Advertorial

Musim Hujan Tiba, Berikut Deretan Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan

Kompas.com - 15/10/2020, 14:17 WIB
Ilustrasi work from home (Shutterstock/Tirachard Kumtanom) Ilustrasi work from home

KOMPAS.com – Sejumlah kawasan di Indonesia mulai memasuki fase musim hujan pada Oktober 2020 dengan perkiraan puncak musim di awal tahun 2021.

Kondisi tersebut, berdasarkan pengamatan Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG), dipicu oleh potensi fenomena La Nina di Samudra Pasifik dan keadaan Indian Ocean Dipole (IOD) yang negatif di Samudra Hindia.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan bahwa curah hujan pada musim hujan kali ini akan lebih tinggi sehingga masyarakat perlu bersiap diri dan waspada dengan dampak yang bakal timbul.

Seperti diketahui, musim hujan kerap menimbulkan dampak kerusakan lingkungan dan gangguan kesehatan.

Sebagai antisipasi, berikut sejumlah persiapan yang perlu kamu lakukan saat memasuki fase musim hujan.

Jaga daya tahan tubuh

Flu, batuk, dan pilek merupakan contoh gangguan kesehatan yang sering menyerang orang saat musim hujan.

Agar tubuh tetap sehat, daya tahan tubuh perlu dijaga dan ditingkatkan lewat penerapan pola makan bergizi seimbang dan rajin olahraga.

Menjaga sistem imunitas tubuh juga bisa dilakukan dengan konsumsi multivitamin. Untuk kebutuhan suplemen, kamu bisa temukan di Tokopedia.

Tokopedia tengah menggelar Karnaval Pengguna Baru. Sederet promo ditawarkan dalam program tersebut. Salah satunya, promo khusus pengguna baru dengan keuntungan seperti cashback, diskon, flash sale, dan gratis ongkos kirim (ongkir).

Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Tak hanya kesehatan, kebersihan juga jadi hal yang tak kalah penting untuk dijaga saat musim hujan. Sebab, perilaku higienis akan menghindarkan kamu dari risiko penyakit.

Perilaku hidup bersih bisa dimulai dengan rajin cuci tangan, menerapkan etika bersin atau batuk yang baik, dan mandi dua kali sehari.

Sementara itu, menyapu, mengepel, membuang sampah, membersihkan debu, dan memastikan saluran air lancar merupakan beberapa aktivitas bersih-bersih yang perlu dilakukan lebih sering agar dalam dan luar rumah senantiasa bersih.

Saat membeli produk-produk dan peralatan kebersihan diri maupun rumah, kamu yang merupakan pengguna baru Tokopedia dapat memanfaatkan promo new user. Ada keuntungan berupa cashback, diskon, flash sale, dan bebas ongkir yang bisa kamu nikmati lewat program tersebut.

Cek juga kendaraan

Pemilik kendaraan juga perlu berhati-hati saat musim hujan. Pasalnya, air hujan berisiko merusak cat dan tak jarang memicu korosi pada bagian logam dan tumbuhnya jamur di bagian kaca kendaraan.

Oleh sebab itu pula, buang anggapan bahwa membiarkan kendaraan kehujanan dapat membantu membersihkan kendaraan itu sendiri.

Usai digunakan dalam kondisi hujan, sebaiknya segera cuci kendaraan dengan menggunakan produk pembersih khusus.

Tak sulit untuk menemukan produk pembersih khusus kendaraan. Kamu bisa membelinya di Tokopedia. Bagi pengguna baru, dapatkan kesempatan menikmati cashback, diskon, flash sale, dan bebas ongkir lewat program promo khusus pengguna baru.

Pangkas pohon, rapikan tanaman

Turunnya hujan kerap disertai embusan angin kencang yang membuat daun dan ranting pepohonan rontok dan tak jarang mengakibatkan pohon tumbang.

Selain menimbulkan kesan kotor, daun dan ranting rontok yang terhempas angin saat hujan kadang bisa menyumbat saluran air seperti got dan talang air pada atap. 

Bila kamu memiliki pohon rimbun di rumah, ada baiknya ambil langkah antisipasi, yakni dengan memangkas dahan dan ranting pohon tersebut. Selain itu, rapikan juga tanaman-tanaman hias agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Cek atap, plafon, dan tembok rumah

Seperti sudah ditulis di atas bahwa curah hujan yang turun pada musim hujan kali ini diprediksi akan lebih tinggi.

Sebagai bagian terluar hunian, kamu perlu memastikan atap rumah masih dalam kondisi baik alias tidak bocor atau retak sehingga isi dalam rumah bisa terlindungi.

Sama seperti atap, pastikan juga plafon masih dalam keadaan bagus, tidak terdapat rembesan air yang akan membuat tembok rumah lembap dan rusak.

Bila ternyata kamu menemukan gompal pada tembok rumah, segera tambal dan lapisi kembali dengan cat antibocor atau rembes.

Nah, itulah sejumlah langkah yang perlu dilakukan agar tetap aman dan sehat selama musim hujan. Jika tak memungkinkan untuk berbelanja karena alasan hujan, Tokopedia bisa kamu andalkan.