Advertorial

Rahasia Tetap Cantik meski Enggak Bisa Facial di Klinik Kecantikan

Kompas.com - 27/10/2020, 13:16 WIB
Ilustrasi melakukan facial dari rumah dengan produk-produk perawatan kulit dari Tokopedia (Dok. iStock/staticnak1983) Ilustrasi melakukan facial dari rumah dengan produk-produk perawatan kulit dari Tokopedia

KOMPAS.com – Praktik facial di klinik kecantikan merupakan salah satu prosedur perawatan kulit wajah yang jamak dipilih oleh para wanita. Pasalnya, treatment ini merangkum proses yang terbilang lengkap, mulai dari pembersihan, relaksasi, hingga perawatan.

Selain itu, facial juga memberikan manfaat yang beragam jika dilakukan secara rutin, di antaranya kulit wajah jadi sehat, lembap, dan cerah. Bahkan, dengan tambahan treatment lain bisa menghasilkan efek meremajakan kulit.

Sayangnya, bepergian ke luar rumah menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan di masa pandemi ini. Termasuk pergi ke klinik kecantikan.

Solusinya, kamu bisa ikuti tips berikut sebagai langkah perawatan wajah sementara sehingga kamu tetap bisa tampil cantik meski tak bisa facial di klinik. 

Bersihkan wajah secara menyeluruh

Meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti wajah kamu terbebas dari kotoran seperti debu dan minyak.

Nah, langkah pertama perawatan facial di rumah adalah dengan membersihkan wajah secara menyeluruh alias double cleansing, yakni menggunakan susu pembersih, lalu dilanjutkan dengan mencuci muka pakai sabun.

Untuk urusan mencuci wajah sehari-hari di luar perawatan facial, proses ini setidaknya perlu dua kali sehari, yakni setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

Lanjut eksfoliasi

Tujuan eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan jerawat yang tidak bisa terangkat hanya dengan mencuci wajah dengan sabun.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan alat khusus eksfoliator seperti yang ada di klinik kecantikan atau lewat bantuan produk scrub wajah.

Cara kedua terbilang praktis karena produk scrub wajah kini telah banyak dijual di pasaran. Selain itu, cara pengaplikasian pun simpel. Kamu tinggal gosokkan scrub secara memutar dari atas ke bawah.

Utamakan bagian dahi, hidung, dan dagu karena area tersebut cenderung berminyak sehingga menjadi sarang komedo.

Nutrisi kulit dengan masker

Baik di klinik maupun di rumah, pengaplikasian masker wajah menjadi salah satu tahap facial yang tak boleh dilewatkan. Sebab, proses ini merupakan langkah untuk menutrisi kulit agar terlihat sehat.

Sama seperti scrub, ada banyak produk masker wajah yang bisa kamu temukan di pasaran. Namun perlu diingat, pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Misalnya, saat kondisi kulit kamu berminyak dan tampak kusam, carilah produk masker yang sesuai jenis kulit tersebut dengan kandungan pencerah di dalamnya.

Segarkan kulit dengan toner

Tak sedikit pakar kulit dan kecantikan yang menyarankan agar toner dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan wajah dasar sehari-hari. 

Pasalnya, produk tersebut punya beragam fungsi, di antaranya mengoptimalkan kebersihan dan mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah yang hilang akibat sabun.

Selain fungsi itu, penggunaan toner juga dapat membuat penyerapan produk perawatan wajah lainnya menjadi lebih optimal.

Optimalkan dengan serum

Serum mengandung konsentrat bahan aktif dengan persentase lebih tinggi dibandingkan produk perawatan wajah lainnya. Karenanya, pakar kecantikan kerap merekomendasikan serum ke dalam rangkaian perawatan kulit wajah sehari-hari agar hasilnya makin optimal.

Serum umumnya digunakan setelah toner, saat kulit wajah masih dalam keadaan lembap. Agar meresap sempurna ke dalam kulit, aplikasikan serum dengan cara ditepuk-tepuk pelan menggunakan telapak tangan, bukan jari tangan.

Lembapkan kulit

Seperti diketahui, busa sabun menghilangkan minyak alami kulit. Karena itu, kamu perlu pelembap untuk mengembalikan kelembapan alami kulit. Tanpa produk ini, kulit akan menjadi kering, terlihat kusam, dan berisiko mengalami peradangan.

Meski diperlukan, penggunaan pelembap mesti disesuaikan dengan jenis kulit muka. Bila kulit wajah kamu berminyak, pilihlah pelembap berbahan dasar air dan bebas kandungan minyak agar pori-pori tidak tersumbat.

Nah, untuk mendapatkan produk-produk perawatan kulit wajah, kamu bisa temukan e-commerce seperti Tokopedia.

Bagi kamu yang punya concern terhadap produk kecantikan halal, Tokopedia punya kanal khusus itu, yakni Tokopedia Salam.

Tak hanya menjual produk penunjang kecantikan, kanal itu juga menyediakan perlengkapan ibadah, fashion muslim, perawatan tubuh, makanan halal, produk kesehatan halal, dan berbagai produk halal lainnya.

Bahkan, untuk urusan zakat, donasi, reksadana dan investasi halal, kamu pun bisa temukan di Tokopedia Salam.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi produk perawatan kulitmu di Tokopedia biar tetap cantik selama pandemi.