Advertorial

LinkAja yang Semakin Memudahkan Pengguna Transjakarta

Kompas.com - 07/11/2020, 16:35 WIB
Dok. LinkAja Dok. LinkAja

KOMPAS.com – Pemerintah secara tegas mengimbau masyarakat yang terpaksa masih harus ke kantor atau beraktivitas di luar rumah untuk lebih berhati-hati dan taat pada protokol kesehatan, terutama saat menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta.

Selama pandemi virus corona, moda transportasi Ibu Kota tersebut memang tetap beroperasi. Tarif Transjakarta yang murah dan banyaknya rute yang menghubungkan titik di Jakarta dapat memudahkan masyarakat dalam bepergian, terutama bagi masyarakat yang masih harus bekerja di luar rumah selama pandemi.

Meski tetap beroperasi, pengelola Transjakarta memberlakukan beberapa pembatasan, seperti jumlah penumpang dan jam operasional demi menekan persebaran Covid-19.

Masyarakat pun tetap perlu meningkatkan kewaspadaan. Misalnya saja, saat mengisi ulang uang elektronik di halte Transjakarta.

Penumpang bisa saja menyentuh barrier gate atau benda yang kemungkinan telah tersentuh orang banyak saat proses isi ulang. Permukaan benda ini dapat menjadi perantara penularan Covid-19.

Menurut jurnal berjudul “Persistence of Coronaviruses on Inanimate Surfaces and Their Inactivation with Biocidal Agents, permukaan benda mati seperti kaca, logam, atau plastik dapat menjadi sarana penyebaran virus corona. Virus ini juga mampu bertahan selama sembilan hari.

Sebenarnya, selama menjalankan protokol kesehatan dengan benar, masyarakat tak perlu terlalu khawatir dalam beraktivitas. Pihak penyedia layanan transportasi seperti Transjakarta pun telah menjalankan kebijakan ketat agar calon penumpang tetap merasa aman.

Terlebih PT Transportasi Jakarta juga sudah menyediakan pilihan pembayaran tiket menggunakan uang elektronik. Penumpang bisa memanfaatkan platform uang elektronik seperti LinkAja saat naik bus Transjakarta.

Pembayaran tiket menggunakan LinkAja memberikan kenyamanan dan keamanan. Pasalnya, pembayaran ini bersifat nirsentuh sehingga bisa meminimalisasi risiko penularan Covid-19.

LinkAja pun juga praktis digunakan, apalagi layanan pembayaran digital ini sudah terintegrasi langsung dengan aplikasi Tije.

Sebagai informasi, layanan pembayaran digital yang didirikan oleh beberapa BUMN ini merupakan platform uang elektronik nasional berbasis server pertama yang dapat digunakan pada Transjakarta melalui aplikasi Tije.

Adapun Tije merupakan aplikasi mobile yang dikeluarkan PT Transportasi Jakarta untuk memudahkan pelanggan menikmati layanan Transjakarta.

Pelanggan bisa membeli tiket bus, mendapatkan informasi rute, halte, hingga posisi bus dalam aplikasi tersebut.

Cara pembayaran menggunakan LinkAja pada aplikasi Tije sangatlah mudah. Buka aplikasi Tije, kemudian pilih tiket dan tujuan, lalu lakukan pembayaran menggunakan LinkAja.

Pengguna akan diarahkan ke halaman menu utama, pilih menu Tiketku untuk melihat kode QR yang sudah dibeli, kemudian scan kode QR tiket ke mesin scanner.

Dukung konsep city 4.0

Kerja sama antara Transjakarta dan LinkAja yang saat ini telah memiliki lebih dari 58 juta pengguna terdaftar di seluruh Indonesia ini semakin membuat masyarakat merasa nyaman dan aman untuk menggunakan bus Transjakarta.

Kerja sama ini dilakukan kedua pihak karena tren penggunaan uang elektronik di masyarakat semakin meningkat. Diberitakan Kompas.com, Kamis (21/11/2019), transaksi uang elektronik terus meningkat sebesar 268 persen.

Selain karena tren cashless society yang sudah booming di masyakat, pandemi Covid-19 juga menjadi alasan utama masyarakat untuk memaksimalkan aplikasi pembayaran digital seperti LinkAja.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi jakarta Achmad Izzul Waro mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan LinkAja.

“(Kerja sama) juga merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah DKI Jakarta dalam mewujudkan city 4.0 dan urban regeneration yang berbasiskan sistem digital transaksi serta teknologi tanpa sentuh untuk menekan penularan Covid-19,” tambah Achmad dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Melalui kolaborasi ini, pengguna layanan LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja dapat dengan mudah menikmati kenyamanan, kemudahan, dan keamanan penggunaan uang elektronik yang memiliki ekosistem transportasi paling lengkap ini sebagai metode pembayaran ketika bepergian menggunakan Transjakarta.

Selain Transjakarta, khususnya bagi pengguna di wilayah Jabodetabek, LinkAja telah menjadi alat pembayaran untuk seluruh penyedia moda transportasi, seperti Kereta Commuter Indonesia, LRT Jakarta, MRT Jakarta, Railink, Bluebird, Gojek, dan Grab.

Terlebih, penggunaan teknologi tanpa sentuh juga turut berperan dalam menekan penyebaran virus corona. Jadi, bayar pakai LinkAja ya.