Advertorial

Akhir Pekan di Rumah, Saatnya Bersantai Bersama Keluarga Menyantap Makanan Lezat

Kompas.com - 16/11/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi hidangan shabu-shabu untuk keluarga. (DOK. PIXABAY) Ilustrasi hidangan shabu-shabu untuk keluarga.

KOMPAS.com – Akhir pekan adalah waktu terbaik untuk menikmati momen bersama keluarga tercinta. Karenanya, anggota keluarga biasanya menyiapkan agenda kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama.

Jika harus menghabiskan akhir pekan di rumah karena masih masa pandemi, tinggal sesuaikan saja aktivitas yang ingin dilakukan.

Pada dasarnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk bersantai di akhir pekan, sebut saja piknik di taman belakang rumah, berkreasi membuat barang do-it-yourself (DIY), atau sekadar menonton film di ruang keluarga.

Untuk menambah keseruan di sela-sela melakukan berbagai aktivitas tersebut, coba tambahkan acara makan bersama. Momen makan bersama ini bisa dimanfaatkan seluruh anggota keluarga untuk saling berkomunikasi lebih intim.

Bagi beberapa keluarga, momen makan bersama bisa jadi adalah hal biasa. Namun, pengalaman menyantap sambil berkomunikasi antara anggota keluarga belum tentu bisa didapatkan.

Kuncinya, bisa jadi ada pada menu makanannya. Sebagai anggota keluarga, kamu bisa menyajikan menu spesial akhir pekan yang berbeda dengan menu makanan harian keluarga.

Lalu, buatlah cara penyajian berbeda yang memungkinkan anggota keluarga untuk bisa berkomunikasi satu sama lain. Nah sebagai referensi, berikut Kompas.com rekomendasikan beberapa sajian andalan lezat yang patut untuk dicoba.

  1. Nasi liwet

Sesuai namanya, nasi liwet merupakan nasi yang menggunakan proses liwet–menanak beras bersama air atau santan dan bumbu-bumbu dapur–dalam memasaknya. Di Indonesia, menu nasi liwet menjadi ciri khas di beberapa daerah. Namun, biasanya tiap daerah punya penyebutan berbeda.

Misalnya, nasi lemak di Sumatera dan nasi uduk di Jakarta. Selain itu, nama nasi liwet sendiri dipakai di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam satu sajian nasi liwet, biasanya ada tambahan lauk dan sayur yang menyertainya.

Misalnya ada ayam opor untuk nasi liwet Solo, telur dadar teri untuk nasi lemak khas Sumatera, lauk yang digoreng untuk nasi uduk Jakarta, dan lalapan sayur segar untuk nasi liwet khas Jawa Barat.

Hal yang menarik dari nasi liwet ini sebenarnya ada pada cara menyantapnya. Di beberapa daerah, ada penamaan khusus untuk aktivitas menyantap nasi liwet, yakni ngeliwet.

Saat ngeliwet, nasi yang sudah dilengkapi dengan beragam lauk disajikan dalam satu wadah besar. Wadahnya, bisa tampah atau yang lebih sederhana seperti daun pisang yang ditata memanjang. Setelah selesai ditata, nasi liwet pun bisa disantap bersama-sama.

Karena cara makan seperti itu, momen makan bersama biasanya jadi lebih intim dan memungkinkan tiap orang berbagi cerita. Makanya, cara ini bisa diaplikasikan untuk mendapatkan pengalaman makan bersama keluarga yang lebih berkesan.

  1. Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah salah satu makanan berkuah khas Negeri Sakura yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini juga salah satu jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak dalam panci dan dimakan selagi hangat.

Biasanya, shabu-shabu terdiri dari beragam bahan makanan, mulai dari daging yang diiris tipis, aneka seafood, dan aneka sayuran segar.

Salah satu yang identik dengan shabu-shabu adalah pilihan jenis kuahnya. Rasa kuah inilah yang akan menentukan cita rasa dari shabu-shabu yang kamu buat.

Beberapa jenis kuah yang bisa kamu pilih di antaranya kuah ganggang laut, kaldu ayam murni, tom yum khas Thailand, sup Mongolia, dan kuah mala khas Sichuan.

  1. Barbeque

Selain nasi liwet dan shabu-shabu, kamu juga wajib mencoba menu barbeque saat bersantap ria bersama keluarga. Kendati demikian, tampaknya kamu harus menyiapkan waktu lebih banyak untuk membuat barbeque.

Sebab, sajian barbeque memerlukan proses marinasi–merendam daging di dalam marinate.

Marinate sendiri adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk. Ini berguna untuk membuat daging empuk dan menambah rasa.

Diberitakan Kompas.com, Senin (23/12/2019), proses marinasi ini memakan waktu paling tidak 6-8 jam untuk hasil maksimal. Setelah itu, ada proses smoke atau pengasapan dengan rentang waktu 7-8 jam.

Proses smoke atau pengasapan adalah proses pemanasan daging secara tak langsung di sebuah ruangan. Kuncinya, daging tidak boleh mengenai api, tetapi hanya boleh terkena panas asap.

Bila proses tersebut dirasa terlalu rumit, kamu bisa mencari alternatif yang lebih sederhana. Misalnya dengan mengganti prosesnya dengan grill yang hanya butuh waktu paling lama 30 menit untuk memanggang daging.

Pengalaman menikmati sajian tersebut pun bisa kamu siasati dengan memindahkan alat grill dan kompor portable di atas meja makan seperti yang dilakukan pada restoran khusus sajian barbeque.

Dengan begitu, kamu dan keluarga punya kesempatan berbagi cerita di sela-sela waktu memasak dan menikmati makanannya.

Itulah tiga jenis makanan dan cara penyajiannya yang bisa kamu coba saat berkumpul bersama keluarga. Penting untuk dicatat, ada baiknya kamu membeli dan menggunakan bahan makanan yang segar serta berkualitas sebelum membuat menu-menu tersebut.

Selain itu, jika kamu memiliki concern khusus terhadap produk halal, kamu harus mengeceknya terlebih dahulu sebelum membeli. Nah, untuk rekomendasi tempat membeli bahan masakan halal tepercaya, kamu bisa mencoba Tokopedia Salam yang menyediakan berbagai macam makanan halal.

Pada dasarnya, jenis makanan apapun bisa menambah semarak libur akhir pekan bersama keluarga di rumah. Hal terpenting adalah kamu bersama keluarga menikmati momen dengan riang dan gembira.

Selamat berakhir pekan!