Advertorial

Kilas Balik Yamaha Musik Indonesia dari Masa ke Masa

Kompas.com - 22/10/2020, 20:42 WIB
Perwakilan Yamaha Jepang, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan Jenderal Polisi Hoegeng Perwakilan Yamaha Jepang, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan Jenderal Polisi Hoegeng

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Yamaha? Nama perusahaan tersebut memang sudah tidak lagi asing di telinga. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa perusahaan asal Negeri Sakura tersebut memiliki peran dalam perkembangan musik di Indonesia. 

Semua bermula dari perwakilan Yamaha yang datang ke Indonesia untuk menemui Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada 1970. Kedatangan perwakilan Yamaha tersebut ingin membicarakan kemungkinan kerja sama popularisasi musik di Indonesia. Sri Sultan kemudian merekomendasikan sebuah nama yaitu Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso.

Pimpinan Polri itu, menurut Sri Sultan, merupakan sosok yang tepat dalam kerja sama pendidikan musik karena memiliki kecintaan dan perhatian terhadap musik.

Akhirnya kerjasama tersebut terwujud dengan berdirinya Yayasan Musik Yamaha pada tahun 1971. Keberadaan yayasan tersebut juga menandai kali pertama hadirnya Yamaha Musik Indonesia berada di Tanah Air.

Yayasan Musik Yamaha kemudian berubah nama menjadi Yayasan Musik Indonesia dan bertahan hingga sekarang. Selama 50 tahun kiprahnya di Indonesia, Yamaha Musik Indonesia telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan musik dan melahirkan banyak musisi kenamaan dari kompetisi yang diadakannya.

Berikut kilas balik perjalanannya dari masa ke masa.

. Kilas Balik Yamaha Musik Indonesia dari Masa ke Masa