Advertorial

Generasi 5G Pertama dari Apple, Ini Keunggulan iPhone 12

Kompas.com - 16/10/2020, 10:34 WIB
Penampakan iPhone 12 dari situs resmi Apple (Dok. Apple) Penampakan iPhone 12 dari situs resmi Apple

KOMPAS.com - Setelah sekian lama dinantikan, akhirnya Apple meluncurkan iPhone 12. Generasi terbaru iPhone ini memiliki berbagai empat varian, yakni iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Ponsel pintar andalan Apple ini menuai kontroversi di antara netizen. Sebab, kamera yang tersemat dinilai mirip dengan iPhone generasi sebelumnya, yakni iPhone 5 dan iPhone 11.

Meski demikian, iPhone 12 memiliki banyak kelebihan ketimbang generasi sebelumnya. Misal saja, ponsel pintar ini menjadi salah satu produk pertama Apple yang menggunakan teknologi 5G.

Selain itu, iPhone 12 juga menggunakan chipset A14 Bionic untuk dapur pacunya. Komponen ini adalah chip berukuran 5 nanometer (nm) pertama di pasaran dan diklaim lebih cepat 40 persen dari generasi pendahulunya.

Vice President Apple Marketing Worldwide Greg Joswiak mengatakan, peluncuran uini merupakan lompatan besar bagi iPhone.

“(iPhone 12) menghadirkan pengalaman 5G terbaik di pasar (ponsel pintar) dan teknologi tercanggih kami kepada pengguna. Hal ini tentu menjadi keinginan mutlak pengguna iPhone,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Setiap generasi iPhone, lanjut Greg, mengubah apa yang konsumen harapkan dari smartphone.

“Integrasi yang erat dari perangkat lunak dan keras meningkatkan kemampuan fotografi. Misal saja, perluasan fitur Night Mode dan dukungan video HDR dengan Dolby Vision,” terangnya.

Empat varian iPhone 12 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Semua varian hadir dalam desain casing hp premium dan telah bisa didapatkan di berbagai distributor resmi, baik online maupun offline.

Pre-order iPhone 12 dan iPhone 12 Pro akan dimulai pada 16 Oktober 2020 dan akan dijual secara resmi pada 23 Oktober 2020. Sementara, pre-order iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max akan dimulai pada 6 November 2020 dan dijual secara resmi pada 13 November 2020.

Tanpa charger dan Airpods

Produk iPhone 12 hadir tanpa charger dan AirPods dalam paket penjualan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan yang dihasilkan oleh ponsel tersebut. Sebagai gantinya, konsumen akan mendapatkan kabel USB-C ke Lightning.

Tak hanya di iPhone 12, Apple juga tidak akan menyediakan charger dan AirPods dari paket penjualan iPhone model lain ke depannya.

“Untuk pertama kalinya, model iPhone 12 Pro akan menggunakan 100 persen elemen daur ulang di semua magnet. Elemen itu di antaranya adalah kamera baru, Taptic Engine, MagSafe, serta aksesori MagSafe Apple,” imbuh Greg.

Greg menambahkan, tanpa charger dan AirPods dalam paket penjualan iPhone, Apple dapat mengepas produk menjadi lebih kecil dan ringan.

“Secara keseluruhan, perubahan ini akan mengurangi lebih dari dua juta metrik ton emisi karbon setiap tahun. Angka itu setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun.” jelasnya.