Advertorial

Tak Hanya Kebutuhan Bayi, Ibu Juga Harus Siapkan Keempat Barang Ini Jelang Lahiran

Kompas.com - 16/10/2020, 13:47 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi ibu hamil.

KOMPAS.com – Mendekati hari perkiraan lahir, biasanya seorang calon ibu sibuk menyiapkan kebutuhan untuk bayi. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, boks bayi, hingga stroller menjadi barang yang ada dalam daftar belanjaan.

Biasanya, barang-barang tersebut sudah disiapkan para calon ibu sejak jauh-jauh hari agar menjelang hari kelahiran si kecil sudah tidak sibuk berbelanja.

Namun, banyak ibu yang melupakan bahwa selain perlengkapan untuk bayinya, ada beberapa keperluan yang harus disiapkan untuk dirinya sendiri. Apa saja? Berikut daftarnya.

  1. Jamu melahirkan
    Bagi sebagian kalangan, meminum jamu setelah melahirkan menjadi kewajiban. Pasalnya, kandungan rempah-rempah tradisional di dalam jamu mampu mengembalikan stamina sang ibu.

    Setelah proses persalinan, biasanya ibu mengalami kelelahan karena otot yang masih tegang. Ditambah lagi dengan harus segera merawat si kecil. Dengan meminum jamu, ibu akan merasa lebih rileks karena badan kembali bugar.

    Selain itu, jamu tradisional juga memiliki sejumlah khasiat, seperti mengencangkan otot, menyembuhkan luka jahitan pasca-melahirkan, mengembalikan ukuran rahim, memperlancar air susu ibu (ASI), melancarkan darah nifas, dan dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

    Saat ini, paket jamu melahirkan yang terdiri dari jamu bersalin dalam bentuk kapsul atau bubuk dilengkapi dengan tapel dan parem sudah banyak di pasaran. Dengan begitu, ibu tidak perlu repot membuat jamu melahirkan.

    Namun, sebelum mengonsumsi jamu ada baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Bra menyusui
    Usai melahirkan setiap ibu tentunya ingin memberikan air susu ibu (ASI) secara eksklusif. Selain kondisi kesehatan yang baik dan perasaan hati yang senang, kenyamanan menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan mewujudkan keinginan tersebut.

    Demi mendukung kenyamanan, ibu butuh bra yang nyaman dan khusus dibuat untuk kebutuhan ibu menyusui.

    Bra menyusui berbeda dengan bra pada umumnya, bra menyusui memiliki cup yang mudah dibuka tutup tanpa perlu melepasnya. Dengan begitu, ibu tidak perlu repot saat hendak menyusui si kecil.

    Pilihlah bra dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik dan tidak menyebabkan payudara menjadi lembap. Sebab, ibu harus menjaga kebersihan payudara saat menyusui .

  1. Pompa ASI
    Kebutuhan selanjutnya yang sering terlupakan oleh para calon ibu adalah pompa ASI. Biasanya kebutuhan ini tak terpikirkan oleh ibu yang tidak bekerja.

    Mereka kira, pompa ASI hanya diperlukan oleh ibu bekerja yang ingin menyiapkan stok ASI ketika bayi ditinggal. Sementara itu, ibu tidak bekerja bisa menyusui si kecil secara langsung.

    Padahal, pompa ASI punya manfaat lebih dari itu. Alat ini bisa membantu ibu melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

    Selain itu, tak semua bayi bisa melakukan pelekatan dengan benar di masa awal menyusui. Dengan rutin memompa ASI, sesekali ibu di rumah pun bisa memberikan ASI lewat media yang lain seperti cup feeder dan pipet.

  1. Pakaian ramah ibu menyusui
    Agar lebih mudah beraktivitas selama menyusui, ibu membutuhkan pakaian dengan akses menyusui yang mudah.

    Sama seperti bra menyusui, biasanya pakaian yang ramah untuk ibu menyusui memiliki bukaan tersembunyi yang dapat disibak dengan mudah saat akan menyusui.

    Selain itu, ibu juga bisa memilih baju tidur berupa daster dengan kancing atau ritsleting yang cukup lebar agar memudahkan ibu menyusui di malam hari.

Keempat kebutuhan ibu jelang melahirkan di atas bisa dibeli melalui Tokopedia. Apalagi sekarang sedang ada Promo Kejar Diskon yang memberikan diskon besar-besaran untuk beragam kategori, termasuk ibu dan bayi.

Selama masa pandemi ini, ibu hamil juga disarankan untuk berbelanja dari rumah demi keamanan dan kesehatannya. Nah, dengan adanya Promo Flash Sale di Tokopedia, ibu bisa mendapatkan barang dengan harga yang paling murah pada jam-jam tertentu tanpa perlu keluar dari rumah.

Serunya lagi, kalau belanja di e-commerce nomor satu di Indonesia ini, ibu akan mendapatkan gratis ongkir dari seluruh Indonesia. Jadi, sudah mendapat harga diskon, ibu tak perlu bayar ongkos kirimnya.

Nah, tunggu apalagi? Segera beli kebutuhan melahirkan ibu di Tokopedia.