Advertorial

Terima Banpres Produktif, Pelaku UMKM di Deli Serdang Anggap Ini Mukjizat

Kompas.com - 13/11/2020, 22:45 WIB
Penerima Banpres Produktif di Deli Serdang (dok. Kemenkop UKM) Penerima Banpres Produktif di Deli Serdang (dok. Kemenkop UKM)

KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus melakukan upaya untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa bertahan di masa pandemi.

Salah satu caranya melalui program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.  Program ini memberikan bantuan tunai senilai Rp 2,4 juta kepada 12 juta pelaku usaha mikro.

Selama program berjalan, banyak pelaku UMKM yang merasa tertolong dengan adanya Banpres Produktif.

Salah satunya, Raminta Boru Damanik, seorang pedagang pakaian di Pasar Rakyat Tanjung Anmon Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggai, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu membangkitkan kembali produktivitas usahanya.

Raminta menceritakan bagaimana pandemi Covid-19 memengaruhi usahanya. Ia mengatakan, ketika mulai berjualan pada November 2019, omzet per hari yang ia raup sekitar Rp 300.000. Namun, ketika pandemi virus corona terjadi, pendapatannya pun menurun jauh.

"Pusing kepala karena penjualan terus menurun. Sekarang mendapat hasil Rp 100.000 saja sudah bagus,” ujar Raminta seperti tertulis dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Kemudian, ia disarankan untuk mendaftar sebagai penerima program Banpres Produktif dengan cara bergabung menjadi anggota Koperasi Makmur Mandiri.

Setelah mendaftar dan mengikuti proses birokrasi yang berlaku, pedagang yang juga menjual seragam sekolah ini diberitahukan oleh petugas koperasi bahwa ia mendapatkan dana Banpres Produktif.

Raminta langsung mengecek ke kantor cabang BRI di dekat kediamannya. Ia pun gembira ketika petugas memastikan dirinya mendapatkan dana Banpres.

"Saya diberitahu bahwa saya mendapat Banpres Produktif dari Presiden Jokowi. Lantas diminta ke bank untuk mengecek langsung. Ini seperti sebuah mukjizat bagi saya di tengah jualan saya yang lagi sepi selama pandemi," jelas Raminta.

Bantuan tersebut langsung ia gunakan untuk membayar utang ke koperasi dan menambah modal usahanya.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang telah membantu pelaku usaha mikro seperti dirinya.

"Untuk pedagang kecil yang lain, tetap semangat dan jangan menyerah di masa sulit ini. Terima kasih juga kepada Bapak Jokowi atas bantuannya. Horas," kata Raminta.