Advertorial

Huawei IdeaHub, Whiteboard Pintar untuk Ruang Kerja Cerdas di Era Digital

Kompas.com - 19/10/2020, 16:08 WIB
Ilustrasi penggunaan Huawei IdeaHub. (DOK. Huawei) Ilustrasi penggunaan Huawei IdeaHub.

KOMPAS.com – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah menjadi tren sejak pandemi Covid-19 merebak. Sistem kerja ini diperkirakan akan terus berlangsung hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Selama WFH, ruang kerja fisik yang biasa digunakan karyawan untuk berinteraksi telah berubah menjadi ruang kerja virtual. Artinya, mulai dari meeting, seminar, hingga berbagai pertemuan kantor dilaksanakan secara daring.

Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi digital menjadi solusi bagi sebuah organisasi untuk menjalankan bisnis secara virtual di masa pandemi. Dengan teknologi ini, komunikasi internal mengenai distribusi pekerjaan dan kebijakan perusahaan dapat terus berjalan baik.

Untuk mendukung sistem bekerja secara jarak jauh, Huawei secara resmi meluncurkan perangkat pintar seri IdeaHub terbaru. Huawei IdeaHub adalah smartwhiteboard atau papan tulis pintar yang mendukung segala skenario ekosistem ruang kantor cerdas atau smart office.

Huawei menghadirkan perangkat cerdas tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem bekerja kolaborasi jarak jauh suatu perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, Huawei IdeaHub cocok digunakan berbagai institusi di masa pandemi.

Adapun beragam fungsi mutakhir yang telah tersemat di antaranya, kolaborasi multilayar antarperangkat, papan tulis interaktif, kolaborasi presentasi jarak jauh, dan konferensi video. Ragam fungsi ini dibekali dengan kualitas tampilan layar full HD serta telah terintegrasi dengan Huawei AppGallery.

Meski ada beragam produk whiteboard pintar yang telah lebih dulu beredar di pasaran, Huawei IdeaHub memiliki spesifikasi dan kemampuan yang unggul di kelasnya.

Secara lengkap, berikut lima keunggulan di papan tulis pintar terbaru keluaran Huawei ini.

Kualitas video mumpuni

Kualitas video sangat penting untuk berkomunikasi dan berkolaborasi jarak jauh secara virtual. IdeaHub telah mendukung aktivitas tersebut dengan fitur video conference berbasis cloud.

Dengan teknologi tersebut, papan tulis pintar terbaru dari Huawei ini tak memerlukan perangkat keras atau hardware eksternal untuk menghasilkan kualitas video conference full HD beresolusi 1080p 30 fps. Resolusi dan kecepatan frame sebesar ini akan membuat tampilan video sangat jernih dan lancar saat rapat virtual atau webinar.

Selain itu, Anda tak akan lagi mengalami video yang tersendat saat berkomunikasi secara virtual. Hal ini berkat dukungan prosesor i7 quad-core 8-thread pada Huawei IdeaHub. CPU ini akan membuat aktivitas video conference Anda semakin lancar.

Proyektor sekaligus whiteboard

Presentasi materi secara virtual semakin mudah dengan Huawei IdeaHub yang menyediakan lima mode sekaligus, yakni wired, app, projector, NFC, dan reverse control.

Anda pun dapat menemukan lebih banyak mode presentasi dari perangkat ini sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan kerja yang beragam.

Tak hanya kemudahan saat presentasi, whiteboard cerdas ini menawarkan serangkaian teknologi pemutaran video dengan spesifikasi tertinggi di antara pemain lainnya. Hal ini berkat dukungan layar beresolusi 1080p 60 fps dan kemampuan berbagi tampilan layar yang mencengangkan dengan kualitas video 4K ultra-HD.

Untuk memaksimalkan fungsi sebagai papan tulis digital, Huawei membekali IdeaHub dengan layar sentuh yang memiliki sensitivitas tinggi. Saat menulis di papan tulis pintar ini, Anda akan merasa nyaman seperti menulis di atas kertas. Hal ini berkat tingkat latensi layar hingga 35 milliseconds (ms)

Secara keseluruhan, Huawei IdeaHub memiliki keunggulan berupa kemampuan kolaborasi. Jadi, dua orang dapat mempresentasikan materinya secara bersamaan dalam satu whiteboard futuristik ini.

Dengan demikian, jarak tidak lagi menjadi masalah dalam berkolaborasi dan kendala komunikasi tidak terjadi saat WFH.

Berteknologi artificial intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang tersemat dalam server Huawei IdeaHub dirancang untuk membantu Anda menafsirkan data dengan benar.

Berkat teknologi AI tersebut, Huawei menyuguhkan kemampuan kamera cerdas yang dapat melacak dan mengenali wajah Anda.

Kecerdasan buatan itu juga mampu menyeleksi kebisingan sehingga kualitas suara yang dihasilkan bisa jernih. AI bekerja dengan cara memblokir suara bising di area sekitar perangkat menggunakan algoritma eksklusif yang dikembangkan oleh Huawei 2012 Laboratories.

Huawei menyediakan kemampuan full-stack AI yang mencakup semua skenario, mulai dari bottom-layer chips hingga layanan cloud. Teknologi AI akan terus dikembangkan untuk peningkatan kemampuan Huawei IdeaHub di masa mendatang.

Whiteboard pintar ini juga dapat menghubungkan kolaborasi antardepartemen tanpa harus beranjak dari rumah. Didukung dengan Huawei AppGallery yang menyediakan segala aplikasi untuk memudahkan pekerjaan Anda tanpa harus bertemu langsung.

Dengan begitu, Anda dapat menghemat energi dan biaya, serta lebih aman dari paparan virus di luar sana.

Itulah ulasan tentang kemampuan cerdas Huawei IdeaHub dalam memudahkan aktivitas pertemuan dan kolaborasi digital dengan kualitas video unggulan.

Segala kecanggihan teknologi konferensi video itu dibangun berdasarkan pengalaman dan riset Huawei selama bertahun-tahun. Tak heran, meski menjadi pendatang baru di pasar whiteboard pintar, Huawei IdeaHub tetap memiliki kinerja unggul dibandingkan pemain lainnya.

Tak perlu bingung dalam pengaplikasiannya. Anda dapat memasang Huawei IdeaHub di ruang rapat, ruang kerja karyawan, atau ruang kerja di rumah. Pemasangan pun dapat menggunakan sandaran beroda atau ditempelkan di dinding.

Oleh karena itu, peluncuran Huawei IdeaHub bisa dikatakan menjadi awal dari kelahiran model inovasi industri baru yang mengubah ruang kerja tradisional ke digital. Tak salah, apabila perangkat ini menjadi pilihan populer dalam merancang konsep ruang kerja cerdas di era 4.0.

Tertarik memilikinya? Yuk cari tahu informasi selengkapnya terkait Huawei IdeaHub dengan klik di sini.