Advertorial

Genjot Prestasi Atlet, Menpora: Prestasi Itu Harus Didesain Sejak Dini

Kompas.com - 20/10/2020, 00:01 WIB
Dok. Humas Kemenpora Dok. Humas Kemenpora

KOMPAS.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan kegiatan Uji Publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional secara virtual di Jakarta, Senin (19/10/2020).

Agenda tersebut merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo terkait perbaikan sistem keolahragaan nasional dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37.

Pada kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menekankan bahwa pembinaan prestasi olahraga Indonesia tidak bisa instan atau by accident.

“Prestasi itu harus didesain. Membuat ‘pabrik prestasi’ tidak bisa dengan nemu untuk dibina atau by accident, tapi setelah itu tidak ada pelapis-pelapis yang berada di bawahnya," kata Zainudin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Dalam penjelasannya, Zainudin menyebutkan ekosistem keolahragaan juga harus di-review. Tanpa review, maka kelemahan dan kekurangan tidak bisa diketahui.

“Hal yang sudah dijalankan dianggap sudah benar, padahal setelah dilihat dan didiskusikan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), National Olympic Comitee (NOC), dan National Paralympic Comitee (NPC) masih jauh dari prestasi," tambahnya.

Adapun, Grand Design Keolahragaan Nasional memiliki sasaran jangka menengah dan jangka panjang yang akan diwujudkan mulai 2020 hingga 2045. Upaya mewujudkannya dimulai dengan merevitalisasi berbagai jenjang pembinaan dengan dukungan sport science agar pembinaan bisa lebih terukur.

Selain itu, Kemenpora menetapkan program prioritas 2020 hingga 2024 yaitu pembudayaan olahraga dan pembinaan prestasi. Program ini didesain agar prestasi olahraga Indonesia sesuai target.

Menanamkan kecintaan akan olahraga serta menjadikannya sebagai kebiasaan untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat merupakan langkah awal dari pembinaan prestasi tersebut.

“Tanpa itu, jangan harap ada talenta muncul untuk didorong menjadi atlet berprestasi yang membanggakan daerah maupun negara," urainya.

Sejak dini
Di kesempatan sama, Menpora juga menekankan bahwa prestasi harus dibina sejak usia dini atau sekolah dasar (SD). Itulah alasan Kemenpora mencetuskan penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional.

Sebagai informasi, grand design tersebut sedang dalam tahap finalisasi dan uji publik bersama para stakeholders olagraga di Bandung dan dibeberapa tempat lain.

Menpora berharap, uji publik dapat melahirkan rekomendasi untuk melengkapi apa yang selama ini sudah disiapkan.

“Olahraga ini adalah tugas kita bersama, mari kita sukseskan," pesannya.