.

Dalam situasi sulit ini, kepedulian dan semangat gotong royong tentu sangat dibutuhkan untuk percepatan pemulihan kesehatan dan kebangkitan kembali ekonomi masyarakat.

Semangat gotong royong ini telah ditunjukkan perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Malaysia, Axiata Group Berhad.

Perusahan telekomunikasi dan informasi tersebut mengerti bahwa layanan jaringan telekomunikasi dan data sangat krusial untuk mendukung kegiatan masyarakat di rumah.

Sebab, masyarakat harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan belajar dari rumah atau learn from home (LFH) untuk menghindari penularan virus.

Oleh karena itu, Axiata Group Berhad melalui perusahaan telekomunikasinya di Indonesia, XL Axiata, telah berusaha mendukung perjuangan masyarakat di rumah dengan menguatkan jaringan pada semua area layanan.

Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengungkapkan, penutupan sementara aktivitas perkantoran dan sekolah di berbagai wilayah dipastikan mendorong perpindahan kegiatan dari offline ke online.

Hal tersebut mengakibatkan lalu lintas atau traffic penggunaan internet XL Axiata meningkat 18 hingga 20 persen. Meski demikian, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar ini selalu siap meningkatkan kapasitas saat terjadi lonjakan traffic penggunaan jaringan internet. 

“Akses ke sejumlah layanan data memang meningkat, terutama untuk menelusuri informasi melalui Google serta penggunaan Whatsapp dan media sosial, seperti Facebook dan Twitter yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari (dalam) keadaan normal,” ungkapnya, Senin (16/3/2020). 

Peningkatan layanan berfokus pada area pusat bisnis, perumahan, serta area kampus untuk kelancaran kuliah dan kursus online

Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Selasa (7/4/2020).(DOK. XL Axiata) Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Selasa (7/4/2020).(DOK. XL Axiata)

Meski begitu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan untuk area layanan lainnya demi kelancaran akses internet masyarakat selama pandemi. 

“Tim lapangan kami juga siap memastikan bahwa jaringan kami selalu aman, tanpa mengabaikan masalah kesehatan dan keselamatan profesional,” ujar I Gede Darmayusa. 

Dalam hal produk, XL Axiata menghadirkan sejumlah layanan untuk mendukung pekerjaan dan kegiatan belajar di rumah, seperti paket Xtra Unlimited Turbo yang memungkinkan pelanggan lebih leluasa mengakses berbagai aplikasi pendukung bekerja dan belajar. 

Tak sampai di situ, sebagai bentuk dukungan semangat bagi masyarakat di situasi krisis, XL Axiata juga melakukan gerakan sosial berupa penyampaian pesan Di Rumah Lebih Baik. 

Pada awal masa pandemi, XL Axiata menyediakan kuota internet gratis 2 GB per hari untuk memudahkan masyarakat mengakses ragam aplikasi pendukung produktivitas selama pandemi.  

Misalnya saja, seperti portal belajar online, website pemerintah, Microsoft Office 365, aplikasi belanja online (e-commerce), dan ragam layanan lainnya. 

Pelanggan dari kalangan mahasiswa yang berkuliah di kampus-kampus rekanan XL Axiata juga bisa memanfaatkannya untuk mengakses materi kuliah e-learning. Proses aktivasi kuota yang berlaku selama tujuh hari tersebut dilakukan melalui aplikasi myXL Prepaid, myXL Postpaid, dan AXISnet. 

Mengingat pandemi masih berlangsung, XL Axiata hingga saat ini pun terus mendukung pemerintah untuk memudahkan masyarakat mengakses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

XL Axiata menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dam Kebudayaan serta Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyediakan program khusus yang mendukung PJJ.

Salah satunya adalah menyediakan paket internet khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang dapat diperoleh dengan memiliki kartu AXIS.

Pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30 GB yang berlaku selama dua bulan.

Para pelajar dapat menggunakan paket itu untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom,  Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Selain program kuota internet gratis, XL Axiata juga rutin mengirimkan SMS atau pesan teks berisi informasi seputar Covid-19 kepada pelanggan. 

Berdonasi bantu mengentaskan pandemi 

Tak hanya memberi dukungan lewat koneksi berkualitas, XL Axiata yang berada di bawah naungan Axiata Group Berhad juga terjun langsung memberikan donasi untuk membantu pemerintah memutus laju penularan Covid-19. 

Donasi dengan total lebih dari Rp 10,8 miliar tersebut merupakan gabungan dari dana perusahaan senilai Rp 10 miliar dan partisipasi karyawan yang telah mengumpulkan lebih dari Rp 818 juta. 

Bantuan itu telah disalurkan secara tunai sebanyak Rp 10 miliar yang ditujukan kepada  Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Sementara donasi karyawan senilai Rp 818 juta diserahkan dalam bentuk alat pelindung diri (APD). 

Bantuan disampaikan oleh Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Selasa (7/4/2020). 

President Director dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata tak bisa diam saja menyaksikan upaya dan kerja keras pemerintah, lembaga, tenaga medis, dan berbagai lapisan masyarakat yang berjuang di masa pandemi. 

“Karena itu, walaupun kami telah memberikan donasi melalui BNPB beberapa waktu lalu, kami terus mencari cara untuk mengumpulkan lebih banyak dana, sehingga kami dapat menyumbang dan membantu lagi,” kata Dian. 

Dian pun menyatakan kesiapan XL Axiata dalam mendukung mitigasi Covid-19 sesuai perkembangan pandemi. 

Tak hanya itu, perusahaan telekomunikasi tersebut juga telah menyiapkan layanan telekomunikasi dan data internet yang terdiri dari akses gratis penggunaan telepon, SMS, internet, serta penggunaan Ms Office bagi tenaga kesehatan (nakes). 

Lebih lanjut, XL Axiata juga telah memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area rumah sakit darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. 

Semua langkah dan upaya tersebut merupakan bagian dari dukungan Axiata Group Berhad terhadap kesehatan, pergerakan bisnis, dan berbagai kegiatan masyarakat selama masa pandemi dengan mengerahkan jaringan perusahaan di berbagai negara. 

Selanjutnya, Axiata Group Berhad akan terus mengambil berbagai langkah strategis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk bantu mencegah penyebaran virus Covid-19.