Advertorial

Tinggi Kolagen, 5 Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Kulit

Kompas.com - 13/11/2020, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berfungsi untuk memberi struktur, kekenyalan, dan peregangan pada kulit. Pada dasarnya, tubuh manusia, tepatnya pada kulit, otot, dan urat, dapat memproduksi sendiri protein ini.

Seiring bertambahnya usia, manusia akan menghasilkan lebih sedikit kolagen. Saat kekurangan kolagen, kulit akan mengendur dan timbul kerutan.

Maka dari itu, penting untuk menjaga asupan kolagen agar kulit tetap sehat dan awet muda. Adapun asupan kolagen bisa didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya lewat makanan.

Melansir laman Health Line, Selasa (11/2/2020), ahli diet dan kecantikan dari Amerika Serikat (AS), Katey Davidson, MScFN, RD, mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya kolagen akan membantu produksi asam amino yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

Berikut deretan makanan kaya kolagen yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Ayam

Daging putih, seperti pada ayam, memiliki banyak jaringan ikat yang kaya akan kolagen. Itulah alasan ayam kerap menjadi bahan dasar dari berbagai suplemen kolagen yang ada di pasaran.

Selain itu, ayam juga mengandung banyak asam amino yang dapat membantu produksi kolagen alami di dalam tubuh.

2. Ikan dan kerang

Kedua hewan ini memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Khusus ikan dan kerang laut, kolagen yang terkandung diklaim lebih mudah diserap tubuh manusia dibandingkan jenis air tawar.

Sebagai informasi, daging ikan cenderung mengandung lebih sedikit kolagen ketimbang bagian lain, seperti kepala dan kulit.

3. Jeruk

Buah ini mengandung banyak vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen alami tubuh. Bahkan, jeruk mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan.

Maka dari itu, pastikan kamu rajin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C agar kulit tetap sehat. Selain jeruk, kamu bisa mendapat asupan vitamin C dari buah lain, seperti anggur, raspberry, blueberry, dan lemon.

4. Bawang putih

Tak hanya sebagai penyedap tumisan dan bumbu makanan sehari-hari, bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Seperti diberitakan Kompas.com (4/6/2020), ahli nutrisi dari AS Carrie Gabriel, MS, RD mengatakan bahwa bawang putih kaya akan sulfur yang dapat menyintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

5. Tomat

Satu buah tomat berukuran sedang dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting untuk produksi kolagen pada tubuh manusia.

Selain itu, tomat juga mengandung banyak vitamin C dan likopen. Kedua nutrisi itu dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Itulah sederet makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, buat kamu yang menaruh perhatian khusus terhadap produk halal, kamu bisa menemukan banyak makanan halal yang kaya akan kolagen di Tokopedia Salam.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan produk halal lain, seperti produk kecantikan, kesehatan, perawatan tubuh, dan fashion muslim. Bahkan, kamu bisa berdonasi dan berinvestasi secara syariah di Tokopedia Salam.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Tokopedia Salam untuk menemukan berbagai makanan dan produk halal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com