Advertorial

Buka PPN 2020, Menpora Sampaikan Dua Pesan Penting untuk Para Pemuda

Kompas.com - 29/10/2020, 21:09 WIB
Menpora Zainudin Amali membuka Pekan Pemuda Nasional 2020 secara virtual dari Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat. (DOK. Kemenpora) Menpora Zainudin Amali membuka Pekan Pemuda Nasional 2020 secara virtual dari Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat.

KOMPAS.com – Tahun ini, untuk pertama kalinya Pekan Pemuda Nasional (PPN) diselenggarakan secara virtual. Rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Rabu (28/10/2020).

Pada kesempatan tersebut Menpora menyampaikan dua pesan bagi para pemuda. Menurutnya, pandemi Covid-19 harus dijadikan momentum untuk membangkitkan kembali semangat para pemuda dari seluruh Indonesia yang mengikrarkan Sumpah Pemuda pada 92 tahun silam.

Untuk itu ia berpesan, semangat persatuan harus didengungkan oleh para pemuda. Terlebih, saat ini seluruh elemen bangsa, termasuk pemuda, harus ikut bahu-membahu membantu Indonesia bangkit dari situasi pandemi.

“Bersatu berarti kita bekerja sama secara gotong-royong, mengedepankan kesamaan bukan mendorong perbedaan. Kita bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19 dan menyongsong Indonesia yang lebih maju, baik, dan sejahtera,” ujarnya dalam sambutan menurut keterangan tertulis yang diterima, Kamis (29/10/2020).

Ia juga mengimbau agar para pemuda dapat mengadopsi teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan masif. Hal ini mengingat era globalisasi telah berada di depan mata.

Meski demikian, ia melanjutkan, pemanfaatan teknologi informasi (TI) pun harus dilakukan dengan bijak. Tujuannya agar teknologi memberi nilai positif dan menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan daya inovasi pemuda sebagai pewaris masa depan bangsa.

“Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) harus seiring dengan keimanan dan ketakwaan. Kemajuan TI harus disikapi dengan bijak. Hal-hal yang diketahui per menit bahkan per detik (juga) harus dipilah mana yang positif maupun yang negatif," ujarnya.

PPN 2020 diselenggarakan pada 28 Oktober 2020 hingga 3 November 2020 secara virtual. Rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ini digawangi oleh Pengurus Nasional Perkumpulan Pemuda Indonesia (PN PPI).

PPN 2020 akan diisi dengan perlombaan 13 cabang kreativitas pemuda (Cakerda), meliputi bidang seni dan budaya, kreativitas, serta teknologi dan informasi.

Adapun beberapa perlombaan yang diselenggarakan adalah menyanyi, dance, stand up comedy, DJ, nasyid, beat box, baris-berbaris, drone, serta debat dan pidato.