Advertorial

Port Virtual Run and Ride 2020, Cara Pelindo III Mendorong Gerakan Hidup Sehat Saat Pandemi

Kompas.com - 04/11/2020, 20:37 WIB
PT Pelabuhan Indonesia III Persero menyelenggarakan Port Virtual Run and Ride 2020 (Dok. Pelindo III) PT Pelabuhan Indonesia III Persero menyelenggarakan Port Virtual Run and Ride 2020 (Dok. Pelindo III)

KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-28, PT Pelabuhan Indonesia III Persero (Pelindo III) mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan menggelar kegiatan Port Virtual Run and Ride 2020. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar Pelindo III sejak 2016.

Berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya, Port Virtual Run and Ride 2020 menghadirkan kategori baru, yaitu kategori Ride. Kategori ini dihadirkan untuk memfasilitasi tingginya minat bersepeda di tengah masyarakat belakangan ini.

Uniknya, seluruh kegiatan pun digelar secara virtual. Artinya, seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan ini kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto mengungkapkan, gelaran Port Virtual Run and Bike 2020 itu merupakan wujud berbagi kebahagiaan antara Pelindo III dan masyarakat dalam memperingati ulang tahun perusahaan.

Lebih lanjut, acara itu juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat melalui olahraga. Selain itu, penerapan sistem virtual dalam gelaran tersebut menjadi cara Pelindo III menyesuaikan diri dengan situasi serta perkembangan zaman.

“Ini merupakan agenda rutin dari Pelindo III menyelenggarakan port run. Tahun ini, kami buat berbeda (dengan) ada kegiatan untuk para pesepeda. Acara ini merupakan wujud adaptif dari Pelindo III dan kolaborasi bersama masyarakat untuk menjaga imun dengan berolahraga di tengah pandemi. (Agar masyarakat) bisa tetap berolahraga secara aman,“ ucap Edi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Adapun pendaftaran Port Virtual Run and Ride 2020 dibuka hingga Selasa (10/11/2020) lewat website event.pelindo.co.id. Pelindo III menargetkan target total 15 ribu peserta yang terdiri dari pegawai Pelindo III group dan umum.

Sementara itu, lomba akan dilaksanakan pada 14-29 November 2020 dan pemenangnya diumumkan pada awal Desember 2020.

Guna memeriahkan acara, panitia menyediakan water station di sejumlah kota, seperti Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Banjarmasin, dan Denpasar. Tak ketinggalan, panitia pun menyediakan total hadiah Rp 580 juta bagi para pemenang. Nantinya, acara akan ditutup dengan pembagian sembako oleh Pelindo III.

Teknis perlombaan

Secara teknis, seluruh peserta yang sudah terdaftar diwajibkan menyelesaikan lomba sesuai dengan jarak tempuh yang ditentukan. Untuk kategori Run jarak yang harus ditempuh sejauh 28 kilometer (km) sedangkan kategori Ride sejauh 280 kilometer (km).

Perwakilan race management Inesha Syayadi menjelaskan, peserta diwajibkan mendaftar dan memilih salah satu kategori yang sudah disediakan.

Seluruh peserta tidak perlu menyelesaikan jarak tempuh pada masing-masing kategori dalam satu waktu. Sebaliknya, total jarak tempuh itu bisa diselesaikan secara akumulatif dalam waktu tertentu yang sudah ditentukan oleh panitia.  

Menurut Inesha, nantinya seluruh peserta bisa menyelesaikan jarak tempuh dari mana pun mereka berada. Sebab, seluruh kegiatan workout yang dilakukan akan tercatat oleh aplikasi perekam rute perjalanan milik masing-masing peserta. Untuk itu, peserta harus memasukkan e-Bib (nomor identifikasi peserta elektronik) yang didapatkan saat berhasil mendaftar.

“Secara teknis, seluruh peserta bisa menyelesaikan target run dan bike kapan pun dan di mana saja karena semua sistemnya sudah terintegrasi dan tercatat dengan aplikasi yang kami siapkan. Nantinya, hanya peserta yang bisa menyelesaikan target tempuh yang kami sebut sebagai finisher,” kata Inesha.

Untuk menyemarakkan acara, Port Virtual Run and Bike 2020 juga membuka kategori lomba lain, di antaranya foto paling menarik di media sosial, lomba best costume untuk peserta, serta lomba Tiktok dan video menarik yang berhadiah uang tunai.