Advertorial

Lewat Port Virtual Run and Ride 2020, Pelindo 3 Perkenalkan Core Value "AKHLAK"

Kompas.com - 14/11/2020, 17:48 WIB
Suasana pembukaan Port Virtual Run and Ride 2020 di halaman kantor Pelindo 3 Regional Jawa Timur di Surabaya, Sabtu pagi (14/11). (DOK. Pelindo) Suasana pembukaan Port Virtual Run and Ride 2020 di halaman kantor Pelindo 3 Regional Jawa Timur di Surabaya, Sabtu pagi (14/11).

Kompas.com -  Pelindo 3 menggelar Port Virtual Run and Ride 2020 dengan tema “Kepemimpinan Teknologi” yang bertujuan membawa creative technology leadership di tengah pandemi untuk diterapkan sebagai wujud adaptasi terhadap situasi terbaru.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi ke-28 Pelindo 3 tersebut, dilakukan secara virtual sebagai bagian implementasi technology leadership yang di lakukan Pelindo 3.

Implementasi ini dilakukan dalam rangka mencari solusi membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

"Nah, kenapa virtual Run and Ride kami pilih. Karena ini merupakan bagian dari creative technology leadership untuk memberi solusi agar kita tetap sehat di tengah pandemi. Jadi untuk sehat tak harus berkerumun, tidak harus melanggar aturan physical distancing," tutur Direktur Utama Pelindo 3 U Saefudin Noer dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Hal tersebut Saefudin katakan kepada wartawan usai melepas peserta lomba di halaman kantor Pelindo 3 Regional Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (14/11/2020,

Pada kesempatan itu Saefudin menyatakan core value Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK), seyogyanya tidak hanya sekadar lips service. AKHLAK pun diperlukan agar Pelindo 3 semakin kuat.

“AKHLAK sangat vital untuk kemajuan perusahaan, AKHLAK merupakan panduan bagi insan Pelindo 3 untuk dapat bekerja dengan benar demi kepentingan bangsa, bukan kepentingan pribadi atau kelompok,” tambahnya.

Saefudin mengatakan dengan AKHLAK untuk melayani, serta mengembangkan berbagai layanan agar dapat menjadi solusi terbaik bagi kebutuhan logistik di Indonesia.

Dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat, seremonial kick off launching event dilakukan secara virtual di 4 chapter (wilayah) berbeda, yaitu Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Banjarmasin.

Panitia juga menghadirkan jumlah peserta terbatas sebanyak 28 peserta di masing-masing wilayah. Hal tersebut selain untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 dimasa pandemi, juga sebagai representasi usia Pelindo 3 yang telah menginjak usia ke-28.

Seremonial launching Perlombaan Port Virtual Run and Ride 2020 ditandai dengan penyerahan tongkat estafet secara virtual ke masing masing chapter atau wilayah.

Penyerahan ini memiliki nilai ajakan untuk terus bersama-sama memajukan perusahaan sebagai salah satu operator pelabuhan berskala internasional.

Tak hanya itu, Direktur Utama Pelindo 3 Saefudin juga menyampaikan kepada seluruh peserta lomba, mulai dari internal perusahaan maupun umum, bahwa core value BUMN yaitu AKHLAK.

Asal tahu saja, core value ini menjadi prinsip dasar Pelindo 3 di usianya yang ke-28 dalam menjalankan perusahaan sekaligus mengemban amanah mendukung pemerintah meningkatkan kesejateraan nasional melalui core bisnis usahanya.

Lebih lanjut Saefudin pun mengajak kepada semua yang hadir untuk be positive dalam menghadapi tantangan perubahan teknologi, serta terus berinovasi. Sebab, dibalik tantangan ada sebuah kesuksesan besar yang menanti.

Sementara itu, salah satu perwakilan peserta dari Surabaya yang mengikuti secara langsung gelaran kick off Port Virtual Run and Ride 2020, mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dari perlombaan yang setiap tahunya selalu ia nantikan ini.

Menurutnya, peringatan ulang tahun Pelindo 3 kali ini cukup berbeda karena mengusung konsep virtual, namun tetap mengajak masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat di tengah pandemi.

“Itu penting dan bermanfaat sekali di masa pandemi saat ini,” ujar Rizal Franda salah satu peserta lomba.

Tak hanya kegiatan kick off event, dalam kesempatan tersebut Pelindo 3 juga secara simbolis membagikan secara langsung 28.000 paket bantuan kepada masyarakat di beberapa titik sesuai rute lomba.

Kegiatan ini juga akan dilakukan serempak di 4 chapter atau di 7 provinsi wilayah kerja, sebagai wujud berbagi kebahagian dan kepedulian Pelindo 3 kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Port Virtual Run and Ride 2020 sendiri mulai membuka pendaftaran dari tanggal 1 November dan di tutup pada tanggal 10 November, melalui akun website event.pelindo.co.id.

Total ada 15.000 peserta yang mengikuti Port Virtual Run and Ride 2020. Peserta sendiri terdiri dari pegawai Pelindo 3 grup dan umum.

Sementara itu, pelaksanaan perlombaan dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 29 November 2020. Pemenang pun akan diumumkan pada awal Desember 2020.

Adapun untuk memeriahkan gelaran acara, panitia pun menyediakan “waterstation” di sejumlah kota, seperti Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Banjarmasin, dan Denpasar. Panitia pun menyediakan total hadiah Rp 580 juta bagi para pemenang.

Secara teknis, seluruh peserta yang sudah terdaftar diwajibkan menyelesaikan jarak tempuh sejauh 28 kilometer (km) untuk kategori Run dan jarak tempuh 280 km untuk kategori Ride.

Peserta bisa menyelesaikan itu dalam rentang waktu 14 – 29 November 2020 dan bisa dilakukan di manapun peserta berada.

Untuk menyemarakkan acara, hadir juga kategori lomba lainnya diantaranya foto paling menarik di media sosial, lomba best costume untuk peserta, serta pembuatan video TikTok dan video menarik yang memperebutkan hadiah uang tunai.