Advertorial

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikmati Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 28/10/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi mempersiapkan liburan akhir tahun (Dok. SHUTTERSTOCK/kitzcorner) Ilustrasi mempersiapkan liburan akhir tahun (Dok. SHUTTERSTOCK/kitzcorner)

KOMPAS.com – Pemerintah secara resmi menggeser cuti bersama hari raya Idul Fitri yang seharusnya jatuh pada Mei 2020 ke akhir 2020.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, Selasa (18/8/2020).

Dengan keputusan tersebut, total empat hari cuti bersama Idul Fitri 2020 resmi digabung dengan cuti bersama dan libur hari raya Natal pada 24 dan 25 Desember dan Tahun Baru 1 Januari.

Alhasil, ASN bisa menikmati liburan selama 11 hari sejak 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

Cuti bersama itu bisa dimanfaatkan sebagai momen liburan. Namun, perlu diingat, meski berlibur diperbolehkan, kamu harus tetap waspada karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Karena itu, sebelum pergi berlibur di akhir tahun nanti, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar momen liburan tetap aman dan mengasyikkan. Berikut ulasannya.

1. Menentukan destinasi wisata yang aman

Hal pertama yang harus dilakukan saat merencanakan libur akhir tahun adalah memilih destinasi wisata. Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, faktor keamanan menjadi salah satu aspek yang patut dipertimbangkan.

Ada baiknya, kamu memilih destinasi wisata yang berada di wilayah zona hijau untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19.

Destinasi wisata dengan alam terbuka juga cocok untuk dijadikan pilihan di masa new normal karena lazimnya memiliki ruang gerak lebih luas sehingga bisa meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain.

2. Riset tentang aturan yang diterapkan destinasi wisata

Setelah menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi, langkah selanjutnya adalah mempelajari aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh pengelola destinasi wisata di masa pandemi.

Contohnya, protokol kesehatan apa saja yang diterapkan, syarat yang harus dipenuhi calon wisatawan, cara membeli tiket masuk, jam operasional, kapasitas pengunjung, hingga hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

3. Siapkan peralatan kebersihan dan kesehatan

Pastikan untuk menyiapkan dan membawa peralatan kebersihan dan kesehatan selama liburan. Mulai dari menyiapkan banyak masker, tisu basah dan kering, sabun cair untuk cuci tangan, hand sanitizer, vitamin, obat-obatan pribadi, cairan disinfektan, hingga termometer tubuh.

Agar lebih aman, sebaiknya kamu juga membawa berbagai peralatan pribadi sendiri, seperti peralatan makan, handuk, dan perlengkapan ibadah.

4. Pastikan tubuh sehat sebelum hari keberangkatan

Sehat adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum pergi liburan. Karena itu, beberapa hari sebelum berangkat liburan, tidak ada salahnya memastikan diri kamu benar-benar sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain agar liburan kamu tetap menyenangkan, memastikan kesehatan tubuh juga penting demi keamanan dan kenyamanan orang lain di destinasi wisata tujuan.

Jangan sampai, kamu menjadi perantara penularan penyakit kepada masyarakat lokal atau orang-orang di sekitar destinasi wisata.

5. Booking tiket dan hotel secara online

Ketika destinasi wisata sudah ditentukan dan semua persiapan lain telah dilakukan, jangan lupa untuk membeli atau memesan tiket transportasi dan hotel sebelum hari keberangkatan. Selain itu, disarankan untuk melakukan pemesanan secara online untuk menghindari antrean dan kontak langsung dengan banyak orang.

Untuk tiket transportasi, kamu bisa memesannya 2-3 minggu sebelum tanggal keberangkatan secara online lewat website-website resmi. Begitupun tempat menginap, pesanlah beberapa minggu sebelum liburan.

Misalnya, kamu berencana untuk menghabiskan cuti bersama akhir tahun dengan menikmati suasana Yogyakarta. Beberapa minggu sebelum berangkat, kamu bisa mencari rekomendasi hotel di Jogja yang sesuai dengan budget dan rencana liburan.

Buat yang bingung menentukan hotel yang cocok, kamu bisa pesan hotel di Jogja lewat Tokopedia. Dengan melakukan booking hotel online di Tokopedia, kamu bisa membandingkan berbagai hotel sesuai budget, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan.

Tak hanya itu, ada juga ulasan-ulasan tepercaya dari tamu-tamu sebelumnya yang bisa membantu kamu dalam memilih hotel yang paling pas.

Keuntungan lainnya, harga hotel yang tercantum merupakan harga akhir yang sudah termasuk biaya pajak. Kamu pun tidak perlu khawatir kehabisan kamar saat check-in karena kamar yang dipesan dipastikan aman hingga hari H.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera rencanakan liburan dan booking hotel pilihanmu di Tokopedia.