Advertorial

Semangat Kerja dari Rumah Mulai Kendur? Coba Lakukan 3 Tips Ini

Kompas.com - 27/10/2020, 09:24 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah. (DOK. PIXABAY) Ilustrasi bekerja dari rumah.

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi sebuah anugerah tersendiri karena artinya, mereka tidak perlu lagi berangkat ke kantor dan bermacet-macetan di jalan.

Namun, aktivitas WFH ternyata bisa juga bikin pekerja kelelahan dan kurang produktif. Hal ini biasanya disebabkan oleh kegiatan berulang yang terus-menerus dilakukan dalam waktu lama.

Kompas.com pada Sabtu (2/5/2020) memberitakan, kondisi tersebut kerap dikenal dengan istilah disenchantment. Istilah ini merujuk pada kondisi kehilangan kenikmatan melakukan aktivitas yang berulang, terstandardisasi, dan kurangnya ruang interaksi dengan dunia sosial.

Oleh karena itu, para pekerja yang masih harus bekerja dari rumah hingga waktu yang belum dapat ditentukan perlu melakukan peregangan otot dan otak agak tak semakin terkungkung. Simak ulasan berikut untuk mengetahui aktivitas yang bisa kamu lakukan agar kembali semangat bekerja.

  1. Tidak memaksakan tubuh

Saat bekerja di kantor, jam kerja sudah terstruktur. Mulai dari jam produktif kerja, waktu istirahat, hingga waktu pulang ke rumah. Namun, berbeda halnya jika bekerja dari rumah karena tidak ada waktu kerja yang spesifik.

Alhasil, pembagian waktu kerja jadi tidak teratur dan bahkan mengganggu waktu istirahat dengan bekerja sampai larut malam. Sebaiknya, hindari pola kerja seperti ini. Pasalnya, tubuh dan pikiran memerlukan waktu untuk rehat.

Cara terampuh yang bisa kamu lakukan adalah menentukan jam produktif kerja. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus menyelesaikan tugas pada jam kerja yang telah ditentukan. Saat memasuki jam istirahat, pekerjaan pun sudah selesai dan kamu memiliki waktu untuk me time.

  1. Mendengarkan musik

Ada kalanya, saat bekerja kamu merasakan kebuntuan dalam berpikir. Rasanya, sulit untuk mendapatkan inspirasi dan ide cemerlang. Nah, biasanya kondisi ini hadir ketika otak telah mencapai batasnya.

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, sebaiknya istirahat sejenak dan tidak memaksakan otak terus berpikir. Selagi istirahat, kamu juga bisa menyetel musik yang memberikan ketenangan dan kenyamanan.

Salah satu jenis musik yang bisa kamu dengar adalah musik instrumental. Diberitakan Kompas.com, Selasa (20/10/2020), musik instrumental bisa membuat seseorang lebih fokus dan rileks.

Untuk memudahkan kamu mendengar musik, kamu bisa memanfaatkan smartphone yang memiliki teknologi teranyar, seperti Samsung Galaxy S20 Fan Edition (FE) dengan fitur Bixby Routines Spotify My Headphone.

Dengan fitur tersebut, ponsel secara otomatis akan memutar musik lewat Spotify saat pengguna mengoneksikan headphone ke ponsel. Setelah itu, kamu bisa memilih musik yang ingin didengarkan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur tersebut, kunjungi official storeSamsung Indonesia di Tokopedia. Di sana, kamu juga bisa mencari HP Samsung terbaru sesuai selera.

  1. Tata ulang meja kerja

Duduk dalam waktu lama di tempat yang sama memang membosankan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menata ulang meja kerja agar mendapatkan suasana yang baru.

Cara pertama, kamu bisa mengubah tata letak peralatan kerja atau aksesori yang ada di atas meja. Misalnya, jika biasanya vas bunga berada di sisi kanan meja, pindahkan ke sisi kiri. Dengan perubahan ini, pemandangan meja kerja akan terlihat lebih fresh.

Cara kedua, kamu juga bisa memindahkan posisi meja kerja. Sebaiknya, tempatkan meja kerja dekat dengan jendela agar mendapatkan sirkulasi udara lebih baik. Bonusnya, kamu akan mendapatkan sorotan sinar mentari di pagi hari jika kamar kamu menghadap ke arah timur.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, semoga kamu mendapatkan suntikan energi baru untuk siap kembali bekerja.