Advertorial

Mandalika Racing Team Indonesia Batal Launching, Ini Klarifikasi Kemenpora

Kompas.com - 28/10/2020, 19:35 WIB
Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack) Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack)

KOMPAS.com - Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia sempat dikabarkan akan melakukan peluncuran tim di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Namun, peluncuran ini harus dibatalkan karena belum mendapat izin dari pihak Kemenpora. 

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/10/2020), Kemenpora menekankan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya rencana penyelenggaraan ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada akhir 2021. 

Selain menjadi ajang olahraga internasional yang dinantikan kehadirannya di Indonesia, MotoGP 2021 Mandalika juga didukung oleh banyak lembaga. Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Kemenpora terkait rencana tersebut. 

Maka dari itu, pihak Kemenpora menyampaikan beberapa poin klarifikasi terkait batalnya rencana peluncuran MRT Indonesia di lingkungan kantornya. 

1. Tak ingin lampaui wewenang

Kemenpora menyampaikan bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Jika mengizinkan acara peluncuran tersebut, dikhawatirkan Kemenpora melampaui kewenangan Kemenparekraf. 

2. Buka kesempatan

Sebagai penanggung jawab bidang keolahragaan, Kemenpora membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pebalap untuk MotoGP 2021 Mandalika. 

Namun, masyarakat yang ingin berpartisipasi harus berkoordinasi dengan pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor maupun sepeda motor di Indonesia. 

3. Kewenangan lisensi

Kemenpora menyampaikan bahwa pihak yang memiliki kewenangan dan memberikan lisensi bagi penyelenggaraan MotoGP 2021 Mandalika adalah Dorna Sports. Sebab, perusahaan itu memiliki hak komersial dan penyiaran event secara penuh. 

4. Hanya berkoordinasi dengan induk organisasi 

Kemenpora hanya melakukan koordinasi dengan induk organisasi cabang olahraga, bukan dengan pribadi atau klub olahraga tertentu. Hal ini pun berlaku untuk seluruh cabang olahraga. 

Maka dari itu, koordinasi terkait kesiapan pebalap dapat langsung dilakukan dengan pihak IMI selaku induk organisasi. 

Kemenpora juga menyampaikan bahwa poin-poin klarifikasi perlu disampaikan karena beredar kabar di berbagai media bahwa pihaknya telah menyetujui jumpa pers atau peluncuran tim MRT Indonesia di kantor Kemenpora. 

Kemenpora mengakui, Sekretaris Menteri Olahraga dan Pemuda (Sesmenpora) sempat kedatangan pihak MRT Indonesia yang ingin menyampaikan rencana jumpa pers tersebut. Setelah dikonfirmasi ke beberapa pihak, ada beberapa hal terkait dengan poin-poin di atas yang belum terpenuhi. 

Oleh karena itu, Kemenpora belum dapat mengizinkan penyelenggaraan jumpa pers di lingkungan kantornya. 

Meski demikian, pihak Kemenpora mengaku tidak keberatan jika acara jumpa pers MRT Indonesia diselenggarakan di tempat lain. 

Selain itu, Menteri Olahraga dan Pemuda (Menpora) Zainudin Amali juga tidak diagendakan untuk hadir untuk di acara tersebut. Sebab, Menpora telah mengagendakan kehadirannya di acara puncak Hari Sumpah Pemuda ke-92.