Advertorial

Kemenpora RI Berharap Kongres Pemuda 2020 Melahirkan Tokoh dengan Gagasan Besar

Kompas.com - 31/10/2020, 11:17 WIB
Program prioritas Kemenpora (Dok. Kemenpora) Program prioritas Kemenpora

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mendukung Kongres Pemuda yang dilakukan secara daring pada 26-28 Oktober 2020.

Dengan tema "Merangkai Gagasan, Membangun Harapan," acara yang digagas oleh Media pemimpin.id dan Good News From Indonesia (GNFI) tersebut melibatkan muda-mudi dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Staf ahli Kemenpora di bidang ekonomi kreatif Jonni Mardizal, berharap kongres ini dapat melahirkan tokoh dengan gagasan besar.

"Saya berharap dari Kongres Pemuda Indonesia kali ini muncul tokoh pemuda seperti Soegondo Djojopoespito yang saat itu masih sangat muda, namun mampu memimpin kongres dengan baik hingga melahirkan Sumpah Pemuda. Kini namanya diabadikan menjadi nama salah satu gedung Kemenpora di Cibubur," ujar Jonni dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Karena itu, lanjut Jonni, Kemenpora mendukung penuh setiap kegiatan pemuda seperti ini. Menurutnya, hal ini bukan semta karena instruksi Presiden.

"Program prioritas 2020-2024 bidang kepemudaan adalah pemberdayaan yang memacu pemuda untuk lebih kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Selain itu, juga bentuk penguatan ideologi Pancasila di kalangan pemuda," kata Jonni.

Di akhir acara kongres, para pemuda-pemudi berikrar untuk bisa berkontribusi dan memberi sumbangsih terhadap daerahnya masing-masing.