Advertorial

Toko Hypebeast dan Lifestyle Six6street Kini Gencar Pasarkan Fesyen Produk Lokal

Kompas.com - 28/10/2020, 18:36 WIB
Salah satu koleksi fesyen streetwear Six6Street (Dok. Six6Street) Salah satu koleksi fesyen streetwear Six6Street (Dok. Six6Street)

KOMPAS.com – Dunia fesyen tak pernah sepi dengan tren-tren baru. Salah satunya, streetwear style yang kembali populer dalam beberapa tahun ini.

Fenomena itu terjadi bukan tanpa sebab. Pengadaptasian streetwear style oleh sejumlah industri fesyen kelas dunia membuat gaya berpakaian tersebut kembali digandrungi banyak kalangan.

Padahal, streetwear fashion alias “fesyen jalanan” dulunya hanya populer di tengah skena pecinta skate atau penggemar musik hip-hop. Tepatnya, di era 1980-an hingga 1990-an.

Di Indonesia sendiri, penyuka streetwear style pun tak bisa dibilang sedikit. Hal ini dikarenakan produsen-produsen pakaian lokal atau local brand juga ikut meramaikan fenomena streetwear style tersebut. Salah satunya, Six6Street.

Manager Six6Street Edo mengatakan, kini banyak produk lokal yang bagus dan sudah menembus pasar internasional, seperti Jepang, Vietnam, Singapura, dan berbagai negara lainnya. Masyarakat pun lebih bisa mengapresiasi produk-produk tersebut.

"Local brand memang sedang banyak diminati masyarakat saat ini. Apalagi, kampanye penggunaan produk lokal juga sangat gencar digaungkan oleh pemerintah maupun komunitas di Jakarta," kata Edo, dilansir dari Tribunnews, Kamis (22/10/2020).

Six6Street merupakan toko fesyen asal Kota Medan yang menjual koleksi busana hypebeast dan penunjang gaya hidup mewah, baik itu dari produk lokal maupun merek luar negeri. Usaha yang berawal dari online dan berdiri sejak 2016 tersebut memiliki toko fisik yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda.

Untuk target pasar, Six6Street menyasar semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua yang menyukai fesyen luxury brand.

“Dari dulu kan kalau kita mau beli produk high brand, apalagi yang sedang ngetrend harus pesan via online atau dengan jasa titip (jastip). Sekarang enggak perlu lagi, di Medan sudah ada dan lengkap, serta bisa dikirim ke seluruh Indonesia," imbuh Edo.

Six6Street sebagai salah satu toko yang memasarkan sepatu sneakers Ventela Sang Sekerta Lohita. (Dok. Six6Street) Six6Street sebagai salah satu toko yang memasarkan sepatu sneakers Ventela Sang Sekerta Lohita. (Dok. Six6Street)

Komitmen memasarkan produk lokal

Tak hanya menyediakan produk fesyen local brand dan merek luar negeri, koleksi fesyen yang dijual Six6Street pun beragam, mulai dari t-shirt, celana, jaket, sepatu, hingga aksesori busana lainnya. Namun, sneakers merek Ventela menjadi salah satu produk yang tengah gencar dipasarkan saat ini.

Terkait Ventela, Edo mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus fokus untuk memasarkan produk lokal ini agar bisa bersaing dengan produk lainnya. Khususnya, Ventela Sang Sekerta Lohita yang diluncurkan awal Oktober 2020 dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional.

Sneakers bermotif batik tersebut merupakan hasil kolaborasi Ventela dengan Nevertoolavish dan Yang Ayam yang merupakan usaha kuliner putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Keunikan Ventela Sang Sekerta Lohita terletak pada motif batik yang hanya bisa terlihat jika sisi kanan atau kirinya sobek.

Karena itu, ada pengguna yang memang sengaja merobek agar motif batiknya muncul. Namun, ada pula yang dengan sabar menanti sisi sneakers itu sobek dengan sendirinya.

Tak hanya itu, sisi unik Ventela Sang Sekerta Lohita juga bisa dilihat dari kotak pembungkusnya. Dalam kotak terdapat narasi ungkapan yang menggambarkan suasana kebatinan anak zaman sekarang.

Pemilik merek Nevertoolavish Dondi Haudy mengatakan, sneakers Ventela Sang Sekerta Lohita hanya diproduksi sebanyak 6.000 pasang di Indonesia. Sepatu ini dijual dengan harga Rp 479.000 untuk tipe short dan Rp 498.000 untuk tipe high.

Khusus di Medan, Six6street menjadi salah satu store yang menjual produk tersebut dan hanya dipasok sebanyak 40 pasang.   

“Setiap sepatu yang laku, keuntungannya kami sisihkan untuk satu porsi ayam yang akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Itu bentuk corporate social responsibility (CSR) kami. Kolaborasi kami dengan Yang Ayam atau dengan Mas Kaesang banyak menciptakan ide-ide unik," terang Dondi.

Keunikan sneakers Ventela Sang Sekerta Lohita diakui oleh menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution. Bahkan, Bobby mengungkapkan kekagumannya pada produk tersebut.

"Ini keren, sebuah produk sepatu yang tercipta dengan konsep kolaborasi. Anak muda Medan, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Medan harus bisa meniru ini. Semangat kolaborasi untuk ciptakan hasil yang keren layak diapresiasi. Saya optimistis anak Medan pasti bisa," ujar Bobby.

Bagi kamu yang tertarik dengan rilisan Ventela Sang Sekerta Lohita atau produk lokal maupun merek luar negeri, seperti Champion, Ripndip, Supreme, dan Air Jordan, silakan kunjungi toko Six6street atau pesan via online lewat akun Instagram @six6street.