Advertorial

Boros Karena Jajan di Luar Terus? Berikut Tips Makan Murah Tanpa Ribet

Kompas.com - 31/10/2020, 01:42 WIB
Ilustrasi orang sedang menumis (Dok. Shutterstock) Ilustrasi orang sedang menumis (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com – Anggapan bahwa beraktivitas di rumah saja membuat pengeluaran lebih irit tampaknya tidak berlaku untuk semua orang. Tidak sedikit orang menjadi lebih boros meski aktivitasnya lebih banyak di dalam rumah.  

Salah satu penyebabnya adalah jajan makanan berlebihan demi mengusir kebosanan atau menghibur diri. Kebiasaan ini dilakukan hampir tiap hari sehingga tanpa disadari gaji pun menguap tanpa bekas dengan lebih cepat. 

Bila kamu termasuk seseorang yang memiliki masalah demikian, kamu bisa mencoba memasak sendiri hidangan-hidangan yang istimewa di rumah.    

Dengan memasak sendiri, kamu dapat berhemat dan mengalokasikan penghasilan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, seperti menabung atau berinvestasi.   

Namun, bagaimana jika skill masak belum mumpuni dan malas melalui proses memasak yang ribet? Tenang saja, berikut beberapa tips memasak praktis juga cepat untuk kamu yang memiliki kemampuan memasak minimalis dan ogah repot.  

1. Beli alat masak canggih dan multifungsi

Dahulu, jika ingin memasak dibutuhkan berbagai macam alat untuk keperluan yang berbeda-beda. Memasak nasi harus menggunakan rice cooker, merebus atau mengukus harus mempunyai panci, dan lain sebagainya.  

Sekarang, alat masak telah berkembang dan semakin canggih untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat yang serbacepat dan simpel.  

Contohnya seperti rice cooker 6 in 1. Selain bisa digunakan untuk menanak nasi, rice cooker model tersebut dapat dipakai untuk merebus, mengukus, menumis, hingga menggoreng.  

Hal ini tentu memudahkan kamu untuk memasak hidangan istimewa. Terlebih, saat ini tersedia beragam resep masakan di internet yang hanya memerlukan rice cooker sebagai alat masaknya. 

Jika dihitung-hitung, harga rice cooker canggih itu memang mahal, tetapi dengan investasi besar di awal ini tidak masalah jika dapat membantumu berhemat ke depannya.  

2. Mencari menu yang praktis

Setelah memiliki alat masak multifungsi, langkah selanjutnya adalah mencari resep masakan yang praktis. Kamu bisa berselancar di internet untuk mencari resep yang diinginkan.  

Jika belum terbiasa memasak, lebih baik mencari resep yang mudah terlebih dahulu. Contohnya, menu masakan yang bisa dibuat dari bumbu instan, seperti nasi goreng, sayur sop, dan juga pasta. 

Bila ingin meningkatkan skill dengan memasak menu yang lebih sulit, kamu bisa mencoba memasak tumis-tumisan. Menu tumisan membutuhkan bahan dapur sederhana, seperti minyak, bawang putih, bawang merah, hingga lada. Jika ingin menambah rasa, kamu bisa membeli bermacam saus yang dapat mendongkrak cita rasa masakan. 

3. Beli frozen food atau makanan siap masak 

Jika ingin lebih mudah dan simpel, frozen food dapat menjadi pilihan untuk menghindari jajan di luar. Pasalnya, makanan jenis ini mudah untuk diolah sebagai pelengkap berbagai macam makanan. Contoh frozen food yang umum digunakan sebagai bahan memasak di rumah adalah sosis, bakso, dan nugget.  

Selain frozen food, kamu bisa pula membeli makanan siap masak atau ready to cook. Saat ini, beberapa jenis makanan sudah dijual dalam bentuk makanan siap masak. Makanan tersebut di antaranya, rendang, batagor, hingga gudeg.  

Selain mudah diolah, frozen food dan makanan siap masak dapat disimpan dalam jangka waktu cukup lama di kulkas. Dengan begitu, kamu tidak perlu terburu-buru menghabiskan makanan karena khawatir akan basi. 

Dua jenis makanan tersebut mudah didapatkan melalui platform e-commerce, seperti Tokopedia. Kamu pun tak perlu khawatir soal kualitas dan kehalalan makanan. Sebab, Tokopedia memiliki kategori baru yang menjamin kedua hal tersebut, yakni Tokopedia Salam.  

Kamu juga berkesempatan menikmati promo menarik saat berbelanja makanan halal di kategori tersebut. 

Selain makanan, terdapat berbagai macam produk halal lainnya yang bisa kamu beli, seperti perlengkapan ibadah, perawatan tubuh, hingga alat kecantikan yang semuanya dijamin halal.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo berbelanja berbagai kebutuhan di Tokopedia dan nikmati banyak keuntungan yang tersedia.