Advertorial

Susah Tidur di Malam Hari? Coba Lengkapi Kamarmu dengan Barang-barang Ini

Kompas.com - 19/10/2020, 15:47 WIB
Ilustrasi sulit tidur di malam hari (Dok. SHUTTERSTOCK/SAM WORDLEY) Ilustrasi sulit tidur di malam hari

 

KOMPAS.com – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang memiliki peran penting. Melalui tidur, tubuh dapat beristirahat dan mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Sayangnya, tidak semua orang bisa tertidur lelap setiap hari, bahkan setelah menjalani hari yang melelahkan. Padahal, tidur nyenyak dalam waktu yang cukup dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Bagi kamu yang sering mengalami sulit tidur di malam hari, berikut Kompas.com telah merangkum beberapa barang yang bisa membantu kamu lebih mudah tidur.

  1. Sprei nyaman

Sprei dapat memengaruhi tingkat kenyamanan saat tidur. Sebab, benda yang satu ini langsung bersentuhan dengan tubuh dan kulit.

Ketika merasa nyaman, kamu bisa lebih mudah tertidur. Karena itu, sebaiknya jangan terburu-buru dan asal memilih sprei untuk tempat tidur.

Bagi kamu yang tinggal di tempat yang lembap dan panas, pilihlah sprei berbahan katun atau linen. Kedua bahan ini cukup lembut dan memberikan efek sejuk saat digunakan.

Bila tinggal di tempat dengan udara sejuk, sprei berbahan rayon bisa jadi pilihan. Jenis kain ini memberikan efek hangat, tapi tetap lembut dan nyaman ketika digunakan.

  1. Lampu tidur

Saat tidur di malam hari, tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur siklus tidur dengan menjadwalkan waktu tubuh bangun dan tertidur. Namun, tubuh banyak memproduksi hormon ini jika tidur saat kondisi gelap.

Sayangnya, ada orang yang tak nyaman tidur dalam keadaan gelap gulita. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan lampu tidur sebagai sumber penerangan. Lampu tidur punya fungsi pencahayaan berbeda dengan lampu ruangan. Biasanya, cahaya yang dihasilkan lebih redup.

Agar tidur berkualitas, dianjurkan memilih lampu dengan cahaya redup berwarna kekuningan atau merah. Cahaya seperti ini dapat menciptakan suasana hangat dan rileks sehingga kamu bisa lebih mudah tertidur. 

Akan lebih baik jika lampu tidur yang dipilih dapat diatur intensitas kecerahan cahayanya. Dengan begitu, kamu bisa tidur dengan nyaman sementara tubuh tetap dapat memproduksi hormon melatonin.

  1. Perangkat aromaterapi

Aromaterapi dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Melansir websitehealthline.com, aromaterapi memanfaatkan minyak esensial aromatik sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Aromaterapi juga dapat menciptakan suasana hati positif, meningkatkan mood, hingga meningkatkan kualitas tidur. Maka dari itu, tidak ada salahnya menggunakan aromaterapi sebagai pewangi kamar tidur.

Agar lebih mudah tidur, kamu bisa memilih aroma lavender. Aroma ini dapat memberikan efek tenang dan relaksasi, serta meringankan insomnia. Kamu juga bisa memilih aroma chamomile. Aromanya bisa membuat tubuh dan otak lebih santai sehingga lebih mudah untuk beristirahat.

Untuk memakai minyak aromaterapi, kamu bisa memanfaatkan reed diffuser atau diffuser elektrik.

  1. Selimut berat

Ternyata, berat selimut yang digunakan pada saat tidur bisa berpengaruh pada kualitas tidur seseorang, lho. Hal ini karena selimut yang lebih berat dari selimut pada umumnya bisa membuat pemakainya merasa lebih tenang dan memberikan perasaan layaknya pelukan hangat dan nyaman.

Selain itu, melansir tribunnews.com, Selasa (7/7/2020), dengan berbaring atau duduk dengan melingkarkan selimut berat di tubuh sambil bersantai dapat membantu seseorang merasa lebih santai dan tenang.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu bisa memilih selimut dengan bobot 8-12 persen dari berat tubuhmu. Misalnya, kamu yang memiliki berat 50 kilogram (kg) disarankan memakai selimut seberat 4,5 kg.

Itu dia barang-barang yang bisa membantu lebih mudah tidur dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Keempat barang itu bisa kamu dapatkan melalui e-commerce Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia sedang menghadirkan promo Kejar Diskon untuk kamu yang gemar berburu diskon. Setiap hari di program Kejar Diskon, kamu bisa menemukan promo Flash Sale di jam-jam tertentu.

Menariknya, semua produk yang ada di Kejar Diskon Flash Sale dijual dengan harga di bawah Rp 99.000. Selain itu, kamu juga bisa makin hemat karena Tokopedia menawarkan promo Bebas Ongkir hingga Rp 40.000 ke seluruh Indonesia.

Yuk, cek Kejar Diskon Tokopedia sekarang juga dan dapatkan produk-produk yang kamu inginkan dengan harga terbaik.