Advertorial

Sudah Mulai Aktif Berkegiatan di Luar Rumah, Begini Cara Pastikan Diri Tetap Sehat

Kompas.com - 26/10/2020, 09:43 WIB
Ilustrasi aktivitas di luar rumah selama pandemi. (Shutterstock) Ilustrasi aktivitas di luar rumah selama pandemi.

KOMPAS.com – Sejak masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal diterapkan, beberapa perkantoran dan fasilitas umum sudah mulai kembali beroperasi.

Meski sejumlah protokol dan penyesuaian diberlakukan, sangat wajar jika Anda yang sering beraktivitas di luar rumah merasa khawatir akan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Ketakutan terpapar atau menjadi carrier virus bagi anggota keluarga di rumah pasti dirasakan. 

Pasalnya, kurva penularan Covid-19 di Indonesia belum melandai hingga saat ini. Menurut data dari laman covid.go.id, per Jumat (23/10/2020), kasus positif terinfeksi virus corona di Indonesia berjumlah 381.910. Pertambahan kasus positif dalam 24 jam mencapai 

Sementara itu, penelitian yang dilakukan lembaga-lembaga terkait menemukan cara penularan, klaster, hingga gejala Covid-19 yang semakin beragam. Saat ini klaster penularan Covid-19 juga semakin kecil. Setelah klaster perkantoran, belakangan ditemukan klaster keluarga.

Oleh sebab itu, sementara vaksin yang dapat menciptakan kekebalan tubuh terhadap virus corona masih diuji klinis, pastikan Anda dan anggota keluarga tetap sehat dengan cara-cara sederhana ini.

  1. Mematuhi protokol kesehatan

Saat beraktivitas di luar rumah, kontak fisik dengan orang lain hingga benda-benda yang banyak disentuh orang (high touch) tidak dapat dihindari.

Oleh sebab itu, menerapkan protokol kesehatan mulai dari mengenakan masker sesuai anjuran, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan menjadi sangat krusial.

Gunakan siku atau bahu untuk membuka pintu dan patuhi imbauan untuk tidak terlalu sering atau terlalu lama berada di ruang publik.

Jika mengenakan masker medis sekali pakai, pastikan untuk menggantinya dengan yang baru setiap 4 jam sekali. Sementara, jika mengenakan masker kain, pastikan lapisannya cukup untuk menahan droplet masuk ke saluran pernafasan.

Saat kembali dari beraktivitas di luar rumah, pastikan Anda langsung membersihkan diri dan langsung mencuci pakaian yang dikenakan. Jangan langsung menyapa keluarga.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi seimbang. Artinya, makanan dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam sehari.

Selain itu, konsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat. (alasannya)

Anda juga dianjurkan mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak dapat dipenuhi hanya dari bahan makanan.

  1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, perhatikan juga durasi dan intensitas olahraga.

Olahraga akan efektif jika dilakukan minimal tiga kali seminggu selama 20-30 menit. Lakukan olahraga ringan dan berjenis aerobik seperti senam.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro, olahraga berat justru tidak disarankan untuk dilakukan di masa pandemi.

“Pasca-berolahraga tubuh kita butuh waktu untuk kembali normal dan prosesnya lebih lama dibandingkan kalau kita olahraga ringan. Pada masa pemulihan itu kita menjadi rentan terinfeksi,” ujarnya dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

  1. Mengelola stres

Kondisi pandemi sangat berisiko membuat Anda stres. Sebabnya adalah situasi tidak pasti yang tercipta akibat kondisi ekonomi yang fluktuatif hingga risiko gangguan kesehatan.

Namun, jangan terlarut dengan kondisi tersebut. Mengutip dari situs Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemberitaan yang masif mengenai pandemi berisiko menimbulkan kecemasan. Berkegiatan bersama keluarga di akhir pekan bisa menjadi pengalih.

Selain itu, luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga. Pertajam skill atau lakukan kegiatan yang Anda suka.

  1. Memastikan tubuh selalu dalam kondisi prima

Selain empat cara tersebut, Anda juga bisa merasa lebih aman dengan memastikan tubuh selalu dalam kondisi prima secara medis. Misalnya saja, dengan melakukan general medical checkup (GMC) secara berkala.

GMC merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk memeriksa status kesehatan seseorang.

Melalui rangkaian pemeriksaan tersebut penyakit dengan gejala yang tidak tampak seperti hipertensi, diabetes melitus, kelainan lemak, penyakit darah, hati, ginjal, dan paru-paru juga dapat dideteksi lebih dini.

Seperti diketahui, penyakit-penyakit tersebut juga merupakan komorbid. Orang-orang dengan penyakit-penyakit tersebut lebih berisiko ketika terpapar virus corona.

Anda tidak perlu khawatir soal biaya karena menyambut Hari Kesehatan Nasional, Prodia memberikan keringanan biaya sebesar 20 persen untuk hampir seluruh jenis pemeriksaan. Potongan harga yang merupakan bagian dari program Be Healthy First ini berlaku di seluruh cabang Prodia.

Jika ingin menikmati promo ini Anda dapat melakukan pendaftaran terlebih dulu di behealthyfirst.prodia.co.id. Pendaftaran dapat dilakukan pada 26-31 Oktober 2020. Masukkan data diri dan tanggal pemeriksaan yang diinginkan. Anda dapat memilih tanggal kedatangan di antara 9-30 November 2020.

Setelah data diverifikasi oleh petugas Prodia, Anda akan menerima voucher keringanan biata melalui SMS. Anda hanya perlu datang di tanggal tersebut dan menunjukkan voucher saat pendaftaran ulang di cabang Prodia.

Anda tidak perlu khawatir saat melakukan pemeriksaan di cabang Prodia. Laboratorium dan klinik ini memprioritaskan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan pelanggan serta seluruh karyawannya dengan penerapan Patient and Employee Safety.

Anda juga dapat memanfaatkan layanan e-Prodia untuk melakukan pemesanan, pembayaran dan melihat hasil pemeriksaan secara online.

Prodia juga menyediakan layanan Telekonsultasi melalui video call dengan dokter customer service Prodia. Ada juga layanan Prodia In Your Car yang memungkinkan pengambilan sampel dilakukan secara drive-through dan layanan Home Service.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut silakan hubungi Kontak Prodia 1500 830 atau kunjungi https://prodia.co.id/id.