Advertorial

Banyak di Rumah Membuat Kuota Cepat Habis? Ikuti Tips Berikut untuk Menghindarinya

Kompas.com - 31/10/2020, 01:49 WIB
Ilustrasi orang sedang bermain smartphone (Dok. Shutterstock) Ilustrasi orang sedang bermain smartphone (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com – Selama situasi pandemi berlangsung, kegiatan masyarakat ditekankan untuk dilakukan di rumah. Mulai dari pekerjaan hingga hiburan, semua dilakukan di rumah dengan menggunakan koneksi internet. 

Terlebih, saat di rumah, internet digunakan dalam banyak hal untuk mengusir kebosanan.

Contohnya seperti menonton film, YouTube, membaca buku, mencari berita, hingga belajar dan mengeksplorasi hobi-hobi baru. 

Namun, hal tersebut tentu membuat frekuensi pemakaian internet meningkat, sehingga kuota menjadi lebih cepat terkuras. 

Pundi-pundi rupiah Anda pun akan tergerus seiring dengan seringnya frekuensi menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, untuk menghindarinya, berikut tips menggunakan internet dengan bijak agar kuota tidak boros. 

1. Atur jam menonton video

Apakah Anda tipe orang yang suka menonton film atau video streaming secara online? Jika iya, sebaiknya mulai atur pemakaian dan jam menonton Anda. 

Karena, video streaming ternyata menyedot banyak sekali kuota. Dilansir dari nextren.grid.id (7/4/2020),  kuota yang dikeluarkan untuk streaming video adalah 300MB hingga 3GB per jamnya, tergantung dari kualitas video yang Anda tonton. 

Semakin tinggi kualitasnya, semakin banyak pula kuota yang terpakai. Oleh karena itu, mengatur jam-jam untuk menonton merupakan cara yang bijak untuk dilakukan agar kuota internet Anda tidak jebol sebelum waktunya. 

Berikan batasan maksimal menonton film dalam sehari yang dapat disesuaikan dengan budget kuota Anda. 

2. Batasi pemakaian media sosial

Selain menonton video, menggunakan media sosial juga merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Pasalnya, media sosial bisa digunakan untuk saling terhubung dengan kerabat dan keluarga tanpa mengenal jarak. 

Namun, karena media sosial juga menggunakan kuota dalam pemakaiannya, hindari pemakaian selama berjam-jam agar kuota tetap irit, kecuali untuk hal-hal yang penting seperti pekerjaan atau tugas sekolah. 

Selain itu, menurut jurnal berjudul A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society (2017) yang dipublikasikan oleh International Journal of Computer Science Engineering mengatakan bahwa media sosial mempunyai efek kecanduan sehingga Anda harus bisa mengatur pemakaian dalam keseharian.   

3. Cari paket kuota yang menarik

Banyak provider yang menawarkan paket kuota internet menarik sehingga Anda bisa memilih mana yang cocok dengan kebiasaan sehari-hari. 

Hal ini bisa berdampak kepada traffic pemakaian kuota Anda karena beragam paket tersebut mempunyai kelebihan sesuai dengan kebutuhkan. 

Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Telkomsel. Paket Internet Telkomsel menawarkan banyak keunggulan seperti free kuota untuk social media chatting bagi yang suka berselancar dan chatting di media sosial, hingga MAXstream untuk Anda yang suka menonton film atau video. 

Selain itu ada juga paket Disney channel yang bisa digunakan untuk menambah hiburan anak saat di rumah maupun di perjalanan. 

Selain melalui aplikasi resmi, beli kuota Telkomsel juga bisa dilakukan di Tokopedia. Cara beli paket internet Telkomsel sangatlah mudah. Cukup masuk ke laman atau aplikasi Tokopedia, pilih paket yang diinginkan, masukan nomor telpon Anda, lalu tinggal melakukan pembayaran melalui mobile banking atau internet banking

Selain kuota terisi, bertransaksi di tokopedia juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan sistem rewards. Jadi, semakin banyak transaksi Anda di Tokopedia, akan meningkatkan level membership dan siap-siap mendapatkan keuntungan seperti bebas ongkir, prioritas live chat, hingga Tokopedia Care.