Advertorial

Sering Isi daya Smartphone dengan Car Charger Aman, Asal...

Kompas.com - 28/10/2020, 16:00 WIB
car charger HIPPO Elite SV-1 (Dok. Shutterstock) car charger HIPPO Elite SV-1

KOMPAS.com - Saat ini kehabisan daya smartphone ketika berkendara bukan lagi masalah besar. Mengisi daya dengan car charger dapat dijadikan solusi.

Terlebih, saat ini banyak pilihan car charger tersedia di pasaran, mulai dari yang harganya murah sampai yang mahal.

Namun, cara ini seringkali dituding sebagai penyebab cepat rusaknya baterai smartphone. Padahal, car charger tidak sepenuhnya menjadi penyebab terjadinya kerusakan.

Asalkan dilakukan dengan aman dan baterai smartphone dirawat, kerusakan tidak akan terjadi. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphone awet meski sering diisi dayanya dengan car charger

Jangan letakkan di bawah sinar matahari

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjauhkan smartphone dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebih. Hal ini dikarenakan kondisi smartphone ataupun charger yang panas dapat merusak komponennya.

Jika mendapati smartphone dan charger panas saat sedang mengisi daya, sebaiknya kamu langsung mencabutnya dari sumber listrik dan diamkan beberapa saat. Hal ini juga berlaku ketika kamu mengisi daya dengan travelcharger dan powerbank.

Jangan gunakan smartphone saat mengisi daya

Jika kamu ingin menggunakan smartphone ketika sedang diisi dayanya memakai car charger, lebih baik urungkan niat tersebut. Sebab, menggunakan smartphone ketika dayanya sedang diisi, bisa merusak baterai dan komponen di dalam smartphonelho. Ini tidak hanya berlaku untuk pengisian daya di dalam mobil, tapi juga dari sumber listrik di dalam rumah.

Gunakan car charger yang memiliki proteksi

Jangan asal membeli car charger. Pilihlah car charger yang memiliki berbagai macam proteksi agar pengisian daya smartphone semakin aman. Banyak tipe proteksi yang bisa kamu dapatkan, seperti overheat protection, over charge protection, over discharge protection, dan lainnya.

Gunakan car charger berkualitas

Jika kamu memang sering menggunakan car charger untuk mengisi daya smartphone, alangkah baiknya kamu menggunakan car charger berkualitas. Salah satunya, car charger HIPPO Elite SV-1.

SV-1 juga mendukung berbagai modul pengisian daya cepat, seperti Quick Charge 3.0, Power Delivery, VOOC, FCP, SPC, dan lainnya. Total output daya dari SV-1 sendiri adalah 42W sehingga daya smartphone kamu dapat terisi penuh dalam waktu singkat.

SV-1 memiliki enam tipe proteksi yang membuat smartphone kamu tetap aman ketika diisi dayanya di dalam mobil, seperti overcharge, over discharge, over current, over voltage, over power, dan overheat. Menarik bukan? Gunakan car charger SV-1 untuk kepraktisan dan keamanan pengisian daya smartphone saat berkendara menggunakan mobil.